Baru Rilis, PlayStation Classic Sudah Diretas

Walau tampaknya tidak ada cara untuk menambah lebih banyak gim ke dalam konsol, baru-baru ini sejumlah hacker/gamer mampu meretas PlayStation Classic.

oleh Yuslianson diperbarui 10 Des 2018, 13:00 WIB
Diterbitkan 10 Des 2018, 13:00 WIB
PlayStation Classic
PlayStation Classic. (Doc: PlayStation)

Liputan6.com, Jakarta - Seperti konsol Nintendo Classic yang meluncur di pasaran beberapa tahun lalu, PlayStation Classic memuat 20 judul gim.

Walau tampaknya tidak ada cara untuk menambah lebih banyak gim ke dalam konsol, baru-baru ini sejumlah hacker/gamer mampu meretas PlayStation Classic.

Adapun hal tersebut diperlihatkan pertama kali oleh pengguna Twitter dengan akun @bakueikozo. Dia menjelaskan, image file yang sudah dibuat sebelumnya mampu bekerja di PlayStation Classic via USB.

"Saat ini masih dilakukan secara manual, tetapi dapat berubah sewaktu-waktu," tulis tweet tersebut, sebagaimana dikutip dari laman Gamerant, Senin (10/12/2018).

PlayStation Classic baru saja meluncur di pasaran kurang lebih seminggu, karena itu cukup mengesankan konsol tersebut sudah diretas.

Melihat betapa mudahnya konsol baru milik Sony tersebut diretas, banyak gamer yang berkomentar, ini merupakan tanda betapa buruknya sistem keamanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Komentar Warganet

Isi di dalam kotak penjualan PlayStation Classic. (Doc: Sony)

Menurut posting di media sosial, masalahnya berasal dari sistem enkripsi yang sangat lemah.

Diketahui, perusahaan asal Negeri Sakura itu menggunakan GnuPG (sesuatu yang memungkinkan seseorang mengenkripsi dan mengubah data dan berkomunikasi) pada konsol dan secara tidak sengaja membiarkannya agar dapat diakses secara publik.

Karena ada "pintu terbuka" di dalam sistem, hal tersebut memungkinkan orang untuk mendekripsi data di konsol.


Bukan yang Terakhir

Perbandingan ukuran bodi konsol PlayStation orginal dengan versi mini. (Doc: Sony)

Video di akun Twitter @bakueikozo ini hanyalah salah satu contoh dari berkembangnya komunitas hacker PlayStation Classic.

Sebelumnya, seorang YouTuber mendemonstrasikan bagaimana gamer dapat mengakses pengaturan emulator di PlayStation Classic.

Dengan pengaturan ini, pemain dapat mengubah region konsol, cheats, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan video tersebut, yang perlu gamer lakukan untuk bisa masuk ke pengaturan emulator adalah dengan menggunakan keyboard USB.


Ada 36 Judul Gim Rahasia di Dalam Konsol

Penampakan bodi konsol PlayStation Classic. (Doc: Sony)

Dengan mudahnya konsol ini diretas, jelas PlayStation Classic memiliki masalah besar dalam keamanannya.

Beberapa hacker juga sebelumnya mampu melhat source code di dalam konsol, dan menemukan ada 36 judul gim yang perusahaan uji untuk konsol tersebut.

Adapun 36 judul gim yang batal meluncur di dalam konsol, termasuk Crash Bandicoot, Toy Story 2, Gran Turismo, Harry Potter and the Philosopher’s Stone, dan sejumlah judul gim kenamaan lainnya.

Sayang, hanya sedikit dari judul gim tersebut yang masuk ke dalam daftar 20 gim di PlayStation Classic.

Informasi, PlayStation Classic saat ini sudah tersedia di pasaran dengan banderol harga Rp 1,8 jutaan.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya