PBSI Bahas Mekanisme Perpanjangan Kontrak Sponsor Individu Atlet

Kontrak atlet Pelatnas Cipayung bersama masing-masing sponsor rata-rata akan berakhir pada Februari 2015.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 15 Nov 2014, 21:40 WIB
Diterbitkan 15 Nov 2014, 21:40 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Sponsor Pelatnas PBSI Cipayung

Liputan6.com, Jakarta - PP PBSI tengah memproses perpanjangan kontrak individu atlet-atlet Pelatnas PBSI Cipayung. Hal ini dibahas dalam rapat mekanisme perpanjangan kontrak individu bersama pihak-pihak sponsor yang digelar di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, baru-baru ini.

Sistem kontrak individu merupakan salah satu program PBSI yang baru dijalankan pada kepengurusan periode 2012-2016 di bawah pimpinan Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan. Membuka 2013, seluruh penghuni pelatnas menandatangani kontrak dengan sponsor masing-masing.

Kontrak para atlet bersama masing-masing sponsor rata-rata akan berakhir pada Februari 2015. Besaran kontrak serta waktu berlaku kontrak tergantung dari kesepakatan pihak sponsor dan atlet. Sejak sistem kontrak individu mulai diberlakukan pada 2013, rata-rata pemain menandatangani kontrak selama dua tahun, namun ada juga yang berlaku setahun. Enam perusahaan aparel bulu tangkis tercatat menjadi sponsor, di antara lain Yonex, Victor, Li Ning, Astec, Flypower dan Reinforce Speed (RS).

"Pada pertemuan kali ini, kami membahas soal mekanisme perpanjangan kontrak individu untuk periode 2015–2016. Sedangkan kontrak pelatih mengacu seperti atlet dalam koridor sponsor individu. Sementara untuk kontrak timnas sudah dimenangkan Li Ning hingga 31 Desember 2016 mendatang," kata Kasubid Pemasaran dan Sponsorship PP PBSI Yoppy Rosimin, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Sabtu (15/11/2014).

Lanjut ke halaman berikut --->


Ada Sponsor Baru

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan Sponsor Pelatnas PBSI Cipayuung

"Tahun ini, sepertinya akan ada penambahan sponsor. Adidas menyatakan ketertarikan untuk memberikan dukungan," ucap Achmad Budiharto, Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI.

"Berhubung sistem kontraknya individu, pihak sponsor dan atlet akan langsung berdiskusi apakah kontrak diperpanjang atau tidak. Begitu juga dengan nilai kontraknya, bisa lebih tinggi atau lebih rendah dari sebelumnya. Jika tidak ada kata sepakat bersama sponsor lama, maka si atlet harus mengikuti bidding dengan sponsor-sponsor lain," tambahnya.

Sementara itu, proses bidding atlet dan sponsor akan dilakukan awal tahun depan. Terhitung akhir November 2014, para atlet akan dipulangkan ke klub masing-masing sesuai dengan program tahunan di Pelatnas Cipayung. Pada 5 Januari 2015, para atlet yang dipanggil untuk kembali ke pelatnas harus sudah memasuki asrama dan kembali berlatih.

"Proses bidding rencananya diadakan setelah pengumuman pemanggilan atlet di 2015. Atlet yang dipanggil kembali ke pelatnas pada 5 Januari 2015 memiliki rentang waktu untuk berdiskusi dengan sponsor masing-masing sampai waktu bidding yang nanti akan ditentukan sebelum kontrak berakhir pada Februari 2015," jelas Budiharto.

Baca juga:

De Gea Bikin Pusing MU dan Spanyol

Ronaldo Tidak Terobsesi Ballon d'Or

Cruyff Bicara Rumor Mourinho dan Ronaldo ke Barcelona

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya