Mentan SYL Minta Daerah Perkuat Lumbung Pangan, Caranya Lakukan Penanaman 1000 Hektar

Kementan mendorong pemerintah daerah segera memperkuat Gudang-gudang lumbung pangannya sebagai tempat penyimpanan hasil panen petani.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 13 Jul 2023, 10:45 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2023, 10:45 WIB
Mentan SYL Minta Daerah Perkuat Lumbung Pangan, Caranya Lakukan Penanaman 1000 Hektar
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat membuka Musrenbangtannas 2023, Rabu, 12 Juli 2023.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memenuhi kebutuhan jangka panjang masyarakat Indonesia, Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong pemerintah daerah segera memperkuat Gudang-gudang lumbung pangannya sebagai tempat penyimpanan hasil panen petani. Salah satu cara penguatan yang bisa dilakukan adalah dengan penanaman 1000 hektar di setiap daerah.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta setiap setiap kabupaten provinsi harus mempersiapkan pangan dalam kondisi apapun termasuk cuaca buruk el nino.

"Karena itu tanam 1000 hektar untuk memperkuat lumbung pangan di masing-masing daerah," ujar Mentan SYL saat membuka Musrenbangtannas 2023, Rabu, 12 Juli 2023.

Penanaman 1000 hektar adalah strategi pemerintah dalam menjaga dan meningkatkan produktivitas. Selain itu penanaman 1000 hektar juga bisa menambah pendapatan petani dalam mengolah hasil produksinya.

"Tahun ini seperti juga perintah Bapak Presiden kita jaga dan tingkatkan produksi nasional. Alhamdulillah dari apa yang kita validasi 12 komoditas strategis kita aman. Meski demikian kita tidak boleh lengah karena el nino bisa saja berlangsung lama," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Minta Pemda Gulirkan Brigade Alsintan

Mentan Dorong Petani Manfaatkan Taksi Alsintan
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo membuka penyelenggaraan musyawarah perencanaan pembangunan pertanian (Musrenbangtan) nasional 2023.

Mentan mengatakan pemerintah juga terus melakukan intervensi terhadap zona merah atau wilayah kering parah agar segera memompa sumber air yang masih tersedia. Oleh karena itu, Pemda juga diharapkan segera menggulirkan Brigade Alsintan dalam mempercepat produksi melalui skema pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Gunakan KUR untuk mempercepatnya. Sejauh ini kita sudah punya peta bersama bahwa daerah hijau itu berarti daerah yang masih punya air, daerah kuning adalah daerah yang pas-pasan dan daerah merah adalah wilayah kering parah," katanya.

Kita harus intervensi dengan menggulirkan alsintan dan harus memperbaiki irigasi," tambahnya.

Sebagai informasi, Musrenbangtan merupakan upaya Kementan dalam meningkatkan kinerja sektor pertanian serta melakukan antisipasi dampak perubahan iklim dan krisis pangan melalui penyesuaian dan penajaman program/kegiatan yang akan dilakukan bersama pemerintah daerah.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya