Gangguan Pada Listrik, Coba Adukan Lewat PLN Mobile

Untuk pengaduan masalah listrik caranya kamu cukup download aplikasi PLN Mobile melalui smartphone.

oleh Reza pada 19 Feb 2022, 00:00 WIB
Diperbarui 17 Feb 2022, 23:49 WIB
Meteran Listrik
Warga memeriksa meteran listrik di kawasan Matraman, Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia).

Liputan6.com, Jakarta Gangguan pada listrik bisa dirasakan oleh semua orang. Tentu hal itu bisa menganggu aktivitas selama di rumah. Melihat hal itu, pelanggan PLN tak perlu khawatir. Kamu bisa mengadukan masalah listrik melalui PLN Mobile.

Bagi pelanggan yang ingin menyampaikan laporan gangguan layanan kelistrikan melalui PLN Mobile, ada dua opsi yang dapat ditempuh yakni dengan menggunakan identitas pelanggan terdaftar (ID Pelanggan) atau nomor meteran, atau menggunakan titik lokasi. 

Untuk pengaduan masalah listrik caranya kamu cukup download aplikasi PLN Mobile melalui smartphone. Buka aplikasi, kemudian klik menu Pengaduan di halaman depan aplikasi. Pilih jenis pengaduan yang ingin diajukan. 

Pada kolom yang disediakan, masukkan ID pelanggan yang ingin diadukan. Anda juga dapat memasukkan ID pelanggan atau nomor meter lain.

20170621-PLN Berikan Diskon Biaya Penyambungan Tambah Daya-Antonius
Petugas PLN melakukan penyambungan penambahan daya listrik di Jakarta, Rabu (21/6). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Jika pelanggan tidak mengetahui nomor ID pelanggan, maka cukup tunjukkan lokasi melalui map yang disediakan. Tentukan lokasi, kemudian klik Konfirmasi.

Isikan data lokasi yang sesuai, kemudian pilih lanjutkan. Jangan lupa, lampirkan foto kendala (bila ada), dan input deskripsi laporan, lanjutkan dengan memilih Kirim Pengaduan. 

Pelanggan akan menerima Nomor Laporan dengan format yang telah ditentukan. Lalu Pilih “OK” sehingga laporan diteruskan ke pihak terkait, sementara layar gawai diteruskan ke halaman Riwayat Pengaduan. 

Nantinya, pelanggan tinggal melacak status penanganan gangguan yang dilakukan oleh petugas PLN terhadap laporan secara real time.

Mulai dari waktu laporan diterima, status petugas menuju lokasi gangguan, status pekerjaan penanganan gangguan oleh petugas hingga status permasalahan pelanggan selesai diatasi.


Pembelian token listrik 

Bagi pelanggan yang ingin menyampaikan laporan gangguan layanan kelistrikan melalui PLN Mobile, ada dua opsi. Dok PLN
PLN Mobile.

Selain pengaduan masalah listrik, aplikasi Mobile PLN juga bisa membeli token listrik.  Berikut langkah untuk menggunakan fasilitas pembelian token listrik yang ada di PLN Mobile:

1. Buka aplikasi PLN Mobile

2. Pilih fitur “Token dan Pembayaran”

3. Masukkan Nomor ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (jika belum terdaftar pada akun PLN Mobile), atau

4. Pilih ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (jika sudah terdaftar pada akun PLN Mobile).

5 Setelah pilih ID Pel/No Meter, akan tampil daftar tagihan, pilih “BELI TOKEN”

6 Pilih nominal token yang akan dibeli, pilih “LANJUTKAN PEMBAYARAN”

7 Muncul halaman pembayaran, pelanggan dapat memilih metode pembayaran dengan pilih “GANTI METODE PEMBAYARAN”. Apabila sudah memilih metode pembayaran, pilih “BAYAR”.

8 Pilih metode pembayaran

9 Akan tampil batas waktu pembayaran, selesaikan pembayaran. Apabila telah selesai, pilih “LIHAT TRANSAKSI SAYA”, akan terhubung ke halaman riwayat transaksi.

10 Tampilan Riwayat Transaksi. Pelanggan akan menerima notifikasi di gawainya.

Tak hanya itu, pelanggan juga bisa mengetahui riwayat pembelian token listrik lewat aplikasi PLN Mobile. Adapun caranya seperti berikut:

Pilih menu "Token dan Pembayaran". Informasi token listrik dan rinciannya akan ditampilkan.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya