Video Ledakan Misterius di Johannesburg Afrika Selatan Viral di Medsos, Tewaskan 1 Korban dan Lukai 48 Orang

Video yang memperlihatkan sebuah ledakan misterius di Johannesburg Afrika Selatan viral di medsos, ledakan ini disebut-sebut menewaskan 1 orang korban dan melukai setidaknya 48 orang.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 21 Jul 2023, 12:28 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2023, 12:28 WIB
Ledakan gas terjadi di salah satu ruas jalan di Johannesburg, Afrika Selatan
Ledakan gas terjadi di salah satu ruas jalan di Johannesburg, Afrika Selatan. (Video BBC)

Liputan6.com, Jakarta - Rekaman video yang memperlihatkan momen-momen ledakan misterius di Johannesburg Afrika Selatan viral diunggah di media sosial.

Dalam video yang beredar viral di media sosial itu, mulanya terlihat suasana jalan yang normal, dengan sederetan mobil van putih terparkir di pinggir trotoar dan aktivitas orang di sekitarnya.

Hanya dalam hitungan detik, sebuah ledakan dari dalam tanah membuat deretan mobil yang terparkir terpental. Bahkan, orang-orang di sekitar jalanan kaget dengan ledakan misterius yang terjadi.

Belakangan, mengutip laman Al-Jazeera, Jumat (21/7/2023), ledakan diduga berasal dari pipa gas di bawah tanah di kota terbesar di Afrika Selatan itu.

Menurut informasi yang dibagikan layanan darurat dan otoritas setempat, setidaknya satu orang tewas dan 41 orang terluka akibat ledakan tersebut.

Adapun kejadian ini berlangsung pada Rabu malam 19 Juli 2023, saat suasana kota Johannesburg tengah ramai dengan lalu lalang.

Sementara itu, perusahaan yang mensuplai gas ke sebagian besar kota Johannesburg belum mengonfirmasi bahwa bahwa jalur pipa bawah tanahnya yang menyebabkan ledakan misterius itu.

Adapun tubuh seorang korban baru ditemukan saat pencarian dilakukan di malam hari di sekitar area ledakan. Demikian menurut juru bicara Johannesburg Emergency Management Service Robert Mulaudzi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyebab Ledakan Misterius Masih Dicari Tahu

Jalan Retak Imbas Ledakan Misterius di Johannesburg Afsel
Ledakan misterius tersebut menewaskan satu orang dan melukai sedikitnya 41 orang, pihak berwenang dan layanan darurat mengatakan pada hari Kamis. (Luca Sola / AFP)

Saat ini, sebuah investigasi dilakukan oleh pemerintah kota. Untuk menginvestigasi masalah ini, dihadirkan pula ahli dan spesialis bidang terkait untuk menentukan asal ledakan. Dalam hal ini apakah pipa gas atau kabel di bawah tanah di area Johannesburg itu yang jadi penyebab ledakan.

Penyelidikan juga dilakukan untuk meminimalisasi kemungkinan adanya ancaman ledakan susulan setelah ledakan tersebut.

"Kami masih mencari sumbernya," kata Perdana Menteri Provinsi Gauteng, lokasi Johannesburg, Panyaza Lesufi.

Lesufi mengatakan, ada 12 orang korban luka-luka akibat ledakan yang masih dirawat di sejumlah rumah sakit di Johannesburg. Sementara, 36 orang lainnya yang juga mengalami luka-luka telah dipulangkan.

 


Masyarakat Dievakuasi

Jalan Retak Imbas Ledakan Misterius di Johannesburg Afsel
Perusahaan yang memasok gas ke bagian kota tersebut mengatakan bahwa mereka tidak yakin bahwa pipa bawah tanahnya bertanggung jawab, seperti yang diperkirakan oleh pihak berwenang. (Luca Sola / AFP)

Akibat ledakan yang videonya viral di media sosial ini, sejumlah orang dievakuasi dari sekitar area ledakan karena adanya ketakutan akan ledakan kedua dan kemungkinan rubuhnya toko-toko dan bangunan di sekitar ledakan.

Lesufi mengatakan, ledakan misterius itu berskala besar. Meski begitu, belakangan orang-orang kembali lagi ke area sibuk Johannesburg pada Kamis pagi. Mereka kembali ke sana untuk bekerja atau pulang ke rumah masing-masing.

Otoritas setempat mengestimasikan sebuah area dengan 5 blok di kota yang rusak. Setidaknya, ada 6 ruas jalan yang terdampak ledakan ini. Sejumlah kendaraan pun juga sempat terbalik akibat ledakan ini. Adapun kebanyakan kendaraan yang rusak adalah taksi minibus, sarana transportasi paling populer di Afrika Selatan.

 


Kata Saksi Soal Ledakan

Jalan Retak Imbas Ledakan Misterius di Johannesburg Afsel
Sedikitnya 34 kendaraan rusak, dengan beberapa di antaranya terbalik atau tergeletak di atas kendaraan lain. (Luca Sola / AFP)

Para saksi kejadian ini menyebut, sejumlah orang duduk di dalam minibus taksi saat ledakan berlangsung dan hal ini melempar kendaraan hingga melayang di udara.

Kepada sebuah stasiun televisi, seorang saksi mengatakan, dia mendengarkan suara ledakan besar dan masih berada di mobil saat kejadian berlangsung.

"Saya mendengarkan suara ledakan besar, lalu saya tiba-tiba terlempar di udara dan kendaraan saya berputar. Saya kaget meski tidak terluka," kata saksi tersebut.

Sejenak setelah ledakan, sejumlah orang berlari, seiring munculnya asap dari tanah di area patahan ledakan.

Infografis Baterai Ponsel Meledak (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Baterai Ponsel Meledak (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya