Ayo Daftar, Sektor Navigasi Udara Butuh 800 Pegawai Lagi

Industri penerbangan nasional ternyata masih kekurangan sumber daya manusia di bidang navigasi. Kemenhub mengungkapkan dari total kebutuhan 1800, sektor navigasi kekurangan 800 pegawai baru.

oleh Liputan6 diperbarui 16 Jan 2013, 13:42 WIB
Diterbitkan 16 Jan 2013, 13:42 WIB
navigasi-udara130116b.jpg
Industri penerbangan nasional ternyata masih kekurangan sumber daya manusia di bidang navigasi. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan dari total kebutuhan 1800, sektor navigasi kekurangan 800 pegawai baru.

Saat ini jumlah pegawai di bidang navigasi baru mencapai sekitar 1.000 orang. "Ini tantangan bagi kita bagaimana mengisi posisi itu," kata Menteri Perhubungan, EE Mangindaan, Rabu (16/1/2013).

Dia menyebutkan, secara ideal total pegawai pelayanan navigasi sebanyak 1.800 orang di Indonesia agar memberikan pelayanan yang optimal. Navigasi menjadi titik penting dalam industri penerbangan.

Mangindaan mengakui jika masalah navigasi di tanah air selama beberapa tahun terakhir terus menjadi sorotan. hal yang menjadi minat publik terkait masalah keselamatan dalam pelayanan navigasi.

"Untuk terbang selamat, perlu layanan navigasi. Sangat wajar jika muncul fenomena dan isu sejauh mana sistem navigasi dapat mendukung pembangunan Indonesia," lanjut Menteri.

Dengan terbentuknya perusahaan khusus bidang navigasi, pemerintah berharap jajaran direksi baru bisa langsung bekerja dengan menyusun program, rencana aksi, dan tahapan kegiatan.

Sementara untuk proses transisinya dari perusahaan navigasi lama ke LPPNPI, Kemenhub berharap jajaran direksi dan pengawas bisa melaluinya tanpa saling menyalahkan.

"Saya dan menteri BUMN akan mengevaluasi rencana aksi yang dibuat Perum," tegas Mangindaan.(Shd/Nur)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya