Menembus Batas Jarak, Puslatan Terapkan Metode Pelatihan Berbasis e-Learning

Mengantisipasi perubahan yang begitu cepat Pusat Pelatihan Pertanian mengambil langkah cepat dengan mengembangkan beberapa model pelatihan berbasis IT, salah satunya menggunakan e-Learning.

oleh Gilar Ramdhani pada 05 Feb 2020, 17:05 WIB
Diperbarui 05 Feb 2020, 17:05 WIB
Menembus Batas Jarak, Pembelajaran Puslatan di BPP Jambi Gunakan Agricultural Operational Room 
Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Bustanul Arifin Caya saat mengunjungi Agricultural Operational Room (AOR) BPP Jambi.

Liputan6.com, Jambi Perkembangan teknologi informasi sudah tidak bisa dibendung lagi. Semua berjalan begitu cepat dan secara tidak langsung mulai merngubah paradigma dan berbagai aktivitas kehidupan, termasuk juga pada proses pelatihan pertanian.

Mengantisipasi perubahan yang begitu cepat Pusat Pelatihan Pertanian mengambil langkah cepat dengan mengembangkan beberapa model pelatihan berbasis IT, salah satunya menggunakan e-Learning.

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Bustanul Arifin Caya disela-sela kunjungannya ke Agricultural Operational Room (AOR) BPP Jambi menjelaskan bahwa saat ini para penyuluh dapat belajar kapan saja, dimana saja tanpa terbatas jarak, ruang dan waktu. Semua harus berubah dan mengikuti perkembangan jaman, bila tidak maka kita akan jauh tertinggal dibelakang.

"Penyuluh pertanian dapat membuka e-Learning dan materi pembelajaran pertanian dengan alamat elearningpuslatan.com. Di sana para penyuluh dapat mengikuti Pelatihan Teknis Pertanian dan Peternakan, Pelatihan Manajemen, Pelatihan IT dan beberapa pelatihan lainnya secara online. Materi yang disajikan juga sangat dinamis dan selalu berkembang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang pertanian," jelasnya.

Untuk mendukung hal tersebut, maka Kapuslatan meminta seluruh Balai Pelatihan Pertanian lingkup Puslatan membangun AOR. AOR tersebut akan dipergunakan sebagai media interaksi pada sesi diskusi pelatihan online yang dilaksanakan. AOR tersebut dilengkapi dengan seperangkat peralatan IT seperti : unit komputer, webcam, projector, monitor dan didukung dengan beberapa perangkat lunak yang dipergunakan.

“Di sinilah kita akan berkomunikasi rutin dengan para penyuluh dilapangan. Saat ini kami sudah memiliki jadwal rutin untuk melakukan koordinasi dengan kostratani pada beberapa Kabupaten melalui video conference. Kedepannya kami juga akan menggunakan AOR ini sebagai media ineteraksi dan diskusi dengan para peserta elearning,” ujar Zahron Helmy, Kepala BPP Jambi.

 

(*)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya