Pengakses Konten via Smartphone di Indonesia Sentuh 93 Persen

Hal tersebut dipicu oleh meningkatnya penjualan smartphone di Tanah Air.

oleh Jeko I. R. diperbarui 24 Feb 2016, 20:29 WIB
Diterbitkan 24 Feb 2016, 20:29 WIB
Ilustrasi Smartphone
Ilustrasi Smartphone (Liputan6.com/Sangaji)

Liputan6.com, Jakarta - Perlahan tapi pasti, Indonesia akan menuju ke era yang mana menjadi sebuah 'Negara Smartphone'. Sebab, penggunaan smartphone di Tanah Air terus mengalami peningkatan.

Terkini, populasi pengguna smartphone yang mengakses berbagai konten online telah mencapai angka 93 persen.

Sebagaimana disampaikan Karthik Venkatakrishnan, Regional Director GfK Asia di salah satu sesi yang ada di konferensi Social Media Week 2016, hal ini dipicu oleh meningkatnya penjualan smartphone di Tanah Air.

Ia menyebutkan, jumlah penjualan smartphone di Indonesia mampu mencapai angka 33 juta unit secara keseluruhan. Pencapaian tersebut bahkan 'mengangkangi' penjualan feature phone (smartphone basic) yang hanya mencapai jumlah 20 juta unit.

Karthik melanjutkan, hal ini jelas kalah jauh dibandingkan dengan penggunaan tablet untuk mengakses konten online. "Pengguna tablet hanya mencapai angka 5 persen. Sementara pengguna desktop juga masih di angka 11 persen," katanya.

 Karthik Venkatakrishnan, Regional Director GfK Asia (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)
Hal tersebut juga senada dengan kebiasaan orang Indonesia yang sudah terkoneksi dengan internet dan menjadikan smartphone sebagai 'alat' khusus untuk berinternet di mana pun dan kapanpun.

Secara total, ia membeberkan, waktu yang dihabiskan pengguna smartphone Indonesia ketika berinternet adalah 5,5 jam per hari. Saking tingginya aktivitas berinternet, pengguna bisa membuka sebanyak 46 situs/aplikasi dalam waktu sehari.

Survei ini telah diadakan oleh GfK Asia bersama dengan Indonesian Digital Association (IDA) dan Baidu ke beberapa wilayah, yaitu Jakarta, Bodetabek, Bandung, Semarang dan Surabaya pada bulan Oktober-November 2015.

(Jek/Cas)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya