Perbandingan Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus

Samsung baru saja merilis Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus, apa perbedaannya?

oleh Istiarto Sigit diperbarui 08 Agu 2019, 04:04 WIB
Diterbitkan 08 Agu 2019, 04:04 WIB
Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus. Liputan6.com/Istiarto Sigit Nugroho
Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus. Liputan6.com/Istiarto Sigit Nugroho

Liputan6.com, New York - Untuk kali pertama, Samsung menghadirkan model Plus di seri Galaxy Note 10 dengan merilis Galaxy Note 10 Plus. Padahal, model Plus biasanya hanya tersedia untuk lini Galaxy S.

Lantas apa yang membedakan kedua model tersebut? Sama seperti di lini Galaxy S, Galaxy Note 10 Plus menjadi model yang menawarkan spesifikasi sedikit lebih bertenaga ketimbang model standar.

Salah satu aspek yang paling terlihat adalah ukuran kedua model itu. Galaxy Note 10 Plus memilki layar lebih besar dengan ukuran 6,8 inci. Adapun Galaxy Note 10 hadir dengan ukuran layar 6,3 inci.

"Untuk kali pertama, kami membawa kemampuan Galaxy Note dalam dua ukuran yang berbeda. Jadi, konsumen bisa memilih model yang paling sesuai dengan kebutuhannya," tutur Senior Director Smartphone Marketing Samsung Electronics, Drew Blackard saat acara Galaxy Unpacked 2019, Kamis (8/8/2019) Waktu Indonesia Barat (WIB).

Aspek lain yang juga menjadi pembeda dua model tersebut adalah jumlah kamera. Galaxy Note 10 hadir dengan tiga kamera belakang, sedangkan Galaxy Note 10 Plus memiliki empat kamera belakang.

Adapun kamera tambahan di Galaxy Note 10 merupakan depthvision camera untuk melakukan pemindaian objek secara 3D. Sementara kamera lain sebenarnya memiliki resolusi yang sama, yakni 16MP (ultra wide), 12MP (wide-angle), dan 12MP (telephoto).

Perbedaan lain terletak pada kapasitas RAM dan ROM yang ditawarkan. Galaxy Note 10 memiliki dua opsi RAM dan ROM, yakni 8GB dan 256GB untuk 4G, sedangkan varian yang mendukung 5G memiki RAM 12GB dan ROM 256GB.

Beralih ke Galaxy Note 10 Plus, smartphone ini hanya tersedia dalam spesifikasi RAM 12GB dengan dua opsi ROM, yakni 256GB atau 512GB.

Samsung juga menyertakan baterai dengan kapasitas berbeda, yaitu 3.500mAh untuk Galaxy Note 10 dan 4.300mAh untuk Galaxy Note 10 Plus. Meski memiliki kapasitas berbeda, Samsung menyebut baterai di Galaxy Note 10 sama-sama dapat menunjang aktivitas seharian. 

Selain dari poin yang disebutkan di atas, Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus tidak memiliki perbedaan signifikan. Keduanya sama-sama mengusung desain infinity O dengan cutout yang diletakkan di tengah layar.

Begitu pula dengan fitur keamanan yang dibenamkan, Samsung sama-sama menyertakan face recognition dan fingerprint sensor sebagai metode biometrik untuk membuka kunci layar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini


Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus Melenggang di Kota Big Apple

Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus. Liputan6.com/Istiarto Sigit Nugroho
Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus. Liputan6.com/Istiarto Sigit Nugroho

Samsung resmi meluncurkan seri terbaru dari Galaxy Note, yaitu Samsung Galaxy Note 10 dan Samsung Galaxy Note 10 Plus.

Peluncuran digelar dalam acara Samsung Galaxy Unpacked 2019 di Kota Big Apple, tepatnya di Barclays Center, Brooklyn, New York, Rabu (7/8/2019) waktu setempat.

Samsung Galaxy Note 10 hadir dengan desain Infinity Display (bazeless) dengan ukuran layar yang sedikit lebih kecil dibandingkan pendahulunya, Galaxy Note 9.

Galaxy Note 10 hadir dengan layar 6,3 inci, sedangkan Galaxy Note 9 memiliki layar 6,4 ini. Sementara untuk Galaxy Note 10 Plus hadir dengan layar 6,8 inci.

Peluncuran Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus langsung dibuka oleh Head of IT Mobile Communications Division Samsung Electronics, DJ Koh.

"Jadi yang membutuhkan perangkat untuk produktivitas. Kami perkenalkan perangkat mobile paling bertenaga, Galaxy Note 10," ujar Koh di atas panggung. 

Untuk pasar Indonesia baik Galaxy Note 10 maupun Galaxy Note 10 Plus akan masuk dengan tiga jenis warna, yaitu Aura Glow, Aura Black, dan Aura White.


Stylus S Pen

Samsung Galaxy Note 10 Plus. Liputan6.com/Istiarto Sigit Nugroho
Samsung Galaxy Note 10 Plus. Liputan6.com/Istiarto Sigit Nugroho

Stylus S Pen selalu jadi ciri khas seri Galaxy Note. S Pen pada Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus hadir dengan fitur terbaru.

Pada Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus, stylus yang terpasang adalah stylus bluetooth dengan kemampuan mengatur kamera, seperti membalikkan kamera dari depan ke belakang, hingga bisa digunakan membuat doodle sesuai keinginan kita dan mengunggahnya ke media sosial.

Doodle bisa ‘ditempel’ pada orang lain atau gambar video tanpa objek manusia. Kamu juga bisa mengambil gambar dengan stylus S Pen sambil merekam video. Dengan S Pen, kini hasil tulisan kamu bisa langsung diubah menjadi format Microsoft word, PDF, dan JPEG.

Setelah selesai memilih format, kamu dapat mengirimkannya melalui email. Tak lupa, Samsung juga meningkatkan fungsi stylus Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus untuk mengganti warna pada kata atau kalimat tertentu yang dirasa penting dalam sebuah tulisan.

Stylus S Pen juga tetap bisa digunakan untuk mengakses pemutar musik dan alat presentasi.

(Ist/Dam)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya