4 Fakta JIS Tak Sesuai Standar FIFA

Jakarta International Stadium (JIS) menjadi salah satu opsi stadion Piala Dunia U-17. Hanya saja, pemerintah akan melakukan sejumlah perbaikan mengingat belum sesuai standar FIFA.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 05 Jul 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2023, 10:00 WIB
Jakarta International Stadium (JIS) menyambut Piala Dunia U-17 2023
Jakarta International Stadium (JIS) menjadi salah satu opsi stadion Piala Dunia U-17. Hanya saja, pemerintah akan melakukan sejumlah perbaikan mengingat belum sesuai standar FIFA.. (Bola.com/Hery Kurniawan)

Liputan6.com, Jakarta Jakarta International Stadium (JIS) menjadi salah satu opsi stadion Piala Dunia U-17. Presiden Jokowi memerintahkan agar Jakarta Internasional Stadium (JIS) untuk direnovasi sesuai standar.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan, ada beberapa catatan terkait kondisi JIS apakah layak digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17. 

"Memang beberapa catatan buat Jakarta International Stadium (JIS) itu terkait pintu ya, akses pintu, parkir, dan apa saya lupa. Ini rencana saya akan mengunjungi JIS dalam waktu dekat ini," kata Dito.

"Karena memang Bapak Presiden juga menginginkan JIS direnovasi sesuai standar," sambungnya. 

Kendati demikian, dia belum bisa memastikan apakah JIS akan digunakan untuk Pildun U-17. Sebab, Indonesia memiliki 22 Stadion untuk digunakan. 

Untuk memastikan ini Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Ketua Umum PSSI sekaligus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah mengunjungi JIS. 

Hasilnya, memang JIS tak sesuai standar FIFA. Berikut fata-fata yang dirangkum Liputan6.com mengenai JIS yang tak sesuai standar FIFA:

1. Akses Stadion

Menteri PUPR Basuki Hadjimuljono mengatakan JIS saat ini hanya ada satu. Basuki menyebut kondisi itu berbahaya dan akan ditambah jadi lima akses, termasuk jembatan penyeberangan.

"Akses ke stadion yang ada existing sekarang hanya ada satu. Menurut saya ini bahaya, apalagi di lingkungan penduduk," katanya.

2. Rumput Stadion

Menteri PUPR menyebut rumput di JIS tak sesuai standar FIFA. Semua rumput tersebut akan diganti untuk gelaran Piala Dunia U-17 2023. Total anggaran yang dibutuhkan untuk mengganti rumput ini kira-kira Rp 6 miliar.

3. Akses Masuk Pemain

Selanjutnya, akses masuk ke JIS untuk bus pemain dan ofisial tim sepak bola terlalu kecil. Untuk itu, ada pintu yang akan dibongkar dan dilebarkan agar bus besar bisa masuk ke dalam Jakarta Internasional Stadium. Akses bus pemain ini jadi salah satu yang disorot pertama kali.

4. Lahan Parkir Tak Memadahi

Dengan kemegahannya, JIS ternyata memiliki lahan parkir yang tidak sesuai standar. Terlalu kecil. Untuk itulah, pengadaan lahan parkir ini juga menjadi fokus pemerintah.

DKI Jakarta akan menyediakan lahan parkir seluas 5.000 meter di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Lahan ini disediakan lantaran Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) akan mengecek kelayakan JIS sebagai lokasi Piala Dunia U-17.

"Di ujung timur itu sekitar 5.000 meter persegi kita manfaatkan untuk parkir melalui pola kerja sama," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi di Jakarta.


Rumput Stadion JIS Bakal Diganti, Anggaran Capai Rp6 Miliar

Lapangan sepak bola Jakarta Internasional Stadium (JIS) tidak sesuai standar FIFA.
Lapangan sepak bola Jakarta Internasional Stadium (JIS) tidak sesuai standar FIFA.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, butuh dana Rp6 miliar untuk mengganti total rumput Jakarta International Stadium (JIS) agar sesuai dengan standar FIFA.

"Ini kita kerjakan keroyokan. Mulai rumput butuh Rp6 miliar 1 lapangan (JIS) dari PU," kata Basuki ditemui usai meninjau JIS, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023).

Menurut Basuki, setelah dilakukan evaluasi oleh Chairman Karya Rama Prima (KaErpe) Qamal Mustaqim yang juga pernah menjadi pihak yang memasang rumput untuk Stadion Gelora Bung Karno (GBK), rumput JIS memang tak sesuai standar FIFA untuk menghelat Piala Dunia U-17.

"Kondisi rumput sekarang menurut evaluasi ahlinya, yang juga mengevaluasi 22 stadion termasuk yg memasang rumput GBK untuk Asian Games, jelas tidak masuk dalma standar FIFA kalau dengan kondisi sekarang," jelas Basuki.

Diketahui, Indonesia ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang. Indonesia menggantikan posisi Peru yang dicoret FIFA sebagai tuan rumah.


Renovasi 22 Stadion di Indonesia

Stadion JIS
Renovsi tersebut ditargetkan rampung dalam tiga bulan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Basuki mengungkapkan, selain JIS sebanyak 22 stadion lainnya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Oleh sebab itu, selain JIS pemerintah juga bakal merenovasi 22 stadion lainnya agar sesuai standar FIFA yang nantinya juga bakal digunakan untuk liga 1 dan 2 tim nasional Indonesia.

"Ini lah 22 stadion kita lakukan (renovasi) dan Alhamdulillah hari ini mudah mudahan ada solusi supaya JIS jadi salah satu, stadion yang diusulkan ke FIFA untuk kejuaraan dunia U-17," kata Basuki.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya