Kepergian Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah Bikin Warganet Kepikiran Gala

Banyak warganet merasa sedih dan iba memikirkan nasib Gala, anak dari Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, yang selamat dari kecelakaan.

oleh Iskandar diperbarui 05 Nov 2021, 10:47 WIB
Diterbitkan 05 Nov 2021, 10:47 WIB
Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah
Usai kecelakaan maut tersebut, jenazah Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah pun dibawa langsung ke rumah duka. (Kapanlagi.com/M. Akrom Sukarya)

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah dalam kecelakaan maut di Tol Nganjuk, Kamis (4/11/2021), membuat publik ikut merasa berduka. Terlebih, mereka meninggalkan seorang anak bernama Gala Sky Ardiansyah.

Terkait hal ini banyak warganet merasa sedih dan iba memikirkan nasib Gala yang selamat dari kecelakaan. Pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (5/11/2021), keyword Gala menjadi trending topic di Twitter Indonesia.

Hingga berita ini naik ada lebih dari 56 ribu cuitan yang berkaitan dengan keyword Gala di Twitter.

"Lihat berita dimana-mana masih sedih lihat Gala. Kayak pengen cepet-cepet denger berita dia happy, dia ceria, banyak yangg urus dan take care of him.. Ya Allah, tumbuhlah kuat dan bahagia ya Nak," tulis warganet yang merasa iba.

"Semangat ya Gala sayang, lekas sembuh. InsyaAllah mama papa gala udah tenang di alam sana. Semoga gala tumbuh jadi anak kuat, anak yg sholeh," cuit seorang pengguna Twitter, menyemangati dan mendoakan Gala.

"Kemarin pas mau tidur lewat FYP Tiktok lihat Gala lagi di RS, terus pas mau diobatin lukanya nangis sambil manggil mamanya. Ya Allah seketika nangis sekebon sampe bengkak mata gw. Ga tega liatnya huu..," tulis warganet lainnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pesan Vanessa Angel untuk Gala

Bibi Ardiansyah dan Vanessa Angel. (Foto: Instagram @vanessaangelofficial)
Bibi Ardiansyah dan Vanessa Angel. (Foto: Instagram @vanessaangelofficial)

Sebelumnya, Vanessa Angel dan Bibi membicarakan soal anak mereka, Gala. Keduanya mengaku telah menyiapkan asuransi yang diperuntukkan bagi Gala.

Di kanal Youtube milik Nikita Willy, Vanessa mengungkapkan perasaan hatinya, dan menyampaikan seuntai pesan menyentuh untuk buah hati tercinta. 

"Hai, Gala. Semoga kamu nonton ini mami masih ada," kata Vanessa Angel.

Melihat Vanessa yang mulai tak kuat menahan air matanya, Bibi yang melanjutkan pesan tersebut untuk Gala. 

"Gal, apa pun yang mamimu lakuin, percayalah, dia melakukan yang terbaik di hidupnya untuk kamu. Dia bertahan buat kamu," kata Bibi.

Bibi lalu bercerita sedikit mengenai perjuangan Vanessa Angel yang berjuang memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif saat mendekam di penjara.

"Saat di penjara pun maksain mompa ASI-nya demi kamu. Apa pun yang dia lakuin demi kamu," Bibi melanjutkan.

Pada November 2020, Vanessa Angel harus menjalani sisa hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pondok Bambu, Jakarta Timur, atas kepemilikan psikotropika jenis xanax.

Bagi bayi, terutama di enam bulan pertama kehidupan, air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik yang tak tergantikan. Namun, putra Vanessa Angel kini hanya bisa minum susu formula karena tidak bisa lagi mendapatkan ASI sang ibu.

Melihat kondisi Vanessa Angel tersebut membuat Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) melayangkan surat ke Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly serta Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto.

Dalam surat bertanggal 27 November 2020, AIMI menyebutkan bahwa pemberian ASI merupakan hak bagi ibu dan anak yang juga dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan Pasal 128. Begini bunyinya:

Setiap bayi berhak mendapatkan air susu ibu eksklusif sejak dilahrikan selama enam bulan, kecuali atas indikasi medis. Pemerintah harus mendukung ibu bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus.

Hal di atas tidak bisa didapatkan Vanessa Angel dan anak serta kasus serupa lainnya.

Namun, akhirnya Vanessa Angel bisa kembali menjalankan tugasnya sebagai ibu, bertanggung jawab memenuhi hak Gala memeroleh ASI eksklusif. 

"Dia sayang, dia cinta sama kamu. Semua buat kamu. Tolong sayangi dia, hargai dia lebih dari kamu menghargai papimu ini," lanjut Bibi. 


Vanessa Angel Minta Maaf ke Gala

Vanessa Angel dalam kenangan.
Vanessa Angel dalam kenangan. Ia meninggal dunia di Jawa Timur, 4 November 2021. (Foto: Instagram @vanessaangelofficial)

Sambil menangis, Vanessa Angel, mengatakan,"Apa pun yang mami lakuin di masa lalu, semoga Gala bisa mengerti kalau mami sayang sama Gala. Semoga Gala bangga sama mami. Semoga Gala bisa tahu perjuangan mami sama papi dulunya seperti apa.".

Di akhir kalimatnya, Vanessa pun meminta maaf kepada Gala bila selama ini belum bisa menjadi ibu yang baik.

"Maafin mami kalau mungkin belum bisa menjadi ibu yang baik tapi mami akan terus berusaha menjadi ibu yang baik buat kamu," katanya.


INFOGRAFIS: Deretan Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir

INFOGRAFIS: Deretan Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya