iPhone 17 Slim Hadir Hanya dengan Satu Kamera Utama?

Ada rumor yang menyebutkan kalau iPhone 17 akan hadir dengan model baru yakni iPhone 17 Slim dengan hanya satu kamera utama di bodi belakangnya.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 27 Jul 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 10:00 WIB
Apple iPhone SE 4 Render
Apple iPhone SE 4 Render. (Dok: GizmoChina)

Liputan6.com, Jakarta - iPhone 16 belum dirilis, tapi kabar tentang iPhone 17 mulai terungkap ke permukaan. Rumor terbaru adalah tentang model ultra-thin lias iPhone 17 slim yang akan mengubah desain iPhone.

Salah satu hal yang mengejutkan tentang desas desus kehadiran iPhone 17 slim aalah perangkat ini mungkin akan hadir dengan satu kamera utama.

Mengutip Gizchina, Sabtu (27/7/2024), spekulasi ini berdasarkan pernyataan dari orang dalam industri, Ming Chi Kuo yang menyebut adanya iPhone 17 Slim.

Menurutnya, model ini akan lebih mengutamakan bentuk dan desain ketimbang fungsinya. iPhone 17 Slim dirumorkan akan hadir dengan layar seluas 6,6 inci dan chip A19 yang tangguh.

Meski memiliki rangka titanium-aluminium menjanjikan kesan premium, namun pengaturan kameranya mengundang banyak perhatian.

Bagi kamu yang telah lama mengikuti jejak iPhone, kamera belakang tunggal pada iPhone menjadi perubahan desain radikal dibanding versi terdahulu.

Pasalnya, sejak kehadiran iPhone XR, Apple secara konsisten melengkapi iPhone-nya dengan beberapa kamera, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan fotografi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kontras dengan Tujuan Perusahaan Hadirkan Ponsel dengan Kemampuan Fotografi

iPhone SE 2020
Apple resmi umumkan iPhone SE (2020). (Doc: Apple)

Potensi penurunan kamera iPhone 17 Slim menjadi satu lensa tunggal bisa menjadi hal yang kontras dengan tujuan perusahaan meningkatkan kemampuan fotografi pada iPhone.

Lalu, kira-kira apa alasan Apple mengambil langkah mundur tersebut? Satu-satunya hal yang mungkin dari langkah ini adalah, fokus Apple pada desain.

Kemungkinan iPhone 17 Slim ditujukan untuk konsumen yang lebih mengutamakan estetika desain ketimbang fotografi.

Tentu kalau memang benar Apple akan hadirkan iPhone 17 Slim, hal ini sudah dipertimbangkan matang-matang oleh Apple.

 


Masih Sebatas Isu

iOS 18
Aplikasi Photos dirombak besar-besaran oleh Apple di iOS 18. (Doc: Apple)

Meski begitu, informasi kehadiran model iPhone 17 Slim saat ini masih sebatas isu semata.

Apakah ponsel ini akan benar-benar ada dan jika iya, apakah akan sukses dalam penjualannya? Hal ini masih perlu dilihat dengan saksama.

Apalagi kalau ini benar-benar dilakukan, Apple mengambil pertaruhan yang cukup berat karena harus mengorbankan kemampuan fotografi perangkat. Fitur yang begitu dipertimbangkan orang ketika membeli smartphone.


Bocoran Spesifikasi iPhone 17

Fitur baru iMessages di iOS 18
Fitur baru iMessages di iOS 18.  (Doc: Apple)

Mengutip unggahan Ice Universe via Phone Arena, Selasa (23/7/2024), layar keempat model iPhone 17 akan mendukung refresh rate 120Hz, termasuk varian "Slim".

Panel layar iPhone 17 series ini juga akan dilengkapi teknologi LTPO, sehingga kecepatan refresh rate akan menyesuaikan jenis konten di layar.

Dengan teknologi ini, pengalaman bermain game dan membuka email di HP Apple akan lebih optimal.

Prosesor dan RAM

Ice Universe juga menyebutkan, iPhone 17 dan iPhone 17 Pro sama-sama menggunakan layar 6,27 inci.

Sementara iPhone "Slim", ponsel model baru ini memiliki layar 6,65 inci dan iPhone 17 Pro Max dibekali layar 6,86 inci.

iPhone non-Pro termasuk "Slim" akan ditenagai prosesor A19, sedangkan chipset A19 Pro akan terpasang di iPhone 17 Pro dan iPhone 17 Pro Max.

Chipset A19 Pro ini dibuat berdasarkan arsitektur 3nm generasii ketiga (N3P), memberikan performa lebih kuat dan efisien.

Lebih lanjut, HP iPhone 17 dan iPhone Slim sama-sama menggunakan RAM 8GB dan mendukung fitur Apple Intelligence.

Model Pro dibekali RAM 12GB, lebih besar dibandingkan model Apple iPhone 15 menggunakan RAM 6GB dan varian Pro pakai 8GB.

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya