Dana Ganti Rugi Cair, Korban Lapindo Dapat Kado Lebaran

Proses pembayaran dana talangan korban lumpur Sidoarjo dilakukan oleh BPLS dan Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan.

oleh Septian Deny diperbarui 10 Jul 2015, 22:16 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2015, 22:16 WIB
Wisata Lumpur Lapindo Tarik Minat Turis Mancanegara
Seniman membuatkan patung bagi warga korban kepada pemerintah di wisata lumpur lapindo, Sidoarjo, Senin (30/03/2015). Sudah 9 tahun kawasan ini terendam oleh lumpur, tidak terhitung kerugian yang diderita warga sekitar. (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akhirnya menandatangani pencairan dana talangan korban lumpur Sidoarjo. Dengan demikian, pada Selasa pekan depan dijadwalkan dana tersebut sudah bisa diterima para korban yang telah terverifikasi.

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro mengatakan pemberian dana ganti rugi ini merupakan kado bagi Lebaran bagi para korban lumpur Lapindo.

"Sesuai dengan pesan Pak Basuki kita sesuaikan jadwal Selasa pagi bisa ke Sidoarjo. Ini akan menjadi hadiah Lebaran yang baik buat segenap masyarakat di Sidoarjo. Yang belum mendapatkan ganti rugi bisa diselesaikan," ujar Bambang di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Jumat (10/7/2015).

Bambang menuturkan, proses pembayaran akan dilakukan oleh Badan Pananggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan sebagai perwakilan dari pemerintah.

"Bahwa ini tekad dan niat baik pemerintah untuk selesikan permasalahan yang belum selesai di wilayah lumpur Sidoarjo bagi saudara-saudara kita saat Lebaran dan hari-hari seterusnya lebih baik. Semua masalah bisa selesai dengan baik," kata dia.

Sementara itu, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, dirinya merupakan orang yang paling bahagia atas pencairan dana talangan. Lantaran, Sidoarjo merupakan wilayah daerah pilihannya saat Pemilu.

"Dengan pencairan ini, saya paling bahagia karena itu dapil saya. Saya sangat intensif berkomunikasi di sana. Pada hari ke-24 Ramadan diberikan keberkahan pada bangsa Indonesia. Ada solusi dan kabar bahagia bagi korban. Selasa akan berikan kebahagiaan," ujar Khofifah. (Dny/Ahm)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya