Tiga Perusahaan Rakit Ponsel <i>Made in</i> Indonesia

Produsen terakhir yang bakal merakit Ponsel made in Indonesia adalah Polytron yang mulai beroperasi pada Desember 2013.

oleh Dian Ihsan Siregar diperbarui 20 Nov 2013, 15:08 WIB
Diterbitkan 20 Nov 2013, 15:08 WIB
pabrik-ponsel-130710c.jpg
Di tengah gempuran telepon seluler (Ponsel) impor, Indonesia ternyata tengah berupaya membangun industri ponsel dalam negeri. Saat ini bahkan tercatat sudah ada tiga ponsel buatan lokal yang diproduksi didalam negeri yaitu Polytron, Axioo, dan Evercross.

Kabar terakhir menyebutkan PT Hartono Istana Teknologi yang merupakan produsen Polytron berencana memproduksi Ponsel di dalam negeri, tepatnya di Kudus, Jawa Tengah. Perusahaan sebelumnya merakit Ponsel di China.

Sementara dua pabrikan Ponsel lokal lainnya masing-masing Axioo yang beroperasi di Cakung, Jakarta Timur, dan Evercoss melalui PT Aries Indo Global yang menjalankan pabrik perakitan Ponsel di wilayah Semarang, Jawa Timur.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Budi Darmadi memperkirakan produk lokal Ponsel Polytron kemungkinan akan mulai berproduksi di Indonesia pada Desember 2013.

"Sudah ada tiga lah, tapi diharapkan bisa bertambah produsen ponsel di dalam negeri," kata Budi ketika ditemui dalam acara IHI Forum 2013 di Hotel Shangrilla, Jakarta, Rabu (20/11/2013).

Pemerintah berharap produksi lokal Polytron bakal menjadi penyemangat bagi pembangunan industri Ponsel nasional. Sebelumnya, Indonesia sempat memproduksi Ponsel lokal yang dikeluarkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT INTI.

"PT INTI membuat ponsel IMO, tapi udah berhenti sekarang, tidak jalan lagi," tegasnya.

Ia menegaskan, sampai saat ini Indonesia sudah mempunyai tiga produsen ponsel. Pemerintah mengharapkan untuk kedepannya produsen ponsel di Indonesia bisa bertambah lagi, sehingga produk ponsel yang ada di Indonesia semakin meningkat.(Dis/Shd)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya