Holding BUMN Jasa Survei Catatkan Peningkatan Kinerja di 2023

RUPS untuk menyetujui Laporan Tahunan dan mengesahkan Laporan Keuangan Tahun Buku 2023.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 06 Jul 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2024, 17:00 WIB
PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey.
PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey.

 

Liputan6.com, Jakarta PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), yang memimpin Holding BUMN Jasa Survei "IDSurvey," telah mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk menyetujui Laporan Tahunan dan mengesahkan Laporan Keuangan Tahun Buku 2023. Acara ini berlangsung di Aula Rapat Lantai 6, Gedung Pusat Kantor BKI, Jakarta.

Acara tersebut dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang Industri Manufaktur KBUMN, Chairiah, bersama dengan Dewan Komisaris dan Direktur Utama BKI. RUPS ini bertujuan untuk mengambil keputusan resmi terkait agenda rapat.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Direksi, dinyatakan bahwa laporan keuangan BKI tahun 2023 menunjukkan kinerja yang sangat sehat serta tanggung jawab sosial dan lingkungan yang baik.

"Menurut hasil audit dari Kantor Akuntan Publik (KAP) PKF, Laporan Keuangan Konsolidasian Tahun Buku 2023 telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material. Demikian juga dengan Laporan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, yang mencakup Neraca, Laporan Aktivitas, dan Laporan Arus Kas, semuanya telah disajikan secara wajar," kata Direktur Utama BKI, Arisudono Soerono, Sabtu (6/7/2024).

Laba dan Pendapatan

Ketua Komisaris BKI, Susyanto, dalam tanggapannya terhadap Laporan Tahunan Tahun Buku 2023, menyatakan bahwa Dewan Komisaris mengapresiasi kinerja PT BKI Konsolidasi yang menunjukkan peningkatan pada beberapa indikator utama seperti Pendapatan dan Laba Bersih dibandingkan dengan tahun 2022.

Dewan Komisaris juga memuji upaya efisiensi yang telah dilakukan dan berharap agar upaya ini terus ditingkatkan baik di perusahaan induk maupun anak perusahaan.

Asisten Deputi Bidang Industri Manufaktur, Chairiah, dalam tanggapannya menyampaikan apresiasi kepada Dewan Komisaris, Direksi, dan seluruh jajaran perusahaan atas pencapaian kinerja selama tahun 2023. Ia berharap agar peningkatan kinerja ini dapat terus berlanjut di tengah dinamika dan tantangan bisnis yang semakin dinamis.

"Dengan pencapaian ini, kami optimis Holding IDSurvey dapat terus berkembang dan menghadapi tantangan bisnis di masa mendatang dengan lebih baik," ujar Chairiah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Transformasi BKI

PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey.
PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey.

PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) kini sudah berusia 60 tahun. Di usianya yang matang ini, BKI bertekad untuk melangkah lebih maju dan menjadi pemimpin global di industri Testing, Inspection and Certification (TIC).

Direktur Utama BKI/IDSurvey, Arisudono Soerono, mengajak para karyawan untuk mengenang kembali perjalanan BKI dari masa ke masa.

"Dulu, semua pekerjaan masih manual, mulai dari survei di lapangan hingga pemeriksaan gambar dan dokumen di kantor. Dukungan bisnis seperti keuangan dan SDM pun masih serba manual," kenangnya, ditulis, Jumat (5/7/2024).

Serba Digital

Namun, kini BKI telah bertransformasi menjadi perusahaan yang serba digital.

"Banyak aplikasi yang mendukung efektivitas proses bisnis internal dan eksternal. Kini, kita telah mendapatkan Statement of Compliance (SOC) terhadap IACS Quality System Certification Scheme (QSCS), menjadi high performance Recognised Organisation (RO), dan turut mendukung Indonesia sebagai White List di Tokyo MoU selama 3 tahun berturut-turut," lanjutnya.

"Kepercayaan yang diberikan kepada Biro Klasifikasi Indonesia pun semakin luas. Dulu, kita hanya dipercaya sebagai RO untuk Negara Bendera Indonesia. Kini, kita dipercaya oleh Indonesia, Mongolia, dan Timor Leste. Ke depannya, akan lebih banyak lagi negara yang mempercayakan BKI," imbuhnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya