Cak Imin Singgung soal Etika Lingkungan untuk Atasi Krisis Iklim

Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar menyatakan penyelesaian krisis iklim bisa dimulai dengan etika lingkungan.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 21 Jan 2024, 22:05 WIB
Diterbitkan 21 Jan 2024, 20:59 WIB
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Gus Imin) saat debat cawapres Pilpres 2024 yang digelar di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Gus Imin) saat debat cawapres Pilpres 2024 yang digelar di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Tangkapan Layar YouTube KPU RI)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar menyorot pentingnya etika lingkungan untuk mengatasi persoalan iklim yang terjadi saat ini. Hal itu ia ungkapkan dalam Debat Cawapres yang digelar digelar di JCC Senayan, Jakarta pada Minggu (21/1/2024) malam.

Ia menuturkan, krisis iklim sudah terjadi dan bencana ekologi pun ada di mana-mana. Karenanya, ia mengatakan, negara harus serius mengatasinya, bukan sekadar mengandalkan proyek giant sea wall yang tidak mengatasi masalah tersebut.

Pria yang akrab dipanggil Cak Imin itu pun menyebut penyelesaian krisis iklim ini bisa dimulai dengan etika lingkungan.

"Etika lingkungan ini intinya adalah keseimbangan antara manusia dan alam, tidak menang-menangan. Seimbang, manusia dan alam," tuturnya.

Cawapres Anies Baswedan ini pun menyorot soal aksi pembangunan yang tidak seimbang saat ini. Ia uga menyatakan, krisis iklim tidak diatasi dengan serius.

"Bahkan, kita ditunjukkan anggaran mengatasi krisis iklim jauh di bawah anggaran sektor-sektor lainnya," ujar Muhaimin Iskandar.

Oleh sebab itu, ia mengatakan, pembangunan dan kebijakan nasional harus berpijak pada keadilan iklim, keadilan ekologi, keadilan antar generasi, dan keadilan agraria.

"Rakyat harus ditinggalkan, tidak ditinggalkan," tuturnya. Sekadar informasi, debat kali ini mengambil tema mengenai energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Sebagai informasi, menjelang Debat Cawapres kali ini, tagar #DebatCawapres langsung menjadi trending topik di platform X alias Twitter.

Pantauan Tekno Liputan6.com sekitar pukul 19.46, ada lebih dari 8.000 cuitan yang berkaitan dengan #DebatCawapres.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Debat Cawapres 21 Januari 2024 Jadi Trending Topic, Warganet: Baru Mulai Cak Imin Udah Open War

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dalam debat Cawapres, Minggu (21/1/2024). (Sumber Foto: Tangkapan Layar Youtube KPU).

Kebanyakan dari mereka menyinggung Cak Imin yang dinilai sudah melakukan serangan saat memaparkan visi dan misinya di sesi awal Debat Cawapres.

Dalam hal ini Cawapres no urut 01 Muhaimin Iskandar menyinggung 500 ribu hektare lahan capres no urut 02 Prabowo Subianto.

"16 juta rumah tangga petani hanya memiliki tanah setengah hektare, sementara ada seseorang yang memiliki tahan 500 ribu hektare sebagai kekuasaan negara yang diberikan kepadanya," ujar Cak Imin.

Komentar Warganet

"NI BARU PEMAPARAN VISI MISI TAPI UDH OPEN WAR AJA INI CAK IMIN PELAN PELAANNN CAAAKK," tulis @jamg***

"wkwkwk baru jg awal cakkkk udah nyelepet aje🤣 #DebatCawapres," cuit @ujit***

"Cak Imin meniru model dan gaya anies menyerang, tapi kok mimik wajahnya ga meyakinkan layaknya pak anies, kalau menyerang jadi kelihatan lucu kayak hafalan jadinya, lebih baik jadi diri sendiri cak kayak biasanya aja slepet-slepet," papar @cin***

Selain itu, warganet juga menyinggung soal topik hilirisasi.

"Hilirisasi dah disebut 3x #DebatCawapres," tulis @bund***

"Hilirisasi waeee #DebatCawapres," timpal @nsa***

"AGAINNN HILIRISASII #DebatCawapres," kicau @rey***

Selain #DebatCawapres, sejumlah tagar yang juga masuk trending topik antara lain #AMINAjaDulu dan #Era02EraAnakMuda.

Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya