Cara Atasi iPhone Lemot agar Kembali Seperti Baru

Seiring berjalannya waktu, iPhone atau Smartphone lainnya memang bisa jadi makin lambat, namun ini bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini, simak ya!

oleh Dinda Ariyani diperbarui 06 Sep 2024, 09:30 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 09:30 WIB
iPhone Lockscreen with iOS 16
iPhone lock screen with software iOS 16 (unsplash/Sarah B)

Liputan6.com, Jakarta - iPhone yang sudah lama digunakan dalam jangka waktu lama kemungkinkan kinerjanya akan semakin lambat alias lemot (iPhone lemot). Salah satu penyebab umumnya adalah penyimpanan yang penuh, terutama bagian "Other" yang sering bikin repot.

Bagian "Other Storage" ini adalah tempat misterius di penyimpanan iPhone kamu. Biasanya, ini jadi tempat buat file sistem, suara Siri, dan cache yang terkumpul.

Cache ini menyimpan elemen dari aplikasi atau penyimpanan, apalagi dari aplikasi kayak Google Maps dan Chrome yang mengumpulkan data cache lumayan banyak.

Dikutip dari Cnet, Jumat (6/9/2024), cara mengecek dan mengurangi penyimpanan Other Storage adalah cukup dengan buka Settings > General > iPhone Storage.

Setelah iPhone mengkalkulasi, kamu bakal lihat grafik kategori penyimpanan. Bagian "Other" biasanya ada di sebelah kanan grafik dan berwarna abu-abu.

Kalau "Other Storage" terlalu banyak, coba langkah-langkah ini :

  1. Hapus cache Aplikasi: Beberapa aplikasi, terutama browser dan aplikasi peta, bisa bikin cache jadi menumpuk. Coba hapus data cache dari aplikasi tersebut.
  2. Bersihkan File yang Tidak Perlu: Periksa file yang mungkin sudah tidak terpakai lagi, seperti dokumen lama atau video yang sudah diunggah.
  3. Restart iPhone: Kadang-kadang, restart bisa membantu membersihkan cache yang tidak perlu dan memperbaiki kinerja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Trik Tambahan Jika iPhone Masih Lemot

iOS 18
Fitur kustomisasi di iOS 18 bikin iPhone terlihat beda satu sama lain. (Liputan6.com/ Yuslianson)

1. Offload Aplikasi 

Jangan bingung dengan menghapus aplikasi. Offloading artinya aplikasi dihapus dari perangkat tapi datanya masih tersimpan. Ini berguna banget buat aplikasi yang makan ruang besar tapi data yang disimpan cuma sedikit, seperti Google Maps

Cara gampangnya : buka Settings > General > iPhone Storage > pilih aplikasi yang mau di-offload, terus ketuk Offload App

Tips : Di bagian iPhone Storage, ada daftar aplikasi dengan angka di sampingnya yang menunjukkan berapa  banyak ruang yang dipakai. Ini bisa bantu kamu lihat aplikasi mana yang banyak makan memori atau sedikit, jadi kamu bisa pilih mana yang mau di offload.

2. Bersihkan Cache Safari dan Tutup Tab

Kalau sering pakai Safari, bisa jadi iPhone kamu menyimpan sejarah web dan data yang nggak perlu. Untuk bersihkan cache, buka Settings > Safari > Clear History dan Website Data. Kalau pakai Chrome, cek cara bersihkannya di browser Google.

Jangan lupa juga tutup tab-tab yang enggak perlu. Untuk mengatur seberapa sering Safari akan menutup tab, pergi ke Settings > Safari > Close Tabs. Kamu bisa pilih untuk menutup tab yang belum dibuka dalam sehari, seminggu, atau sebulan, atau tutup secara manual.

 


Masih Ada Cara Lagi

3. Hentikan Penyimpanan "Text Forever" atau Pesan Selamanya

Secara default, iPhone menyimpan semua pesan teks yang kamu kirim dan terima selamanya. Kalau kamu butuh ruang, ubah pengaturan ini: buka Settings > Messages, scroll ke bawah ke Message History, ketuk Keep Messages, dan pilih 30 Days atau 1 Year.

4. Reset iPhone

Kalau semua cara di atas masih belum bikin kinerja iPhone kamu lebih cepat, coba reset iPhone. Ini bisa membuang banyak sampah di "Other Storage", meskipun mungkin enggak bisa membersihkan semuanya, namun ini bisa membantu meringankan iPhone kamu yang lemot.

Dengan langkah-langkah ini, iPhone kamu harusnya bisa kembali responsif dan cepat. Selamat mencoba!


Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya