Erick Thohir Kembali Ditunjuk Jadi Menteri BUMN, Berikut Profilnya

Berikut profil Erick Thohir yang kembali masuk jajaran menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

oleh Agustina MelaniTommy K. Rony diperbarui 20 Okt 2024, 21:46 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 21:46 WIB
Erick Thohir Kembali Ditunjuk Jadi Menteri BUMN, Berikut Profilnya
Menteri BUMN Erick Thohir dalam peresmian Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR), di Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa (24/9/2024). (Foto: Liputan6.com/Arief Rahman Hakim)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto mengumumkan susunan kabinet pada Minggu malam, 20 Oktober 2024 setelah pelantikan.

Nama Menteri BUMN pada periode Presiden Joko Widodo yakni Erick Thohir kembali masuk jajaran kabinet Prabowo-Gibran. Ia kembali ditunjuk menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Menteri BUMN di kabinet merah putih. Adapun Presiden Prabowo Subianto menamakan kabinetnya sebagai kabinet merah putih.

Seiring hal itu, menarik untuk diketahui profil Erick Thohir yang kembali ditunjuk menjadi Menteri BUMN. Nama Erick Thohir tidak asing lagi di dunia bisnis. Adik dari pengusaha Garibaldi Thohir ini merupakan pendiri dari grup Mahaka yang memiliki banyak media massa antara lain radio, online, media cetak hingga televisi.

Selain dikenal di dunia bisnis, Erick Thohir juga terkenal di dunia olah raga. Ia sempat menjadi pemilik Inter Milan pada 2013-2019. Ia juga berhasil menjalankan tugasnya sebagai Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018.

Asian Games mendapat sambutan meriah di kalangan masyarakat Indonesia. Tak hanya pertandingannya yang luar biasa, upacara pembukaan dan penutupannya pun berhasil menyajikan performa seni berkelas dari berbagai negara, termasuk grup iKon dan Super Junior asal Korea Selatan.

Erick Thohir sempat ditanya apakah berminat menjadi menteri di kabinet, ia hanya menyebut kabinet perlu menteri-menteri muda demi mendorong perubahan positif di pemerintahan.

"Ini yang saya rasa perubahan-perubahan pola pikir dinamika di masyarakat ini yang harus kita siapkan," tutur Erick pada Agustus lalu.

Adapun Erick Thohir dilantik menjadi Menteri BUMN pada 23 Oktober 2019 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 113/P Tahun 2019 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

 

Latar Belakang Pendidikan

Foto: PSSI Berikan Update Perkembangan Timnas Indonesia Putri, Salah Satunya akan Uji Coba Melawan Belanda
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan keterangan saat konferensi pers mengenai perkembangan Timnas Indonesia Putri yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (21/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Pria kelahiran 30 Mei 1970 ini juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah atau MES, anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi, wakil Indonesia di International Olympic Committee (IOC) dan International Basketball Federation (FIBA). Demikian mengutip dari laman bumn.go.id.

Sejak 16 Februari 2023, ia juga terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Sementara itu, ia menyelesaikan pendidikan formal di Amerika Serikat. Erick Thohir meraih gelar Associate of Arts bidang Komunikasi dari Glendale College, Bachelor of Arts bidang Periklanan di American College.

Ia juga meraih gelar MBA bidang periklanan dari National University. Erick Thohir mendapatkan gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur pada 3 Maret 2023, atas jasanya memberikan kontribusi terhadap ekonomi Indonesia. Saat itu, ia menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Entitas Transformasi BUMN: Strategi Terobosan untuk Kebangkitan Ekonomi Indonesia Baru.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya