Hasil Copa America 2024: Vinicius Junior Brace, Brasil Gilas Paraguay dan Jaga Asa ke Perempat Final

Timnas Brasil sukses menjaga asa melaju ke perempat final Copa America 2024 setelah menghajar Paraguay dengan 4-1 dalam matchday kedua Grup D di Allegiant Sadium, Las Vegas, pada Sabtu (29/6/2024) pagi WIB. Vinicius Junior jadi bintang kemenangan timnya lantaran mampu mencetak brace di laga tersebut.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 29 Jun 2024, 10:06 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2024, 09:58 WIB
Copa America 2024 Paraguay vs Brasil
Pemain Brasil Vinicius Junior melakukan selebrasi bersama rekan setimnya Savinho setelah mencetak gol ketiga Selecao dalam pertandingan Grup D Copa America 2024 melawan Paraguay di Allegiant Stadium, Las Vegas, pada Sabtu (29/6/2024) pagi WIB. Brace Vinicius Junior mengantar Brasil menghajar Paraguay dengan 4-1 di laga tersebut. (Kevork Djansezian/Getty Images/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Brasil sukses menjaga asa melaju ke perempat final Copa America 2024, setelah sebelumnya cuma mampu bermain imbang tanpa gol di matchday perdana grup D melawan Kosta Rika beberapa waktu lalu.

Anak-anak asuh Dorival Junior kali ini mendulang poin penuh berkat keunggulan telak 4-1 kala bersua dengan Paraguay dalam laga kedua di Allegiant Sadium, Las Vegas, pada Sabtu (29/6/2024) pagi WIB.

Adalah bintang Real Madrid Vinicius Junior yang jadi bintang kemenangan timnya dalam pertandingan tersebut. Pemuda berusia 23 tahun mencetak brace yang dilengkapi gol Savio serta penalti Lucas Paqueta, untuk mengantar Selecao mengumpulkan 4 poin di klasemen sementara grup D.

Menilik jalannya laga, kedua tim sempat diliputi kebuntuan di permulaan babak pertama. Tak ada gol yang mampu diciptakan selama 15 menit awal perandingan.

Paraguay memperoleh kesempatan untuk menjebol gawang Brasil lewat aksi Damian Bobadilla. Namun, keuntungan bagi Tim Samba lantaran si kulit bundar mampu ditanduk oleh Eder Militao sebelum bersarang di gawang Alisson Becker.

Brasil gantian mendapat peluang terbaik untuk membuka keunggulan pada menit 30. Wasit memberi hadiah tendangan penalti setelah pemain Paraguay kedapatan melakukan handball di kotak terlarang.

Malang, kesempatan besar itu gagal membuahkan angka pertama bagi Selecao. Lucas Paqueta yang ditunjuk sebagai eksekutor tak mampu menunaikan tugasnya sesuai harapan, dengan bola malah melebar begitu jauh di sisi kiri jaring lawan.

Brasil baru bisa membayar kegagalan penaltinya lewat aksi Vinicius Junior pada menit 35. Bintang Real Madrid bergerak cerdik menembus lini pertahanan Paraguay, sebelum menembakkan bola ke gawang melewati kiper Rodrigo Morinigo. Kedudukan sementara berubah menjadi 1-0.

Selecao ogah mengendurkan serangan meski telah unggul satu angka atas lawannya. Baru 8 menit berselang, gol kedua sudah berhasil diciptakan oleh anak-anak asuh Dorival Junior

Berawal dari tembakan Rodrygo, si kulit bundar ditepis Morinigo yang menghasilkan bola muntah. Savinho tak menyia-nyiakan kesempatan untuk melepas sambaran, sehingga menghasilkan gol tambahan bagi Brasil.

Paraguay tak kuasa mengejar ketertinggalan di sisa waktu babak pertama. Malahan Brasil yang mempertegas dominasi lewat gol Vini Jr saat injury time. Skor 3-0 untuk keunggulan Tim Samba bertahan minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua Paraguay vs Brasil di Copa America 2024

Copa America 2024 Paraguay vs Brasil
Pemain Paraguay Omar Alderete melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya dalam pertandingan Grup D Copa America 2024 melawan Brasil di Allegiant Stadium, Las Vegas, pada Sabtu (29/6/2024) pagi WIB. (Buda Mendes/Getty Images/AFP)

Paraguay kerja keras memperkecil ketertinggalan di babak kedua. Upaya mereka akhirnya berbuah hasil pada menit 48. Omar Alderete melepas tembakan kaki kiri melewati sudut sempit untuk mengantar bola bersarang di sudut kiri gawang Alisson. Kedudukan berubah menjadi 3-1.

Sayangnya nestapa justru kembali menimpa Paraguay di tengah harapan mereka menciptakan gol tambahan. Mathias Villasanti melakukan handball di kotak terlarang yang memberi Brasil hadiah penalti kedua di laga ini.

Lucas Paqueta secara mengejutkan kembali ditunjuk sebagai eksekutor, meski sempat gagal di babak pertama. Pemain berusia 26 tahun akhirnya mampu membayar kesalahannya dalam percobaan kedua dan membawa Selecao memimpin kian jauh dengan 4-1 pada menit 65.

Nasib buruk terus melanda Paraguay hingga memasuki 10 menit akhir waktu normal. Satu penggawanya, Andres Cubas, dipaksa keluar lapangan lebih dulu pada menit 81 lantaran dia diberi kartu merah setelah dianggap melakukan pelanggaran terhadap pemain Brasil.

Selecao yang unggul gol dan jumlah pemain makin sulit dikejar di sisa waktu babak kedua. Paraguay pada akhirnya harus mengakui keunggulan Brasil lantaran tetap tertinggal 1-4 sampai bubaran.


Susunan Pemain Paraguay vs Brasil di Copa America 2024

Timnas Paraguay Vs Timnas Brasil
Timnas Brasil meraih kemenangan 3-1 atas Timnas Paraguay pada laga kedua Grup D Copa America 2024 di Allegiant Stadium, Las Vegas, Nevada, Sabtu (29/6/024) pagi WIB. (AP Photo/David Becker)

Paraguay: Rodrigo Morinigo; Gustavo Velazquez, Fabian Balbuena, Omar Alderete, Matias Espinoza; Andres Cubas, Mathias Villasanti; Damian Bobadilla, Julio Enciso, Miguel Almiron; Alex Arce.

Brasil: Alisson Becker; Wendell, Marquinhos, Eder Militao, Danilo; Joao Gomes, Bruno Guimaraes; Vinicius Junior, Lucas Paqueta, Savinho; Rodrygo

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya