3 Fitur Unggulan yang Bikin Samsung Galaxy S23 FE Layak Dimiliki pada Penghujung 2023

Ada tiga fitur unggulan yang bikin Samsung Galaxy S23 FE layak dibeli di akhir tahun 2023 ini. Apa saja?

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 16 Nov 2023, 08:30 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2023, 08:30 WIB
Samsung Galaxy S23 FE (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Samsung Galaxy S23 FE (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy S23 FE jadi salah satu smartphone andalan Samsung yang rilis tahun ini. Meski dijual dengan harga lebih murah, namun perangkat ini tetap punya fitur dan performa yang hampir setara lini flagship mereka.

Setidaknya, ada tiga fitur unggulan di Samsung Galaxy S23 FE yang jadi daya tarik dari smartphone satu ini yaitu kamera, desain, serta performa.

Tiga fitur unggulan ini pun bisa jadi pertimbangan, apabila ingin membeli Galaxy S23 FE di akhir tahun 2023 ini.

Dari sektor kamera misalnya, Galaxy S23 FE datang dengan chipset Exynos 2200, serta didukung pemrosesan gambar dengan sistem artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI).

Fitur Nightography andalan Samsung dihadirkan lagi di smartphone ini, lengkap dengan sensor kamera yang setara Galaxy Seri Z maupun S lainnya.

HP Samsung ini datang dengan tiga kamera belakang yaitu telefoto 3x 8MP, ultra-wide 12MP, serta lensa wide 50MP yang ditingkatkan secara pesat ketimbang pendahulunya.

Mengutip siaran persnya beberapa waktu lalu, Kamis (16/11/2023), Samsung mengatakan bahwa mode lensa wide 50MP ini cocok untuk mengambil foto portrait, detail bangunan, atau scenery yang butuh pengambilan detail yang sangat baik.

Samsung juga menyebut, dibawa buat memotret konser pun Galaxy S23 FE masih akan memberikan hasil foto yang setara dengan kakak-kakaknya dari seri S maupun seri Z.

Selain itu, Samsung juga menyematkan fitur-fitur pendukung lain seperti Detail Enhancer, atau untuk membuat short video dan konten timelapse.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pilihan Warna yang Menarik

Samsung Galaxy S23 FE (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Samsung Galaxy S23 FE (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Selain kamera belakang, Galaxy S23 FE juga memiliki kamera depan beresolusi 32 MP, yang dapat digunakan untuk selfie, video call, dan konten live streaming.

Perusahaan asal Korea ini juga menyematkan fitur Dual Video Call di kamera selfie-nya, sehingga pengguna bisa menampilkan dua sumber video sekaligus, dari kamera depan dan belakang atau dari kamera depan dan layar ponsel.

Soal desain, Samsung juga menghadirkan berbagai warna yang menarik buat Galaxy S23 FE.

Terdapat lima pilihan warna yang dilapisi bahan metal premium, sehingga cocok buat konsumen yang mencari perangkat yang unggul secara performa, serta menarik untuk dilihat dan digenggam.

Salah satu warna unggulan adalah Mint, yang menggambarkan kedamaian, sehingga cocok bagi pengguna yang butuh sentuhan segar nuansa hijau yang lembut.

Kemudian, terdapat juga pilihan warna Purple yang menawarkan sentuhan memikat serta mewah.

Buat penyuka warna monochrome, S23 FE juga punya opsi Graphite yang cocok untuk memberikan kesan profesional dan mewah, serta Cream yang bisa memberikan sentuhan hangat, tenang, dan lembut. Terdapat juga warna Indigo, yang dijual khusus untuk pembelian secara online.


Gunakan Premium Metal Finishing

Samsung Galaxy S23 FE (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Samsung Galaxy S23 FE (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Samsung S23 FE tidak lagi memakai material polycarbonate seperti pendahulunya, tetapi sudah seluruhnya dilapisi alumunium.

Sementara di bagian eksteriornya, Samsung menyematkan Corning Gorilla Glass 5 yang melindungi layar ponsel sehingga lebih kuat dan tahan lama.

Galaxy S23 FE juga menggunakan Premium Metal Finishing di samping bodi ponsel, sehingga menjadi lebih tahan terhadap benturan, sembari menegaskan kehadiran material premium. Perangkat ini sudah mendapat sertifikasi IP68 sehingga tahan terhadap air ataupun debu.

Untuk performa, Samsung tidak melupakan sektor gaming untuk Galaxy S23 FE. Perusahaan mengatakan, perangkat ini sudah dibekali Ray Tracing untuk membuat grafis dan elemen visual saat bermain ini jadi lebih baik.

Selain itu, dukungan Exynos 2200 dengan fabrikasi 4nm, membuat peningkatan kerja CPU hingga 20 persen dan GPU 25 persen lebih unggul, dibandingkan pendahulunya.


Fitur-Fitur Buat Mendukung Gaming

Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy Buds FE (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy Buds FE (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Galaxy S23 FE juga menyematkan fitur game performance management, untuk mengoptimasi setiap kinerja yang ada pada perangkat untuk gaming. Cara menyalakan fitur ini adalah:

  1. Masuk ke pengaturan dan Game Booster
  2. Pilih menu Labs
  3. Aktifkan menu Alternate Game Performance Management
  4. Download aplikasi resmi di Galaxy Store, Game Plugins dan di dalamnya gunakan fitur Game Booster Plus

Untuk menjaga agar perangkat tidak cepat panas dan game tidak laggy, terdapat Vapor Chamber yang 3,9 kali lipat lebih besar dibandingkan pendahulunya.

Pengaturan suhu pada ruang uap ini dilakukan tanpa mengorbankan desain ponsel, sehingga pemain tidak perlu menggunakan aksesori tambahan seperti cooler fan ketika bermain game.

Buat memantau suhu, pengguna bisa mengunduh Game Plugins kamu bisa mengaktifkan fitur Perf Z pada aplikasi tersebut. Dengan begitu, pengguna bisa memonitor secara real-time kualitas FPS dan suhu internal device.

Selain itu, Samsung juga membawa baterai sebesar 4.500 mAh, yang dilengkapi fitur pengisian Super Fast Charging.

Hadir dengan fitur-fitur setara flagship tadi, Samsung Galaxy S23 FE dijual di Indonesia mulai dari harga Rp 8.999.000 (128 GB) dan Rp 9.999.000 (256 GB).

Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya