Ciamik, Bintang Madrid Bawa Kolombia ke 8 Besar

Rodriguez ambil bagian dalam dua gol Kolombia ke gawang Paraguay

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 08 Jun 2016, 11:45 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2016, 11:45 WIB
James Rodriguez
Gelandang Kolombia, James Rodriguez, saat sedang merayakan golnya ke gawang Paraguay. (Frederic J. Brown / AFP)

Liputan6.com, California - Timnas Kolombia membuktikan diri sebagai salah satu tim yang layak dijadikan sebagai kandidat juara Copa America 2016. Mereka baru saja lolos ke 8 besar setelah menaklukkan Paraguay 2-1

Kolombia tak mau nasib buruk pada kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan berimbas pada rapor mereka di Copa America 2016. Pada kualifikasi Piala Dunia 2018, Kolombia memang sedang kewalahan menghadapi persaingan dengan Cile, Argentina, Ekuador, dan Uruguay.

Baca Juga

  • Sasis Baru Bikin Calon Rekan Rossi Tambah Pede
  • Soal Status Kiper Spanyol di Piala Eropa, Kiper MU Ini Pasrah
  • Penyebab Obama Absen di Pemakaman Muhammad Ali

Karenanya, pelatih Jose Pekerman minta Kolombia tampil ciamik sejak awal. Meski tanpa diperkuat Radamel Falcao, mereka masih punya banyak stok pemain-pemain top. Mulai dari Juan Cuadrado, James Rodriguez, hingga Carlos Bacca.

Hebatnya, Kolombia mampu meraup tiga poin saat menghadapi tuan rumah Amerika Serikat di laga pembuka. Mereka pecundangi AS 2-0 lewat gol Cristian Zapata di menit 8 dan Rodriguez (penalti 42).

Rabu (8/6/2016) pagi, giliran Paraguay yang merasakan kehebatan mereka. Di Rose Bowl, California, tiga poin diamankan Kolombia lewat kemenangan 2-1. Pahlawan kemenangan Kolombia di laga itu adalah Rodriguez.

Gelandang Real Madrid berusia 24 tahun itu punya kontribusi penting di balik kemenangan Kolombia. Pertama, ia menyodorkan assist yang dimaksimalkan Bacca di menit 12. Lalu, Rodriguez juga mencatatkan namanya di papan skor pada menit 30.

Di babak kedua, Paraguay sempat melakukan perlawanan. Berulang kali finalis Copa America 2015 itu mengancam gawang Kolombia kawalan David Ospina. Sayang, hanya satu peluang yang bisa dimaksimalkan menjadi gol, yakni lewat Victor Ayala di menit 71.

Saat sedang berjuang untuk mencetak gol penyeimbang, Paraguay malah harus tampil dengan 10 pemain. Oscar Romero diusir wasit Heber Lopes setelah menerima kartu kuning kedua di meniy 81.

Berkat kemenangan itu, Kolombia pun dipastikan melanjutkan petualangan ke 8 besar. Dengan koleksi enam poin dari dua laga, mereka sudah pasti menjadi wakil Grup A di 8 besar. Satu tempat lagi akan diperebutkan AS, Paraguay, dan Kosta Rika.

Susunan Pemain:

Kolombia (4-2-3-1): Ospina; Zapata (Mina 90), Diaz, Arias, Murillo, Cuadrado (Moreno 87), Rodriguez, Cardona, Torres, Perez, Bacca (Celis 58)

Paraguay (4-2-3-1): Villar; Da Silva, Samudio, Gomez, Valdez, Ortiz, Piris (Ayala 46), Romero, Almiron, Benitez (J Benitez 46), Luzcano (Sanabria 67)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya