Misteri Tombol Capture Button di iPhone 16 Terungkap, Ternyata Cara Kerjanya Bukan di Klik

Bocoran terbaru iPhone 16 series mengungkap tombol baru "Capture Button" yang memungkinkan pengguna untuk membuka aplikasi kamera dengan cepat dan mudah, tanpa perlu menyentuh layar.

oleh Yuslianson diperbarui 22 Apr 2024, 19:30 WIB
Diterbitkan 22 Apr 2024, 19:30 WIB
Misteri Tombol Capture Button di iPhone 16 Terungkap, Ternyata Cara Kerjanya Bukan di Klik!
Misteri Tombol Capture Button di iPhone 16 Terungkap, Ternyata Cara Kerjanya Bukan di Klik! (Doc: Phone Arena)

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran iPhone 16 series semakin ramai di internet, dengan bocoran terbaru dari produsen casing untuk ponsel milik Apple itu.

Dummy iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max mengonfirmasi dua rumor saat ini, yaitu kamera vertikal di lini iPhone 16.

Tak hanya itu, terungkap juga tombol baru di samping bodi ponsel milik Apple tersebut. Walau banyak prediksi dan dugaan, bocoran terkini menyingkap tabir misteri Capture Button di iPhone baru itu.

Berdasarkan bocoran informasi yang dibagikan oleh Sonny Dickson, terlihat casing untuk iPhone 16 dan iPhone 16 Pro Max ini memiliki lubang di sisi kanan bodi ponsel untuk Capture Button.

Walau tata letak lensa kamera iPhone 16 sudah diprediksi, potongan untuk tombol mengaktifkan aplikasi kamera iPhone 16 ini memang masih menjadi misteri bagi banyak orang.

Alih-alih tertutup oleh casing seperti Action Button di lini iPhone 15 Pro dan Pro Max, dan harus diklik untuk digunakan, tombol di iPhone baru Apple ini hanya perlu disentuh saja.

Mengutip Phone Arena, Selasa (23/4/2024), Apple dilaporkan telah bereksperimen dengan tombol daya dan volume kapasitif untuk iPhone beberapa tahun belakangan ini.

Sayangnya, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut memilih membatalkan proyek tersebut karena terlalu berisiko dan sulit untuk dilakukan.

Akhirnya, perusahaan memutuskan untuk menerapkan tombol kapasitif baru dengan sensitivitas sentuhan di bawah tombol power. Rumor mengatakan, tombol tersebut akan diberi nama Capture Button.

Sesuai dengan namanya, tombol ini berfungsi untuk membuka aplikasi kamera di iPhone tanpa harus masuk ke dalam menu HP Apple seperti saat ini.

Lalu kenapa Apple membuat tombol kapasitif peka terhadap tekanan? Kemungkinan, ini berhubungan dengan mode pengambilan foto atau perekaman video, atau kontrol zoom.

Disebutkan, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan menggunakan kamera Tetraprisma buatan Apple sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kamera iPhone 16 Pro Bakal Punya Coating Lensa Baru

Informasi mengenai iPhone 16 yang seharusnya rilis tahun depan sudah mulai beredar.

Rumor mengenai spesifikasi dan jadwal rilis dari lini iPhone 16 makin meluas. Terbaru, ponsel dari Apple ini dikabarkan akan menggunakan lapisan lensa baru.

Mengutip Gizchina, Jumat (19/4/2024), lapisan kamera yang baru ini memberikan kualitas foto lebih optimal dari generasi sebelumnya.

Bocoran dari leaker Yeux1122 di platform Naver menyebutkan Apple menggunakan teknologi Atomic Layer Deposition (ALD) di varian iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max.

Teknologi ini akan menciptakan lapisan ultra tipis pada lensa. Lapisan yang dihasilkan bakal memiliki ketebalan hanya beberapa nanometer dan dapat diaplikasikan secara presisi. Lapisan sangat tipis ini jauh lebih rata dan mempunyai pengendapan seragam.

Dengan lapisan tipis dan seragam, Apple menargetkan hasil foto dengan flare lensa dan ghosting yang minimal. Flare atau suar lensa adalah pantulan yang tidak diinginkan antara lapisan kaca di dalam lensa.

Sedangkan pada ghosting, elemen terang pada gambar bisa tampak terduplikasi. Kedua masalah ini merupakan problem besar di sektor kamera ponsel.

Namun dengan lapisan terbaru ini, Apple dapat mengurangi cahaya suar dan ghosting yang masuk ke lensa. Teknologi ALD juga digunakan oleh produsen mobil pada kendaraan listrik untuk kontrol jalur yang akurat.

Meski begitu, menurut bocoran dari Yeux1122, teknologi ALD eksklusif untuk model HP iPhone 16 Pro.


iPhone 16 Pro Hadir dengan Frame Titanium dan Desain Glossy

<p>Apple bakal melengkapi iPhone 16 dengan tombol tambahan, fungsinya? (Doc: MacRumors)</p>

Terdapat laporan baru yang menunjukkan bahwa iPhone 16 Pro bakal menggunakan bahan Titanium unntuk sisi bodi smartphone.

Bedanya, iPhone 16 Pro frame bodi ponsel baru Apple ini akan terlihat lebih glossy dan halus dari model iPhone 15 Pro saat ini.

Mengutip keterangan yeux112 di Naver via GSM Arena, desain iPhone 16 Pro ini dapat dicapai melalui peningkatan pemrosesan material dan pemrosesan warna.

Leaker ini juga mengatakan, bingkai di HP Apple itu tidak sepenuhnya terbuat dari bahan anti gores, dan mungkin akan sedikit mengecewakan bagi sebagian pengguna.

Akan tetapi hal ini tidak akan menghentikan pengguna untuk membeli iPhone baru ini, yang akan hadir dalam pilihan warna Space Black dan Rose baru selain putih dan abu-abu.

Bocoran lain menyebutkan, bezel iPhone 16 series akan lebih tipis, tata letak kamera vertikal, dan baterai berkapasitas lebih besar.

Selain itu, rumor menyebutkan warna lawas absen di lini iPhone 15 Pro dan kembali hadir adalah warna Rose.

Dalam kasus iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max, warna Rose ini akan tampil emas dengan lebih kekuningan ketimbang warna emas merah seperti iPhone sebelumnya.


Warna Lawas Kembali Hadir di iPhone 16 Pro dan Pro Max

Capture Button di iPhone 16. Credit: The Information

Sementara itu, lini iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max akan hadir dengan warna yang sama seperti seri terdahulu. 

iPhone baru Apple itu akan hadir dengan pilihan warna Space Black, White, Grey, dan Rose.

Ini bukan pertama kalinya sebuarh rumor menyatakan, warna iPhone 16 Pro akan berbeda dari tahun lalu. Sebelumnya, ponsel ini akan hadir dengan pilihan warna Desert Yellow.

Jika Apple mengikuti ritme rilis biasanya, kita dapat memperkirakan perusahaan akan mengumumkan iPhone baru dalam beberapa minggu pertama bulan September.

Setelah itu, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut akan menjual ponsel barunya sekitar 10 hari kemudian.

Model-model baru ini diharapkan akan diluncurkan bersamaan dengan model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus baru.


Apple iPhone 16 Segera Rilis

<p>iPhone 15 Pro. Credit: Apple</p>

Di sisi lain, menurut jurnalis Bloomberg Mark Gurman, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Kamis (28/3/2024), iPhone 16 akan memiliki tombol baru yang disebut sebagai Capture Button.

Diperkirakan, tombol tersebut akan muncul di sisi kanan perangkat. Menurut informasi, Capture Button bisa digunakan untuk memotret ataupun merekam video.

Laporan juga menyebut, tombol di iPhone terbaru ini bisa merespons berdasarkan keras atau tidaknya tekanan yang diberikan.

Sebagai contoh, apabila menekan tombol secara ringan akan mengatur kamera untuk fokus pada objek, sedangkan, ketika menekan tombolnya lebih keras, iPhone akan mengambil gambar atau mulai merekam.

Disebutkan juga, pengguna dapat menggeser tombol tersebut ke kiri atau kanan untuk memperbesar atau memperkecil zoom.

  

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya