Media Vietnam Jagokan Timnas Indonesia U-19?

Timnas Indonesia U-19 memiliki keunggulan atas Vietnam dalam berbagai faktor.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 11 Sep 2017, 14:30 WIB
Diterbitkan 11 Sep 2017, 14:30 WIB
Banner Piala AFF U-18 Indonesia vs Vietnam
Banner Piala AFF U-18: Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam U-19. (Liputan6.com/Trie yas)

Liputan6.com, Yangon - Bagi Vietnam, melawan timnas Indonesia U-19 akan menjadi laga yang menentukan peluang mereka ke semifinal Piala AFF U-18 2017. Jika kemenangan saja tak cukup untuk memastikan tiket semifinal, apalagi jika mereka takluk dari Indonesia.

Media-media Vietnam seperti Bongdanet.vn dan DongNai khawatir ketika tim mereka melawan timnas Indonesia U-19 di Thuwunna Stadium, Myanmar, Senin (11/9/2017). Mereka menganggap justru menjadi awal kehancuran tim muda mereka. Itu karena mereka masih dihantui kegagalan di SEA Games 2017.

Kala itu, Vietnam menjadi salah satu favorit peraih tiket semifinal. Itu karena mereka memenangi tiga laga perdana dengan skor meyakinkan, yakni 4-0 atas Timor Leste, 4-1 atas Kamboja, dan 4-0 atas Filipina.

Sialnya, mereka hanya bisa bermain imbang 0-0 melawan timnas Indonesia U-22 meski unggul dominasi dan jumlah pemain. Selanjutnya, mereka takluk 0-3 dari Thailand dan dipastikan gagal melaju ke semifinal.

Jadwal yang dihadapi Vietnam di Piala AFF U-18 2017 juga tak jauh berbeda. Meski menang 8-1 atas Brunei dan 5-0 atas Filipina, masih ada kemungkinan bagi tim asuhan Hoang Anh Tuan gagal melaju ke semifinal. Apalagi jika mereka tak menang saat melawan timnas Indonesia U-19.



Selain faktor itu, kekhawatiran juga diungkap media Vietnam jika bicara soal durasi persiapan timnas Indonesia U-19. Jelas timnas Indonesia U-19 memiliki durasi persiapan jauh lebih panjang. Indra Sjafri sudah menyiapkan tim sejak Februari 2017 dan telah melakoni banyak laga uji coba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemain Andalan

Mereka juga menyebut kualitas dan mental timnas Indonesia U-19 telah terasah saat turun di Turnamen Toulon 2017 di Prancis. Meski tersingkir sebagai juru kunci Grup C, Garuda Nusantara mendapatkan banyak pelajaran karena menghadapi tim sekelas Brasil, Skotlandia, dan Republik Ceko. Timnas Indonesia U-19 hanya kalah dengan skor tipis dari ketiga tim tersebut.

Tak hanya soal durasi persiapan, media Vietnam juga menyoroti pemain andalan timnas Indonesia U-19, yakni Egy Maulana Vikri. Sejauh ini, mantan striker Persab Brebes itu sudah mengoleksi empat gol di Piala AFF U-18 2017. Sebelum itu, ia juga meraih penghargaan Jouer Revelation Trophee di Turnamen Tolon.

Gelandang Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri, mengontrol bola saat melawan Filipina U-19 pada laga Piala AFF U-18 di Stadion Thuwunna, Myanmar, Kamis (7/9/2017). Indonesia unggul 5-0 pada babak pertama. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Tak hanya Egy pemain timnas Indonesia U-19 yang diwaspadai media Vietnam. Saddil Ramdani, Asnawi Mangkualam, Muhammad Riyandi, dan Rifad Marasabessy yang tercatat sebagai pemain klub Liga 1 2017 juga masuk dalam sorotan mereka.

Karenanya, Vietnam sudah jauh-jauh hari menilai timnas Indonesia U-19 sebagai rival terkuat mereka. Dengan begitu, mereka akan meningkatkan kewaspadaan karena timnas Indonesia bertekad menyegel tiket semifinal dengan kemenangan atas The Golden Star.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya