Tukar Botol Plastik di BCA Expo 2024, Pengunjung Bisa Dapat Uang

Seluruh sampah botol plastik yang terkumpul akan didaur ulang menjadi eco friendly fibers atau bahan dasar produk-produk ramah lingkungan.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 27 Agu 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 16:00 WIB
Sampah Botol Plastik di BCA Expo Capai 4.400, Langsung Didaur Ulang dan Bisa Jadi Uang untuk Nasabah
Sebanyak 4.400 sampah botol plastik atau sekitar 82 kilogram, berhasil terkumpul selama 3 hari pelaksanaan BCA Expo 2024 di ICE BSD, Tangerang. Pengumpulan sampah botol plastik ini dilakukan menggunakan satu unit Mesin Daur Ulang atau Reverse Vending Machine/RVM, hasil kolaborasi Bakti BCA dengan Plasticpay.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 4.400 sampah botol plastik dengan berat sekitar 82 kilogram (kg), berhasil terkumpul selama 3 hari dalam pelaksanaan BCA Expo 2024 di ICE BSD, Tangerang. Pengumpulan sampah botol plastik ini dilakukan menggunakan satu unit Mesin Daur Ulang atau Reverse Vending Machine/RVM, hasil kolaborasi Bakti BCA dengan Plasticpay.

Terkumpulnya ribuan botol plastik tersebut tak lepas dari antusiasme pengunjung BCA Expo 2024 untuk mendaur ulang sampah botol plastik, hal ini juga terlihat dari antrean yang mengular pada mesin daur ulang selama acara berlangsung.

“Melalui mesin RVM tersebut, nasabah dan pengunjung BCA Expo 2024 berkesempatan menukarkan sampah botol plastik menjadi poin, yang dapat dikonversi menjadi pundi-pundi rupiah,”ungkap EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, Selasa (27/8/2024).

Seluruh sampah botol plastik yang terkumpul akan didaur ulang menjadi eco friendly fibers atau bahan dasar produk-produk ramah lingkungan.

Sementara dilain pihak, salah satu pengunjung BCA Expo 2024 yang antusias melihat mesin RVM Bakti BCA dan Plasticpay adalah Birgita Stephanie. Bersama anaknya, Birgita yang rutin datang ke BCA Expo dan BCA Expoversary menilai keberadaan RVM sangat dibutuhkan dalam berbagai acara ramai pengunjung.

“Ketersediaan mesin ini membantu anak sadar pentingnya go green sejak dini. Anak-anak juga jadi bersemangat setiap hadir di BCA Expo. Ajaran menabungnya juga bagus, satu botol ini bisa (dikonversi) menjadi uang yang dapat dipakai untuk kegiatan berikutnya,”katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terkumpul 300 Kg Botol Pastik Sejak 2023

Sementara itu, kolaborasi Bakti BCA dengan Plasticpay dalam menghadirkan RVM sudah terlaksana sejak beberapa tahun terakhir. Sejak berkolaborasi dengan Plasticpay pada pertengahan 2023, jumlah sampah plastik yang terkumpul dari penyelenggaraan BCA Expoversary dan BCA Expo offline mencapai 16.000 botol atau dengan berat total sekitar 300 kg.

Khusus pada BCA Expoversary 2024, botol yang saat itu terkumpul tak hanya dikonversi menjadi imbalan bagi para penyumbang, tapi juga untuk mendukung aksi pelepasan 500 ekor anak penyu (tukik).

"Respons positif dan antusiasme yang ditunjukkan pengunjung terhadap kehadiran RVM di setiap acara BCA Expo atau Expoversary, kian memotivasi kami untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian lingkungan. Kami ingin mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk turut serta dalam kegiatan daur ulang sampah botol plastik, dimulai dari kegiatan sederhana seperti yang bisa dilakukan melalui RVM,”tutur EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya