Ini Daftar Smartphone Khusus Selfie Berkualitas Keren

Berikut ini beberapa smartphone yang cocok bagi penggemar foto Selfie dengan kamera depan berkualitas tinggi.

oleh Iskandar diperbarui 20 Mar 2014, 16:11 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2014, 16:11 WIB
Lenovo Vibe X, Oppo N1, Huawei Ascend G6 dan iPhone 5S
Lenovo Vibe X, Oppo N1, Huawei Ascend G6 dan iPhone 5S (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Jika sebelumnya kamera depan sebuah ponsel biasanya hanya digunakan untuk aktivitas video call atau video chat dengan kualitas yang terbatas. Beberapa smartphone kini mulai menyuguhkan kamera depan dengan kinerja yang bisa diandalkan.

Tren Selfie yang tengah mewabah, sedikit banyaknya mempengaruhi produsen smartphone ternama dalam menghadirkan produk terbarunya. Untuk mendukung aktivitas Selfie, mereka bahkan berlomba-lomba untuk membenamkan kamera depan dengan kualitas yang baik dan tajam.

Lalu, apa saja smartphone yang cocok untuk melakukan foto Selfie. Dari beberapa merek ponsel yang ada, kami merangkumnya menjadi empat produk. Berikut ulasannya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lenovo Vibe X

Lenovo vibe x
lenovo.com


Lenovo Vibe X

Lenovo mengklaim, Vibe X adalah smartphone pertama yang memiliki kamera depan beresolusi terbesar di Indonesia. Ditujukan untuk pengguna yang mementingkan jejaring sosial dan gemar fotografi. Smartphone ini dibekali kamera belakang 13 megapiksel (MP) dan kamera depan 5 MP yang didedikasikan untuk pegguna yang kerap melakukan Selfie.

Kamera depannya juga dilengkapi dengan daya tangkap hingga 80 derajat sehingga bisa membidik foto Selfie hingga empat orang dan didukung aplikasi yang disertai fitur face enhancement. Ponsel ini pun memiliki ukuran tipis yaitu 6,9 mm dan berat hanya 121 gram.

Untuk mendukung kinerjanya, ponsel yang dibanderol sekitar Rp 4,5 juta ini ditunjang sistem operasi Android 4.2, prosesor quad-core 1,5 GHz MTK 6589T, kapasitas penyimpanan RAM 2 GB, dan memori internal 16 GB.


Oppo N1

Oppo N1
www.engadget.com

Oppo N1

Smartphone asal China ini dilengkapi kamera 13 MP dengan aperture f/2.0. Yang menarik, kameranya dapat diputar sampai 206 derajat sehingga bisa berfungsi sebagai kamera depan. Bisa dibilang, konsep yang diusungnya berbeda dibanding dengan smartphone pada umumnya.

Hal tersebut membuat kamera yang dihargai Rp 6,9 jutaan ini disambut hangat oleh para penggemar foto Selfie. Kamera putar tersebut diklaim telah mengalami uji daya tahan hingga 100.000 kali, yang berarti dapat diputar sebanyak lebih dari 40 kali sehari dan tetap bisa berfungsi dengan baik sampai 7 tahun ke depan.

Dari segi hardware, Oppo N1 dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 600 dengan CPU quad-core 1,7 GHz Krait 300, GPU Adreno 320, dan memori RAM 2 GB. Sederet spesifikasi itu dirasa cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan mulus.


Huawei Ascend G6

Huawei Ascend G6
ibitimes.com


Huawei Ascend G6

Penerus dari Ascend P6 ini dipersenjatai kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP untuk memanjakan para penggemar Selfie. Maka tak heran jika smartphone asal China ini cukup menarik perhatian para pengunjung Mobile World Congress (2014) di Barcelona, sebulan lalu.

Huawei Ascend G6 didukung prosesor quad-core 1.2 GHz, sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean, dan kapasitas memori internal 8 GB yang bisa ditingkatkan melalui kartu microSD. Ponsel ini juga memiliki layar 4,5 inci beresolusi 960 x 540 piksel.

Mengenai harga dan ketersediaan produk, Huawei belum menginformasikannya. Namun perusahaan asal Negeri Panda itu menyatakan bahwa Ascend G6 akan dibanderol dengan harga yang dijangkau masyarakat. Semoga saja Huawei Indonesia juga akan memberikan harga yang tejangkau.


iPhone 5S

iPhone 5S
news.cnet.com


iPhone 5S

Meski hanya memiliki kamera depan 1,2 MP, iPhone 5S membenamkan sensor dan teknologi optikal yang mumpuni. Kameranya memiliki sensor 15 persen lebih besar dibandingkan pendahulunya. Sensor yang lebih besar turut memperbesar ukuran tiap-tiap piksel sehingga meningkatkan kualitas foto yang dihasilkan.

Terlebih didukung pula dengan fitur Optical Image Stabilisation (OIS) untuk hasil gambar yang lebih tajam dan meminimalisir foto blur. Untuk kamera belakang, handset yang dijual mulai Rp 10 jutaan ini dibekali resolusi 8 MP.

Selain itu iPhone 5S disebut sebagai smartphone pertama di dunia yang dilengkapi prosesor 64 bit dalam bentuk chip Apple A7. Apple mengklaim prosesor ini memiliki kinerja olah data dan grafis dua kali lebih kencang dibandingkan pendahulunya, Apple A6 pada iPhone 5.

Baca juga:
Selfie Sudah Ada Sejak Tahun 1800-an
Ungkap Rahasia di Balik Foto Selfie
2014, Ratusan Miliar `Selfie` Akan Penuhi Dunia Maya
Ini Foto Selfie Yang Menggemparkan Dunia
Aksi Foto Selfie Berujung Bui
Ini Foto Selfie Yang Bikin Lutut Anda Lemas

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya