Growpreneur by BRI: Langkah Jadikan UMKM Naik Kelas dan Berdaya

Growpreneur by BRI merupakan program aktivasi pemberdayaan UMKM yang menyediakan wadah berkumpulnya komunitas UMKM BRI dengan berbagai aktivasi agar dapat meningkatkan kapasitas UMKM hingga go internasional.

oleh stella maris diperbarui 10 Jun 2024, 16:23 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2024, 16:16 WIB
Ilustrasi salah satu UMKM yang hadir di acara International Handicraft Trade Fair at Jakarta Convention Center
Ilustrasi salah satu UMKM yang hadir di acara International Handicraft Trade Fair at Jakarta Convention Center/Shutterstock-Gerdie Hutomo.

Liputan6.com, Jakarta Dalam era yang dipenuhi dengan dinamika bisnis yang cepat berubah, kewirausahaan telah menjadi salah satu pilar utama dalam memajukan perekonomian suatu negara. Di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta mendorong pertumbuhan ekonomi secara inklusif. 

Namun, tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka tidaklah sedikit. Dalam menyikapi tantangan itu, Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah meluncurkan inisiatif yang menarik, yaitu program Growpreneur by BRI. 

Growpreneur by BRI merupakan program aktivasi pemberdayaan UMKM yang menyediakan wadah berkumpulnya komunitas UMKM BRI dengan berbagai aktivasi agar dapat meningkatkan kapasitas UMKM hingga go internasional.

Selain itu, program aktivasi itu juga memiliki tujuan sebagai sarana pendukung agar UMKM naik kelas dapat menginspirasi, berinovasi, dan menghubungkan jaringan antara UMKM.

Terdapat tiga pilar yang mendasari Growpreneur by BRI, yakni kreativitas, kolaboasi, dan katalisator. Selain itu, terdapat pula beberapa program Growpreneur by BRI yang dijalankan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Program Growpreneur by BRI

Program Growpreneur by BRI adalah sebuah kolaborasi melahirkan ekosistem inklusif bagi para pelaku UMKM lokal untuk tumbuh, berkembang dan memiliki kontribusi terhadap ekonomi nasional dan global. Hal itu pun akan difasilitasi melalui berbagai program pendampingan reguler, program komunitas, dan mini inkubasi.

Terdapat beberapa program Growpreneur by BRI yang dilakukan guna mencapai tujuan tersebut, yakni Sunset Talk yang merupakan sesi Un-Conference di mana salah satu member coworking dapat memberikan presentasi mini mengenai aktivitas bisnis yang dilaksanakan pada sore hari agar peserta mendapatkan ilmu dengan suasana yang mendukung munculnya kreativitas.

Selain itu, ada juga Tahu Tech yang merupakan sesi inklusif untuk mendorong inovasi teknologi di Bisnis UKM dengan didukung penyedia solusi teknologi terdepan di industri. Ada pula Growpreneur Talks yang merupakan sesi pemaparan materi oleh guest speaker sehingga dapat memberikan inspirasi pada UMKM.

Tak hanya itu, program Cuan 101 juga dihadirkan untuk membahas tentang bagaimana menyeimbangkan profitabilitas perusahaan dengan dampak sosial yang diakhiri dengan sesi networking & matching session dengan berbagai kemitraan pendukung seperti pendanaan, reseller, vendor, hingga supplier.

Program lainnya adalah Growpreneur Market Pasar lokal kreatif yang hadir setiap weekend dan mengundang top 10 SME's pilihan untuk bertransaksi menggunakan berbagai sarana dari Bank BRI.

Terakhir, terdapat Inkubasi Pelatihan pendampingan selama tiga bulan untuk menciptakan UKM yang siap bersaing di ekspor dan impor dan akan dikemas dalam industri yang tematik dengan pilar 4 sektor industri kreatif (UMKM) prioritas seperti fesyen, kuliner, kriya, skin care.

 


Program People Growpreneur by BRI

Dengan adanya berbagai program Growpreneur by BRI, performa member dan komunitas meningkat melalui program dan fasilitas yang ada di coworking space. Guna semakin meningkatkan kualitas member atau customer di Growpreneur by BRI, terdapat beberapa program lainnya yang dijalankan.

Program yang dijalankan itu seperti UMKM Kreatif yang dimana calon member atau customer dan sudah memiliki usaha berjalan akan dimasukkan ke dalam rangkaian pemberdayaan UMKM Naik Kelas dari growpreneur by BRI.

Selain itu, para pelaku UMKM lainnya juga ditunjang oleh program yang mengundang Startup Digital yang sangat berguna untuk menjembatani UMKM naik kelas melalui berbagai produk dan jasa yang dikelola guna transformasi digital. Hal ini juga sejalan mendukung journey pemberdayaan UMKM BRI pada sisi go digital dan go online. 

Terakhir, terdapat program Komunitas yang di mana sebuah kerja kolektif untuk mendukung ekosistem kreatif lintas sektor yang dapat membantu UMKM untuk berjejaring dan mengembangkan ide pengembangan inovasi produk atau jasa.

 


Gerakan untuk UMKM Naik Kelas dan Berdaya

Dengan berbagai program yang dijalankan, Growpreneur by BRI bukan hanya sekadar program bantuan, tetapi sebuah gerakan untuk membawa UMKM Indonesia menuju puncak kesuksesan atau naik kelas dan berdaya. 

Dengan pendekatan yang komprehensif dan berkelanjutan tersebut, Growpreneur by BRI pun dapat membuktikan diri sebagai salah satu inisiatif yang efektif dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM di Indonesia. 

Melalui kolaborasi antara sektor publik dan swasta, masyarakat dan seluruh stakeholders dapat melihat masa depan yang cerah bagi UMKM Indonesia, di mana mereka menjadi pilar utama dalam memajukan ekonomi negara ini.

Nah, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kamu bisa ikuti Instagram Growpreneur by BRI. Ikuti juga akun Instagram resmi @bankbri_id untuk beragam informasi terbaru dari BRI. 

 

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya