Tercepat di Dunia, Lift Ini Capai 95 Lantai Hanya 43 Detik

Lift tercepat di dunia ini dirancang khusus untuk gedung Guangzhou CTF Finance Centre di Distrik Tianhe, Kota Guangzhou, China.

oleh Iskandar diperbarui 27 Apr 2014, 08:11 WIB
Diterbitkan 27 Apr 2014, 08:11 WIB
Tercepat di Dunia, Lift Ini Capai 95 Lantai Dalam 43 Detik
Lift tercepat di dunia ini dirancang khusus untuk gedung Guangzhou CTF Finance Centre di Distrik Tianhe, Kota Guangzhou, China.

Liputan6.com, Guangzhou Hitachi mendeklarasikan dirinya sebagai satu-satunya perusahaan teknologi yang berhasil merancang lift terpecat di dunia. Lift buatannya itu diklaim dapat mengangkut orang atau barang dari lantai dasar ke lantai 95 hanya dalam waktu 43 detik.

Menurut yang dilansir laman BBC, Minggu (27/4/2014), lift berkecepatan 72 km/ jam ini dirancang khusus untuk gedung Guangzhou CTF Finance Centre di Distrik Tianhe, Kota Guangzhou, Cina. Gedung pencakar langit ini dijadwalkan akan selesai dibangun pada tahun 2016.

Secara keseluruhan, bangunan berlantai 111 dan 5 lantai bawah tanah ini akan memiliki 95 lift. Namun hanya dua lift yang akan memiliki kinerja supercepat.

Walaupun melesat dengan kecepatan tinggi, Hitachi mengatakan tetap akan mengutamakan kenyamanan penumpang. Lift ini akan menangkal telinga yang tersumbat dengan mengalihkan tekanan udara yang ada di dalam lift.

Menurut Hitachi, teknologi yang diusungnya akan mengalihkan tekanan udara dan membuat pergerakan lift menjadi halus. Pada kecepatan maksimum, lift ini akan meluncur hampir 1.200 meter per menit, Namun ketika turun, kecepatannya sedikit melambat yaitu sekitar 600 meter per menit.

Untuk keselamatan penumpang, Hitachi membekali lift buatannya itu dengan sistem rem tahan panas yang luar biasa dan dijamin tidak akan mengalami kerusakan.

Lift ini akan mengalahkan rekor lift tercepat di dunia sebelumnya yang terdapat di gedung Taipei 101 dengan kecepatan 60 kilometer per jam. Lift itu merupakan hasil rakitan Toshiba yang mampu melesat dari lantai 5 sampai lantai 89 hanya dalam waktu 37 detik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya