BUMN Garap Banyak Proyek, Erick Thohir: Itu Penugasan

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap alasan perusahaan pelat merah banyak menggarap proyek di Indonesia, mulai dari sektor kesehatan, hingga olahraga. Menurutnya, itu sebagai bentuk penugasan dari pemerintah.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 13 Jul 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2023, 18:00 WIB
FOTO Konferensi Pers PSSI Perihal Piala Dunia U-17 2023
Ketua PSSI, Erick Thohir saat memimpin konferensi pers terkait penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, Sabtu (24/6/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap alasan perusahaan pelat merah banyak menggarap proyek di Indonesia, mulai dari sektor kesehatan, hingga olahraga. Menurutnya, itu sebagai bentuk penugasan dari pemerinrah.

"Kadang-kadang konotasi ini kok BUMN dimana-mana, ya memang dimana-mana, tetapi ktia melakukan ini sesuai dengan tupoksi dan penugasan," ujar dia di Kementerian BUMN, Kamis (13/7/2023).

Misalnya, yang menjadi contoh adalah saat pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, dimana dibutuhkan sejumlah vaksin sebagai penangkal. Menurut Erick, BUMN turut berperan untuk mendatangkan vaksin tersebut.

Di sisi lain, BUMN juga kerap terlibat dalam ajang olahraga. Sebut saja, penguatan infrastruktur di Mandalika, seperti MotoGP dan banyak ajang lainnya.

"Nah, lalu kadang-kadang dengan isu-isu olahraga, ini kok jadi Menpora, ya enggak, kebetulan ada penugasan. Kita itu mengandangi 17 penugasan untuk membina cabang olahraga dan kalau kita lihat sekarah grafik daripada olahraga iru menungkat karena ada dana," ungkapnya.

BUMN juga terlibat dalam membangun Pertamina Mandalikan International Circuit sebagai bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang digadang menjadi ekosistem pariwisata di Nusa Tenggara Barat.

"Ketika saya ditugaskan oleh bapak Presiden (Jokowi) saya langsung telpon pak Gub (Gubernur NTB) waktu itu, bahwa ini MotoGP harus segera dibangun sirkuitnya, jadi pak Gub ingat waktu itu belum ada sirkuit, yang akhirnya karena penugasan ya saya menginstruksikan PP (PT Pembangunan Perumahan/PP) waktu itu untuk membangun sirkuit," jelasnya.

"Sampai standardisasi aspalnya 3 kali bongkar, karena tadi, inginnya standar tinggi gitu. Jadi bukan hal mudah. Tetapi begitu ya kadang-kadang perlu diingatkan konteks keberadaan ini semua pasti ada hitungannya," sambung dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mandalika Jadi Tuan Rumah MotoGP

Foto: Bukan Hanya Jadi Arena MotoGP, Sirkuit Mandalika Juga Layak untuk Menggelar Event Balapan Lain
Indonesia akhirnya berkesempatan menjadi tuan rumah satu di antara rangkaian MotoGP 2022, tepatnya di Sirkuit Mandalika. (AFP/Bay Ismoyo)

Diberitakan sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir memastikan gelaran MotoGP bakal kembali digelar di Pertamina Mandalika International Circuit. Menurut dia, pelaksanaan ini menjadi momen penting bagi ekosistem pariwisata Indonesia, termasuk Mandalika.

Selain MotoGP, ajang balap motor tingkat Asia juga bakal digelar. Yakni, Asia Road Racing Championship (ARRC). Erick memandang kedua ajang bergengsi ini bisa memperkuat posisi Sirkuit Mandalika.

“Pertemuan hari ini menjadi momen penting dalam rangka memperkenalkan dan mengumumkan persiapan kejuaraan balap motor paling bergengsi di Asia dan dunia. Tahun ini, event Asia Road Racing Championship (ARRC) dan MotoGPTM 2023 diharapkan akan menjadi musim yang penuh dengan aksi balap menegangkan, dan pencapaian gemilang dari para pembalap terbaik Asia dan dunia," ujar Erick di Kementerian BUMN, Kamis (13/7/2023).

Erick menambahkan, tujuan utama dari event internasional ini dalam rangka penguatan ekosistem pariwisata demi percepatan pemulihan ekonomi nasional. Khususnya untuk kawasan Mandalika sebagai salah satu 5 destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

 


ARRC dan MotoGP

Sirkuit Mandalika
Suasana di tribun penonton sirkuit Mandalika yang mulai ramai pada hari race 2, Minggu (13/11/2022) (Liputan6.com/Marco Tampubolon)

Informasi, Asia Road Racing Championship (ARRC) Round ke 4 akan diselenggarakan pada tanggal 11-13 Agustus 2023 dan MotoGP Round ke 15 akan diselenggarakan pada tanggal 13-15 Oktober 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit. ARRC adalah ajang balap motor sport di level ASIA - PASIFIK yang hampir 20 persen total pembalapnya adalah pembalap Indonesia.

Sementara, MotoGP adalah balap motor internasional yang memiliki fanbase balap motor terbesar di dunia, dan perhelatan MotoGP seri ke 15 tahun ini menjadi event yang diselenggarakan untuk kedua kalinya di Pertamina Mandalika International Circuit.

Ditempat yang sama, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengatakan, adanya gelaran internasional ini menjadi tanggung jawab besar bagi Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung, InJourney.

“Penugasan kepada MGPA di bawah naungan dan pengawasan ITDC & InJourney sebagai penyelenggara event ARRC dan juga MotoGP merupakan suatu kebanggaan sekaligus sebuah tanggung jawab besar yang akan dilakukan semaksimal mungkin sehingga dapat berjalan dengan sukses," harapnya.

 


Harga Tiket

Race 1 WSBK Mandalika 2023
Jalannya start Race 1 WSBK Mandalika 2023 hari Sabtu (04/03/2023). (Twitter/World Superbike)

Sejalan dengan itu, tiket untuk kedua ajang balap motor bergengsi itu akan dibuka mulai 17 Juli 2023. Untuk event ARRC 2023, terdapat beberapa kategori tiket yang tersedia. Tiket kategori festival dengan harga Rp75.000, Premium Grandstand A dan B Rp100.000, Deluxe Class Rp2.000.000, dan Premiere Class Rp2.500.000.

Sementara itu, tiket perhelatan MotoGP 2023, terdapat beberapa kategori tiket yaitu general admission, regular grandstand, premium grandstand, premiere class, dan deluxe class. Tiket Weekend Pass (Jumat, Sabtu, Minggu) dimulai dengan harga Rp700.000 - Rp2.300.000, Daily Pass (Sabtu) dengan harga Rp250.000 - Rp1.000.000, Daily Pass (Minggu) dengan harga Rp500.000 - Rp1.500.000. Untuk tiket Premiere Class dengan harga Rp20.000.000 dan Deluxe Class Rp 15.000.000.

Pembelian tiket event ARRC dan MotoGp 2023, masyarakat dapat mengakses situs resmi https://www.themandalikagp.com atau platform pembeliaan tiket seperti MyPertamina, LivinbyMandiri, Tiketapasaja.com, Tiket.com, Mytours, Bookmyshow, Platinum Group.

“Penyelenggaraan event ARRC dan MotoGPTM 2023, menjadi komitmen ITDC dan MGPA selaku pengelola Pertamina Mandalika International Circuit untuk mempromosikan pariwisata Indonesia khususnya kawasan The Mandalika kepada pasar internasional. Event balap motor internasional ini menjadi wadah memperkenalkan keindahan alam, budaya, dan keramahan masyarakat Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), serta sebagai magnet bagi investor lokal maupun internasional untuk berinvestasi di kawasan The Mandalika," ungkap Direktur Utama ITDC Ari Respati.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya