Menko Airlangga: ESG Penting Untuk Lindungi Bisnis dan Risiko Tak Terduga

Airlangga Hartarto mengatakan, investasi terhadap bisnis yang mengadopsi langkah-langkah ESG penting dalam melindungi bisnis dari risiko yang tak terduga di masa depan.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 28 Jul 2022, 18:45 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2022, 18:45 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Gubernur Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Nobumitsu Hayashi di Hotel Imperial Tokyo, Jepang. (Dok ekon.go.id)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Gubernur Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Nobumitsu Hayashi di Hotel Imperial Tokyo, Jepang. (Dok ekon.go.id)

Liputan6.com, Jakarta - Perekonomian Indonesia mampu bertahan dan bangkit kembali meski masih dalam terpaan pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, pencapaian ini berkat kerja sama dan upaya luar biasa dari Pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia terbukti juga mampu menyentuh kisaran 5 persen pada dua triwulan terakhir.

Seluruh dunia saat ini sedang dihadapkan pada tantangan "Badai yang Sempurna" (The Perfect Storm) yang merupakan krisis multidimensi yang kompleks dan terjadi pada saat bersamaan, ungkap Menko Airlangga, ketika menyampaikan virtual keynote speech dalam Executive Seminar on Business: Optimizing ESG and Corporate Performance towards Business Sustainability, yang diadakan Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) dan Forum Ekselen Bisnis Indonesia (Febindo), Kamis (28/07).

Tantangan yang disebut sebagai 5C itu mencakup pandemi Covid-19, Conflict Rusia-Ukraina, Climate Change, Commodity Prices, dan Cost of Living.

"Tetapi kita tak boleh lengah, isu Climate Change juga membayangi Indonesia yang sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim. Untuk menghadapi risiko perubahan iklim itu, banyak perusahaan dunia yang telah merespon dengan mengumumkan komitmen net-zero atau carbon-neutral untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan berinvestasi dalam menjaga kondisi iklim," tutur Menko Airlangga.

Lebih lanjut, Menko Airlangga mengatakan, kini mulai banyak investor dan pengambil kebijakan yang menyadari pentingnya investasi terhadap bisnis yang mengadopsi langkah-langkah Environment, Social, and Governance (ESG)

Hal itu bertujuan melindungi bisnis dari risiko yang tak terduga di masa depan.

"Berbagai kajian empirik telah membuktikan bahwa implementasi ESG berkorelasi positif terhadap kinerja keuangan perusahaan. Perusahan dengan penerapan ESG kuat akan lebih mudah memasuki pasar baru dan memperluas operasi, karena lebih banyak negara yang memudahkan penerbitan izin bagi perusahaan semacam itu," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Investasi Bertema ESG-SDG Terus Meningkat

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) Pembahasan Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Ternak yang diadakan hari Rabu (29/6/2022). (Dok Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) Pembahasan Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Ternak yang diadakan hari Rabu (29/6/2022). (Dok Kemenko Perekonomian)

Menko Airlangga melanjutkan, bisnis dengan tata kelola yang baik (good governance) juga akan mampu menghadapi berbagai tekanan dari regulator, para aktivis lingkungan, serikat pekerja, dan sebagainya.

Disamping itu, konsumen juga lebih menyukai merek produk yang menjunjung nilai-nilai yang baik dan ramah lingkungan.

Sebagai informasi, investasi bertema ESG atau SDG telah mengalami tren peningkatan seiring semakin pedulinya investor terhadap isu-isu keberlanjutan.

Pada tahun 2016, Bursa Efek Indonesia mencatat hanya 1 produk ESG di pasar modal, sementara di tahun 2021 jumlahnya meningkat drastis menjadi 15 produk dengan nilai Rp. 3,45 triliun.

Adapun SDG Bond perdana yang diterbitkan Pemerintah pada 2021 lalu dan juga obligasi bertema SDG senilai total Rp35,2 triliun.

Masuknya topik Transisi Energi sebagai salah satu isu prioritas Presidensi G20 Indonesia juga membuktikan komitmen Pemerintah dalam agenda pembangunan berkelanjutan.

Presidensi G20 kali ini telah menghasilkan salah satu concrete deliverables dengan diluncurkannya Country Platform untuk Mekanisme Transisi Energi bersama ADB dan PT SMI.

Platform ini menjadi kerangka yang menyediakan pembiayaan transisi energi dengan memobilisasi dana dari publik dan swasta secara berkelanjutan, serta dapat diadopsi di negara lain sesuai kebutuhannya.

"Menghadapi berbagai tantangan dunia, serta di tengah upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, dibutuhkan sinergi dan kerja sama erat antara Pemerintah dengan dunia usaha. Pemerintah Indonesia siap menerapkan prinsip-prinsip ESG untuk mendukung infras"truktur berkelanjutan dan tangguh, namun dibutuhkan pula peranan sektor swasta dalam mengadaptasi standar-standar kualitas SDG, tutup Menko Airlangga. 


Ekonomi RI Masih Tumbuh 5 Persen, Menko Airlangga: Harus Bersyukur

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Rapat Koordinasi terkait Evaluasi Pelaksanaan Penyaluran KUR pada Semester I tahun 2022

Saat ini, dunia masih dihadapkan dengan sejumlah tantangan yang dikenal dengan The Perfect Storm atau 5C : diantaranya Covid-19, conflict in Ukraina (konflik Rusia-Ukraina) Climate Change (Perubahan Iklim), Commodity Price (kenaikan harga komoditas), dan masalah cost of living (biaya hidup) yang mendorong inflasi.

Menteri Koordinator Bidang Perekomonian Airlangga Hartarto dengan optimis menyampaikan, Indonesia merupakan bangsa yang tangguh, yang senantiasa bangkit dan bekerja di tengah berbagai krisis, dan berbagai tantangan ekonomi yang terjadi.

"Meski tidak mudah, kita patut bersyukur bahwa ekonomi Indonesia mampu bertahan dan bangkit. Pada dua triwulan terakhir ekonomi kita tumbuh di atas 5 persen," kata Airlangga dalam acara Tanoto Scholars Gathering 2022 pada Kamis (28/7/2022).

Angka pertumbuhan ekonomi ini pun diyakini bisa dipertahankan di kuartal ketiga dan keempat.

"Ini membawa optimisme terhadap pemulihan ekonomi ke depan," ucap Menko Airlangga.

Terkait dengan transformasi digital, Menko Airlangga mengungkapkan, di sekitar tahun 2030 Indonesia akan memperoleh bonus demografi dimana 64 persen dari total penduduk produktif.

"Oleh karena ini pertumbuhan harus terus digenjot, salah satunya melalui ekonomi digital yang diproyeksikan mencapai 323 billion USD di tahun 2030," ungkapnya.

Sementara dalam menyiapkan generasi muda untuk bekerja di industri 4.0, Pemerintah terus mendukung dengan mengeluarkan berbagai program salah satunya adalah program live learning melalui Program Kartu Prakerja, dimana pesertanya telah melampaui 12,8 juta.

"Hampir seluruh (peserta program live learning Kartu Prakerja) adalah anak-anak muda," beber Menko Airlangga.

 

Infografis IMF Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik
Infografis IMF Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya