Menteri ESDM Minta Ada Inovasi di Sektor Geologi

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar kegiatan tahunan Kolokium dan Diseminasi Informasi Geologi 2023.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 07 Des 2023, 14:10 WIB
Diterbitkan 07 Des 2023, 14:10 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan jika langkah Indonesia melarang ekspor barang mentah seperti mineral akan ditiru negara lain, yakni Filipina.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan jika langkah Indonesia melarang ekspor barang mentah seperti mineral akan ditiru negara lain, yakni Filipina.

Liputan6.com, Jakarta Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar kegiatan tahunan Kolokium dan Diseminasi Informasi Geologi 2023. Kegiatan tersebut akan dilangsungkan selama dua hari, yaitu pada 7-8 Desember 2023.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, kegiatan ini merupakan acara yang sangat berharga untuk mejelajahi dan mendalami isu-isu kegeologian.

“Saya berharap bahwa dari acara ini akan muncul pengetahuan dan gagasan-gagasan inovatif, meningkatkan efisiensi pengelolaan, geo-resources, geo-hazard, geo-environtment dan geo-information,” ujar Menteri Arifin Tasrif dalam sambutannya di Kolokium dan Diseminasi Informasi Geologi, Jakarta Barat pada Kamis (7/11/2023).

Badan Geologi mengungkapkan, Kolokium dan Diseminasi Informasi Geologi 2023 mengundang sekitar 400 peserta yang terdiri atas perwakilan dari pemangku kepentingan dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi, asosiasi profesi dan pelaku usaha.

Layanan Masyarakat

Bersamaan acara tersebut, Badan Geologi Kementerian ESDM juga meluncurkan produk layanan masyarakat, yaitu Portal air tanah, Portal MBG, Portal Geolindo - GRANITe, GeoHeritage dan GeoMigas, Katalog Tsunami, Peta sumberdaya Mineral Kelautan dan terakhir Atlas Vs30.

Dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional, Badan Geologi berkontribusi terutama di bagian hulu yang meliputi kebencanaan geologi (geo-hazards) seperti gempa bumi, tsunami, letusan gunung api, tanah longsor, banjir, amblesan tanah.

Adapun potensi sumber daya geologi (geo-resources) seperti mineral, batubara, air tanah, migas dan panas bumi, geologi teknik, geologi lingkungan (geo-enviromental) seperti rekomendasi kawasan kars dan penetapan warisan geologi; serta pengelolaan data kegeologian (geoi-information).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menteri ESDM Dukung 2 Proyek Migas Jadi PSN, Buat Suplai Pabrik Pupuk

Bersama Menteri ESDM, DPR Bahas Pasokan Batu Bara untuk PLN
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif menyampaikan paparannya saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/8/2022). Rapat membahas progres realisasi entitas khusus batu bara serta strategi dan kebijakan pemenuhan Domestic Market Obligation (DMO) batu bara untuk PT PLN (Persero). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mendukung dua proyek minyak dan gas atau migas jadi proyek strategis nasional (PSN), yakni Asap Kido Merah (AKM) di Papua dan Geng North di Kalimantan.

Arifin menilai, kedua proyek migas raksasa ini bakal jadi supplier penting produk gas alam cair untuk sektor industri dalam negeri. Menurutnya, total ada 5 kilang gas yang punya peranan penting.

Jokowi sendiri belum lama ini telah meresmikan kilang gas Tangguh Train 3 senilai Rp 72,45 triliun di Teluk Bintuni, Papua Barat.

"Prinsipnya kita mendukung ya (AKM dan Geng North jadi PSN), karena ini strategis sekali buat kita. Nanti itu train LNG bisa jalan sampai 5. AKM ini kan strategis, karena untuk dukungan gas buat pabrik pupuk, untuk dukung pangan," ujar Arifin di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (1/12/2023).

 


Usulan SKK Migas

Hadapi Cuaca Ekstrim, Ditjen Migas Minta Badan Usaha Susun Upaya Mitigasi
Minyak dan Gas Bumi

Untuk diketahui, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) telah mengusulkan Asap Kido Merah dan Geng North jadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan AKM sendiri sudah menjadi proyek strategis sektor hulu migas. Proyek yang dioperatori oleh Gentinf Oil Kasuri Pte Ltd ini dibidik onstream pada kuartal IV-2025 mendatang.

"Ini sedang kita usulkan untuk menjadi proyek strategis nasional," kata Dwi dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya