Mahasiswi Unej Meninggal Saat Diklat Pecinta Alam di Gunung Argopuro Jember, Diduga Karena Kelelahan

Mahasiswi Fakultas Teknik Universitas Jember (Unej) Nadifa Naya Damayanti (18) meninggal saat mengikuti diklat pecinta alam di lereng Pegunungan Argopuro Jember.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Nov 2023, 12:04 WIB
Diterbitkan 13 Nov 2023, 12:04 WIB
Basarnas saat mengevakuasi mahasiswi Unej yang meninggal saat diklat Pecinta Alam di Gunung Argopuro. (Foto: capture SCTV)
Basarnas saat mengevakuasi mahasiswi Unej yang meninggal saat diklat Pecinta Alam di Gunung Argopuro. (Foto: capture SCTV)

Liputan6.com, Jember - Mahasiswi Fakultas Teknik Universitas Jember (Unej) Nadifa Naya Damayanti (18) meninggal saat mengikuti diklat pecinta alam di lereng Pegunungan Argopuro Jember.

Komandan Tim Evakuasi Basarnas Jember Rudi Prahara menyatakan, pihaknya telah mengevakuasi Nadifa usai ada pemohonan dari panitia diklat.

Korban merupakan mahasiswa Fakultas Teknik yang sedang mengikuti pendidikan dasar mahasiswa pecinta alam dan lokasi kegiatan tersebut berada di koordinat 64 A di kawasan hutan milik Perhutani di Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember.

"Lokasi mereka berada di lereng selatan Gunung Argopuro dan informasinya lokasi tersebut memang sering digunakan untuk kegiatan diklat mahasiswa," katanya.

Menurutnya, proses evakuasi berlangsung lama karena pihak panitia yang mengadakan diklat pendidikan dasar pecinta alam itu tidak mampu membawa korban ke tempat yang sudah direncanakan untuk bertemu dengan tim Basarnas.

"Ada beberapa anggota Tim SAR gabungan harus naik dengan medan yang terjal untuk menjemput korban dalam kondisi kritis, sehingga dilakukan estafet untuk membawa korban dari lokasi ke titik penjemputan hingga ke RSD dr Soebandi Jember," tuturnya.

Ia menjelaskan pihak Tim SAR tidak mengetahui yang bersangkutan sakit apa karena pihaknya hanya fokus bagaimana korban bisa segera turun untuk dibawa ke puskesmas terdekat atau rumah sakit.

"Saat korban dipindahkan ke ambulans, saya cek sudah tidak ada denyut nadi dan saat diperiksa oleh dokter di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi dinyatakan korban sudah meninggal dunia," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kondisi Korban Sempat Membaik

Gunung Argopuro memiliki jalur trek pendakian terpanjang di Pulau Jawa.
Gunung Argopuro memiliki jalur trek pendakian terpanjang di Pulau Jawa. (Dok: Instagram @tigadewaadventureindonesia)

Jenazah korban berada di Instalasi Kamar Mayat RSD dr Soebandi Jember dan menunggu pihak keluarga korban yang berada Balikpapan dan hasil pemeriksaan luar oleh tim medis tidak diketemukan adanya luka pada tubuh korban.

Kapolsek Arjasa Jember Agus Suprioyono menyakan, pihaknya sudah memeriksa sejumlah saksi. Diduga korban meninggal karena kelelahan. "Korban sempat minta istrahat. Yang kemudian dibuatkan tempat untuk istarahat." ujarnya.

Korban sempat membaik dan makan dan minum. Saat ini pihaknya masih menunggu hasil autopsi korban untum memastikan penyebab kematiannya.

Infografis Waspada Penipuan Online Shop via Medsos
Infografis Waspada Penipuan Online Shop via Medsos. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya