BRI Paparkan Transformasi Digital di Product Development Conference 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memaparkan perjalanan transformasi digital perusahaan dalam gelaran Product Development Conference (PDC) Tech in Asia 2024 yang berlangsung pada 25-26 Juni di Jakarta Convention Center (JCC).

oleh Fachri pada 03 Jul 2024, 09:55 WIB
Diperbarui 03 Jul 2024, 09:54 WIB
BRI.
Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Arga M. Nugraha saat memaparkan perjalanan transformasi digital BRI di Product Development Conference (PDC) Tech in Asia 2024. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memaparkan perjalanan transformasi digital perusahaan dalam gelaran Product Development Conference (PDC) Tech in Asia 2024 yang berlangsung pada 25-26 Juni di Jakarta Convention Center (JCC).

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Arga M. Nugraha menjelaskan bagaimana BRI beradaptasi dengan tuntutan generasi masa kini.

“Generasi masa kini dihadapkan dengan situasi yang melek teknologi dan dengan demikian, BRI menekankan pentingnya transformasi berkelanjutan yang berfokus pada perubahan pola pikir, praktik kerja, dan pengembangan solusi yang berpusat pada manusia,” jelasnya.

"Upaya BRI dalam mengeksplorasi kecerdasan buatan untuk meningkatkan produktivitas dan menjadi komitmen bank dalam membangun masa depan yang lebih baik bersama pelanggan," imbuh Arga.

Di sisi lain, CEO Kata.ai Irzan Raditya mengungkapkan bahwa sangat penting untuk merancang desain User Experience (UX) yang mulus bagi pengguna. Menurutnya, hal lain yang tak kalah penting adalah memperhatikan keragaman data collection saat proses AI training guna menghindari bias dalam Natural Language Processing (NLP).

“Kita harus memperhatikan segmentasi pengguna kita, bahasa jenis apa yang akan kita gunakan dalam chatbot kita, apakah formal atau kasual. Untuk menghindari bias, pertama-tama kita juga harus memastikan bahwa kita memiliki anggota tim dari beragam latar belakang,” ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


FutureMakers Challenge

BRI.
Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Arga M. Nugraha saat memaparkan perjalanan transformasi digital BRI di Product Development Conference (PDC) Tech in Asia 2024. (Foto: Istimewa)

Dalam PDC 2024, BRI menyelenggarakan FutureMakers Challenge yang merupakan kompetisi hasil kolaborasi bersama Tech in Asia yang menantang para inovator dan developer untuk menciptakan solusi di bidang keuangan.

Bertema Transforming Banking, Together, kompetisi ini mendorong peserta untuk menciptakan solusi yang membangun platform perbankan digital masa depan dengan dukungan BRIAPI (application programming interface) dari BRI.

Kompetisi ini mampu menarik minat lebih dari 900 peserta, dengan 20 finalis yang berhak mempresentasikan ide mereka melalui video. Panel juri pun telah memilih para pemenang sebagai berikut:

Kategori Novice

Juara 1 Astari Rosmalina & Team – Sitara

Juara 2 Nicolaas Heru Dreanda Christa & Team – Institut Teknologi Bandung 

Juara 3 Laila Ma’rufah – Visi Cloud

Kategori Advance

Juara 1 Gilang Jalu & Team – Semboja

Juara 2 Fariz Harisuddin – Briefout App 

Juara 3 Wildan Syah & Team – PT Tigapilar Artha Digital

Pemenang berhak membawa pulang hadiah uang tunai, gadget, dan tiket Tech in Asia Conference yang akan digelar pada 23-24 Oktober 2024 di Jakarta. Hadiah tersebut dipersembahkan oleh BRI, Tech in Asia dan Bank Raya.

Sebagai informasi, PDC 2024 menghadirkan lebih dari 2.500 penggemar produk, developer, desainer, dan Executives dari bidang Teknologi di Asia Tenggara. Acara itu menyediakan platform untuk berbagi pengetahuan, membangun jaringan, dan memamerkan produk-produk inovatif.

Sebagai platform untuk berbagi pengalaman dan wawasan, PDC 2024 menjadi tempat para praktisi dan ahli untuk berbagi pengetahuan, serta membangun jaringan dengan komunitas produktif yang terdiri dari penggemar produk dan profesional industri.

Selain itu, terdapat segmen technology showcase yang menampilkan berbagai startup dengan produk-produk menarik.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya