Bus Baru Transjakarta Datang, Mulai Mengaspal Juli

Memperingati ulang tahun Ibukota Jakarta yang ke-488, PT Transjakarta dan Pemprov DKI meresmikan 20 unit bus merk Scania.

oleh Liputan6 diperbarui 22 Jun 2015, 13:18 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2015, 13:18 WIB
Peresmian Bus Baru Transjakarta Masuk Rangkaian Acara HUT Ibukota
Memperingati ulang tahun Ibukota Jakarta yang ke-488, PT Transjakarta dan Pemprov DKI meresmikan 20 unit bus merk Scania.

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati ulang tahun Ibukota Jakarta yang ke-488, PT Transjakarta dan Pemprov DKI meresmikan 20 unit bus merk Scania. Bus gandeng berharga Rp4,5 miliar per unit itu siap beroperasi pada pertengahan Juli mendatang.

Secara keseluruhan, bus Scania yang dipesan berjumlah 51 unit. Tapi 31 unit yang lain baru akan memperkuat armada bus Transjakarta pada Desember mendatang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (22/6/2015), bus Scania diklaim memiliki sejumlah keunggulan termasuk soal daya tahan dan standar keamanan yang tinggi, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan.

Dengan kapasitas hingga 140 penumpang, bus Scania dilengkapi 39 kursi yang terdiri atas 6 kursi prioritas dan 2 ruang bagi pengguna kursi roda. Untuk meningkatkan keamanan, bagian dalam juga dilengkapi 4 kamera pengawas dan 2 kamera lainnya berada di luar.

Selain melengkapi armada bus Transjakarta, sebuah bus tingkat pariwisata baru juga siap beroperasi.

Bus tingkat buatan Swedia ini tampak berbeda dari sisi interior maupun eksteriornya. Sejumlah keunikan di antaranya interior atap yang tersusun dari deretan tutup botol bekas.

Serah terima yang digelar di lapangan silang barat Monas pagi ini, ditandai dengan pembunyian sirene oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Direktur Utama Transjakarta, Steve Kosasih.

Usai meninjau, rombongan juga menjajal langsung bus gandeng baru ini dalam uji coba perjalanan. (Nda/Yus)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya