Pengguna yang Mau Hapus Profil Threads Ternyata Harus Hapus Akun Instagram Dulu

Kebijakan Meta menyebutkan pengguna yang ingin menghapus profil Threads haruslah menghapus akun Instagram mereka.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 06 Jul 2023, 18:27 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2023, 18:20 WIB
Aplikasi Threads (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).
Aplikasi Threads (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Liputan6.com, Jakarta - Kemeriahan peluncuran aplikasi Threads milik Instagram yang digadang-gadang sebagai "pembunuh Twitter" pada Kamis (6/7/2023) dirasakan secara online oleh para warganet.

Dalam sekitar tujuh jam setelah aplikasi Threads dirilis, menurut CEO Meta Mark Zuckerberg, lebih dari 10 juta akun Instagram telah tertaut dengan profil di Threads. Meski sebagian warganet menyambut antusias, tetapi sebagian lagi berpandangan lebih enak main Twitter ketimbang Threads.

Hal ini bisa dilihat dari trending topic Twitter "Enakan Twitter" yang  tengah digemakan warganet Tanah Air sore ini.

Warganet sebenarnya punya pilihan untuk tidak menginstal aplikasi Threads, namun agar tidak ketinggalan tren, banyak dari warganet yang langsung mengunduh dan menautkan akun Instagramnya ke Threads.

Belakangan, baru terungkap kalau pengguna Threads tidak bisa serta merta menghapus akunnya. Kok bisa?

Mengutip informasi Tech Crunch, ternyata akun Instagram dan Threads sepaket. Artinya, menghapus akun Threads baru bisa dilakukan jika pengguna menghapus akun Instagram yang tertaut di Threads.

Meta menjelaskan hal ini di Supplemental Privacy Policy atau kebijakan privasi tambahannya untuk Threads.

"Anda dapat menonaktifkan profil Threads kapan saja, tetapi profil Threads hanya bisa dihapus dengan cara menghapus akun Instagram Anda," kata Meta dalam kebijakannya terkait Threads.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alasan Kalau Mau Hapus Threads Harus Hapus Instagram Dulu

Threads
Aplikasi Threads dari Instagram kini telah tersedia dan bisa diunduh di Google Play Store. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Meta menguraikan alasannya di halaman kebijakan. Menurut perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini, profil Threads merupakan bagian dari akun Instagram pengguna.

Ketentuan ini pun tampaknya mengejutkan bagi banyak pengguna. Salah satunya pengguna Twitter dengan akun @Huj*** yang cuitannya telah dilihat lebih dari 1 juta kali.

"Jadi kalo akun Threads kita hapus, otomatis Instagram kita akan kehapus juga," kicaunya.

Maksudnya, penghapusan profil Threads hanya bisa dilakukan jika si pemilik akun menghapus akun Instagram-nya. 

Dirinya mendapati informasi ini melalui unggahan di Threads milik pengguna lainnya. Pengguna tersebut mengunggah gambar tangkapan layar yang menyebutkan:

"Kamu bisa selalu menghapus unggahan individual. Untuk menghapus profil Threads dan data, kamu perlu menghapus akun Instagram kamu," demikian dituliskan pada keterangan Threads, saat pengguna ingin menonaktifkan profil Threads mereka.

Sementara, informasi di cuitan tersebut merupakan hal baru bagi para pengguna Threads lainnya. Para pengguna lain pun terkejut dengan hal ini.


Tentang Threads yang Baru Dirilis Meta Buat Jadi Pesaing Twitter

Logo aplikasi Threads
Logo aplikasi Threads (Foto: Screenshot Threads).

Threads, dijelaskan Mark Zuckerberg adalah aplikasi percakapan berbasis teks. Aplikasi Threads jadi alternatif bagi Twitter yang belakangan ini menerapkan batasan jumlah cuitan yang bisa dilihat oleh pengguna.

Sekadar informasi, Instagram kini punya lebih dari 2 miliar pengguna di dunia. Threads sendiri dirilis di lebih dari 100 negara.

Aplikasi Threads ditujukan untuk menjadi pesaing bagi Twitter, yang masih banyak dipakai oleh penggunanya di seluruh dunia karena informasi realtime yang disajikan.

Menyoal perilisan Threads, Mark Zuckerberg mengatakan, aplikasi Threads telah mencapai lebih dari 10 juta pendaftar dalam waktu tujuh jam setelah dirilis. Ia pun mengunggah emoji yang memperlihatkan betapa dirinya takjub dengan penerimaan warganet atas Threads.

 


Cara Pakai Threads

Threads Instagram
Sumber: nytimes.com

Dari percobaan kami, untuk main Threads, kamu bisa lebih dahulu download aplikasi Threads di toko aplikasi App Store atau Google Play Store.

Lalu, untuk masuk ke Threads, pengguna dapat memakai akun Instagram mereka bila sebelumnya sudah punya Instagram. Kalau belum punya akun Instagram pengguna bisa membuat akun terlebih dahulu. 

Jika kita pakai username yang sama dengan akun Instagram, otomatis, akun-akun Instagram yang telah kita ikuti bisa mengetahui kalau kita sudah memakai platform tersebut. 

Namun, dari penggunaan kami, akun-akun yang sudah kita ikuti di Instagram tak serta merta langsung jadi followers atau following karena kita perlu lebih dahulu mem-follow akun mereka. 

Di halaman profil pengguna kita juga bisa melihat nama dan username sama dengan Instagram, begitu juga dengan foto profilnya.

Seperti membuka profil di Twitter, saat membuka profil Threads, kita bisa melihat berapa banyak akun yang sudah mengikuti kita dan unggahan-unggahan apa saja yang sudah kita buat.

Infografis Facebook, Instagram & WhatsApp Tumbang
Infografis Facebook, Instagram & WhatsApp Tumbang. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya