Unesa Tawarkan Beasiswa hingga S3 untuk Atlet Berprestasi, Bisa Juga Jadi Dosen

Nurhasan menjelaskan, Unesa memang universitas yang keunggulannya di bidang olahraga paling banyak. Oleh karena itu segala persiapan sudah dimatangkan. Sehingga ketika ada event-event seperti ASEAN University Games ini dan sebagainya selalu terbanyak.

oleh Tim Regional diperbarui 26 Jun 2024, 21:05 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2024, 21:05 WIB
Pembukaan ASEAN University Games 2024 di GOR Unesa. (Istimewa)
Pembukaan ASEAN University Games 2024 di GOR Unesa. (Istimewa)

Liputan6.com, Surabaya - Rektor Unesa Nurhasan menyatakan, pihaknya menyiapkan beasiswa pendidikan S2, S3, hingga menjadi dosen bagi mahasiswanya yang berprestasi di tingkat internasional, salah satunya dalam ajang ASEAN University Games (AUG) ke-21 2024.

"Dari total atlet Indonesia keseluruhan 392 orang, 100 orang lebih adalah mahasiswa Unesa. Kami siapkan lulus tanpa skripsi, beasiswa S2 dan S3, termasuk yang bawa obor tadi Rachmat Irianto, juga kami beri beasiswa S2 hingga S3," ucapnya, di Surabaya, Rabu (26/6/2024).

Bahkan, pesepak bola yang saat ini bermain di klub Persib Bandung itu juga diberikan kesempatan untuk mengajar sebagai dosen di Unesa.

Nurhasan menjelaskan, Unesa memang universitas yang keunggulannya di bidang olahraga paling banyak. Oleh karena itu segala persiapan sudah dimatangkan. Sehingga ketika ada event-event seperti ASEAN University Games ini dan sebagainya selalu terbanyak.

"Jadi kami siapkan betul atlet untuk memperkuat ASEAN University Games ini, sehingga harapannya Indonesia bisa menjadi juara umum," ujarnya.

Komitmen untuk selalu memberikan terbaik bagi mahasiswa berprestasi itulah yang pihaknya selalu pegang untuk menjalin kerja sama dengan para pemangku kepentingan.

"Jadi upaya-upaya itu juga kami dorong terus untuk perguruan tinggi lainnya agar memperhatikan atlet-atlet yang berprestasi, baik itu terkait dengan proses pembelajarannya yang dikemas atau diformulakan secara khusus," tuturnya.

Sehingga, lanjutnya, para atlet tersebut bisa sukses dalam prestasi olahraganya dan akademis karena hal itu penting bagi para mahasiswa yang juga seorang atlet.

"Karena kami di Unesa ini sebagai percontohan, jadi formulanya sudah kami berikan kepada para rektor dan saat ini mereka sudah membuat formula-formula itu," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


ASEAN University Games 2024 Mulai Bergulir

Danau Unesa
Danau Universitas Negeri Surabaya (Unesa). (Istimewa)

ASEAN University Games atau AUG XXI 2024 mulai bergulir setelah resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo pada Selasa, 25 Juni 2024 malam di International Basketball Arena, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya.

Opening ceremony tersebut ditandai dengan berbagai rangkaian prosesi yang puncaknya yaitu penyalaan obor AUG oleh atlet sepak bola tanah air sekaligus mahasiswa UNESA, Rachmat Irianto yang disaksikan pimpinan AUSC, tamu undangan, dan para delegasi dari 11 negara anggota ASEAN yang hadir memenuhi tribun acara.

Menpora, Dito Ariotedjo menyampaikan rasa bangganya, karena Indonesia menjadi tuan rumah pekan olahraga mahasiswa tingkat Asia Tenggara untuk yang kelima kalinya. Menurutnya, pembukaan kegiatan ini berjalan meriah dengan dihadiri seluruh tim perwakilan dari negara-negara ASEAN yang berkompetisi pada 21 cabor hingga 6 Juli 2024 mendatang.

 

infografis Mobil Kepresidenan
Mobil Kepresidenan di Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya