Pertamina Patra Niaga Terjun Langsung Bantu Warga Terdampak Kebocoran Pipa Terminal BBM Tuban

Pertamina Patra Niaga mengimbau kepada masyarakat di sekitar area Terminal BBM untuk tidak merokok maupun menyalakan api, hingga kondisi dinyatakan sepenuhnya aman.

oleh Arthur Gideon diperbarui 10 Jun 2024, 15:20 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2024, 15:20 WIB
Tim Pertamina Patra Niaga bersama lembaga dan instansi terkait siaga mendampingi dan mendata para pengungsi yang terdampak kebocoran pipa Terminal BBM Tuban yang terjadi pada pukul 02.00 WIB dini hari Senin (10/6/2024). (Dok Pertamina)
Tim Pertamina Patra Niaga bersama lembaga dan instansi terkait siaga mendampingi dan mendata para pengungsi yang terdampak kebocoran pipa Terminal BBM Tuban yang terjadi pada pukul 02.00 WIB dini hari Senin (10/6/2024). (Dok Pertamina)

Liputan6.com, Jakarta - Telah terjadi kebocoran pipa di Terminal BBM Tuban yang dikelola oleh PT Pertamina Patra Niaga. Kebocorna ini diketahui terjadi pada Senin (10/6/2024), pukul 02.00 WIB. PT Pertamina Patra Niaga pun langsung bergerak cepat melakukan pengamanan termasuk membantu warga terdampak. 

Tim Terminal BBM Tuban bersama lembaga dan instansi terkait tengah siaga mendampingi dan mendata para pengungsi yang sebagian besar merupakan warga Desa Tasikharjo, Kabupaten Tuban. Warga terdampak ini tengah mengungsi di Posko BPBD sejak Senin pagi.

Area Manager Communication, Relation & CSR Jatimbalinus Pertamina Patra Niaga Ahad Rahedi menyatakan, perusahaan terus berkoordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), BPBD, serta lembaga dan instansi terkait lainnya di Tuban untuk memastikan warga yang harus mengungsi dalam kondisi aman.

“Saat ini tim terus mendampingi warga di posko pengungsian BPBD. Kami memastikan kondisi dan kebutuhan warga di posko tersebut aman,” ungkap Ahad dalam keterangan tertulis, Senin (10/6/2024).

Para warga terdampak juga mendapatkan pengecekan medis di posko. Kebutuhan untuk konsumsi warga yang mengungsi di posko juga terjamin.

“Bersama dengan tim dari Puskesmas Jenu kami melakukan pengecekan medis bagi masyarakat di Posko, dan juga menyiapkan kebutuhan konsumsi untuk warga,” tutur Ahad.

Untuk keselamatan, Pertamina Patra Niaga mengimbau kepada masyarakat di sekitar area Terminal BBM untuk tidak merokok maupun menyalakan api, hingga kondisi dinyatakan sepenuhnya aman.

Pertamina Patra Niaga juga memastikan penyaluran BBM ke masyarakat Tuban dan sekitarnya tetap berjalan normal dan stok dipastikan aman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pipa BBM di Tuban Bocor, Pertamina Pastikan Kondisi Aman

Pertamina memastikan pasokan BBM aman usai Gempa Tuban. (Istimewa)
Pertamina memastikan pasokan BBM aman usai Gempa Tuban. (Istimewa)

PT Pertamina Patra Niaga melalui Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Tuban gerak cepat menangani kebocoran pipa yang terjadi pada pukul 02.00 WIB dini hari Senin (10/6). Langkah pertama yang dilakukan adalah memastikan dinding pengamanan mampu memagari agar rembesan tidak meluber (auto protection).

Selain itu penanganan dilakukan dengan mengerahkan vacuum truk (penyedot minyak) dan oil absorbant (penyerap minyak) agar minyak yang keluar segera tertangani. Produk yang mengalami kebocoran di pipa BBM tersebut adalah BBM jenis Pertamax.

Sebagai antisipasi keselamatan warga, Pertamina segera melakukan evakuasi warga desa Tasikharjo yang berada di sekitar area kebocoran. Meskipun pemukiman warga berada di jarak yang cukup jauh dari Terminal BBM Tuban.

Area Manager Communication, Relation & CSR Jatimbalinus Ahad Rahedi menyatakan bahwa kondisi sudah berangsur membaik dan penyebab kebocoran masih dalam investigasi.


Penyaluran BBM Normal

"Kondisi sudah berangsur membaik dan sebagian warga sudah kembali ke rumah. Penyaluran BBM ke masyarakat Tuban dan sekitarnya tetap berjalan normal dan stok dipastikan aman. Kami juga terus berkoordinasi dengan Forkopimda, BPBD serta lembaga dan instansi terkait lainnya di Tuban," jelas Ahad.

Untuk keselamatan, PertaminaTerm Patra Niaga menghimbau kepada masyarakat di sekitar area Terminal BBM untuk tidak merokok maupun menyalakan api, hingga kondisi dinyatakan sepenuhnya aman. 

Infografis Kebakaran Kilang Pertamina Balongan Indramayu
Infografis Kebakaran Kilang Pertamina Balongan Indramayu
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya