Praktik Rentenir Bank Emok Bikin Emak-Emak Gigit Jari, PNM Kasih Solusi

Pinjaman bank emok biasanya digunakan untuk modal usaha, namun prakteknya juga digunakan untuk keperluan darurat keluarga lainnya, seperti untuk biaya anak sekolah dan biaya berobat bagi keluarga yang sakit. Biasanya jasa bank emok digunakan karena terpaksa dan adanya tekanan ekonomi keluarga yang cukup berat.

oleh Septian Deny diperbarui 06 Agu 2024, 20:18 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 20:18 WIB
Pinjaman bank emok biasanya digunakan untuk modal usaha, namun prakteknya juga digunakan untuk keperluan darurat keluarga lainnya, seperti untuk biaya anak sekolah dan biaya berobat bagi keluarga yang sakit
Pinjaman bank emok biasanya digunakan untuk modal usaha, namun prakteknya juga digunakan untuk keperluan darurat keluarga lainnya, seperti untuk biaya anak sekolah dan biaya berobat bagi keluarga yang sakit. Biasanya jasa bank emok digunakan karena terpaksa dan adanya tekanan ekonomi keluarga yang cukup berat.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Jawa Barat tentu sangat mengenal istilah bank emok. Fenomena bank emok sedang ramai diperbincangkan karena aktifitasnya yang lebih banyak merugikan masyarakat.  Ternyata layanan bank emok yang menyasar langsung kepada keluarga  sudah ada cukup lama di Jawa Barat sehingga istilah bank emok sangat populer di masyarakat Jawa Barat.

Pinjaman bank emok biasanya digunakan untuk modal usaha, namun prakteknya juga digunakan untuk keperluan darurat keluarga lainnya, seperti untuk biaya anak sekolah dan biaya berobat bagi keluarga yang sakit. Biasanya jasa bank emok digunakan karena terpaksa dan adanya tekanan ekonomi keluarga yang  cukup berat. 

Di saat banyak kebutuhan, masyarakat tak pikir panjang menggunakan jasa bank emok yang ada di lingkungannya. Pengguna jasa bank emok biasanya tak memiliki dukungan sosial yang cukup. Dukungan sosial seperti dari keluarga besar dan tetangga juga sangat terbatas. Kondisi tersebut memaksa masyarakat harus meminjam uang di bank emok.

Dengan syarat dan ketentuan yang mudah, membuat bank emok seringkali jadi jalan pintas untuk memperoleh dana darurat yang cepat cair, tanpa menimbang tingginya bunga pinjaman bahkan jika terlambat berakibat pada bunga berbunga. 

Praktek rentenir yang terjadi pada bank emok semakin menyulitkan masyarakat yang telanjur terjerat bank emok untuk lepas dari jeratan masalah keuangan yang dapat meluas pada berbagai masalah keluarga yang lebih rumit. 

Indriana, nasabah PNM Mekaar dari Depok memberikan pesan untuk kaum ibu yang ingin memulai usaha atau sudah punya usaha agar tidak terjerat pada lilitan bank emok. 

“Ibu-ibu yang menjadi andalan ekonomi keluarga harus lebih pintar dalam mengelola usaha dan mendapatkan modal, kalau saya pilih PNM Mekaar” ujar pemilik usaha gorengan ini. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nasabah PNM Mekaar

PNM
PNM

Indriana menerangkan dengan bergabung menjadi nasabah PNM Mekaar ia mendapatkan modal kerja dan pelatihan usaha. Di samping itu ia juga mendapatkan pasar dengan adanya Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM). 

“Mekaar memang memberikan modal financial, modal intelektual dan modal sosial, pokoknya jauhi bank emok dan gabung PNM Mekaar, Sudah banyak keuntungan yang saya dapat dari Mekaar” pungkasnya.

Keterangan Indriana ini diamini oleh Selly warga Depok lainnya yang telah menjadi nasabah Mekaar.  

“Saya punya usaha salon dan parfum sejak awal menjadi nasabah Mekaar saya sangat terbantu karena PNM Mekaar juga memberikan pelatihan untuk saya mengmbangkan usaha ini. “Sejak awal tidak pernah mau ditawarin bank emok walaupun mudah cairnya. Karena yang saya tahu bank emok bunganya tinggi bahkan bunganya dihitung harian. Ini tentu sangat menyulitkan berkembangnya usaha” papar Selly. 

 


Solidaritas

PT Permodalan Nasional Madani (PNM)
Nilai dan budaya perusahan PNM tersebut jadi motivasi Triska untuk bergabung menjadi Account Officer (AO) atau Petugas Pendamping di Program PNM Mekaar milik PT Permodalan Nasional Madani (PNM) yang saat ini ia sudah bekerja selama 2 tahun.

Selly mengaku banyak manfaat menjadi nasabah PNM Mekaar, ia dapat mengembangkan usaha, menyekolahkan anak, mencukupi kebutuhan keluarga, melaksanakan kegiatan sosial dan aksi solidaritas di lingkungannya. 

“Jangan terjebak bank emok, kalau saya emoh bank emok mending ikutan PNM Mekaar yang sudah terbukti meningkatkan kemajuan usaha saya dan membuat keluarga semakin sejahtera“ pungkas Selly. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya