Bulu Tangkis: 143 Atlet Muda Lolos Tahap Screening

Di hari kedua, para pebulu tangkis muda akan menjalani tahap turnamen.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 14 Apr 2018, 22:30 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2018, 22:30 WIB
Bulu Tangkis
Ratusan atlet muda mengikuti Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2018 di GOR Hevindo, Balikpapan, Sabtu (14/4/2018). (foto: istimewa)

Liputan6.com, Balikpapan - Sebanyak 143 dari 362 peserta dinyatakan lolos tahap screening Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2018 di GOR Hevindo, Balikpapan, Sabtu (14/4/2018). Mereka berasal dari enam kategori, yaitu U-11 putra, U-11 putri, U-13 putra, U-13 Putri, U-15 putra, dan U-15 putri.

Dalam tahapan ini, para pebulu tangkis muda itu bertanding dengan lawan yang sesuai kategori usia masing-masing. Mereka bertanding selama 5-10 menit sesuai dengan jenis kelamin, usia yang mendekati, dan daerah berbeda di hadapan tim pencari bakat PB Djarum, seperti Christian Hadinata, Fung Permadi, dan Sigit Budiarto.

Tujuan tahap screening ini adalah untuk mengetahui teknik dasar bermain bulu tangkis. Keputusan lolos atau tidak, bukan berdasarkan atas hasil menang atau kalah. Yang menjadi tolak ukur adalah teknik dan daya juang peserta.

"Berkaca dari Audisi Umum yang digelar di Balikpapan dua tahun lalu, antusiasme dan semangat juang dari anak-anak ini tak pernah kendor," ujar Denny, salah seorang anggota tim pencari bakat PB Djarum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Teknik Dasar

Bulu Tangkis
Salah seorang peserta Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2018 di GOR Hevindo, Balikpapan, Sabtu (14/4/2018). (foto istimewa)

Di hari pertama audisi, tim pencari bakat menaruh fokus perhatian kepada teknik dasar dari masing-masing peserta. Di hari kedua atau tahap turnamen, teknik dasar serta daya juang para peserta diuji saat mereka saling berhadapan dengan sistem gugur.

Sementara itu, Program Associate Bakti Olahraga Djarum Foundation Abraham Delta Oktaviari mengapresiasi tingginya antusiasme masyarakat. "Balikpapan merupakan kota penghubung sejumlah provinsi dan juga tercatat sebagai salah satu kantong yang berisikan para pebulu tangkis muda berbakat," jelas Abraham.

"Namun secara keseluruhan, besok pada tahap turnamen baru kita bisa lihat lebih jauh bakat dan teknik yang dimiliki para peserta. Kami optimistis bisa mendapatkan atlet yang berkualitas," tambahnya.

Rincian 143 peserta dinyatakan lolos tahap screening:

U-11 Putra: 31

U-11 Putri: 8

U-13 Putra: 52

U-13 Putri: 16

U-15 Putra: 26

U-15 Putri: 10


Delapan Kota

Bulu Tangkis
Salah seorang peserta unjuk kemampuan teknik dasar dalam Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2018 di GOR Hevindo, Balikpapan, Sabtu (14/4/2018). (foto istimewa)

Usai di Pekanbaru dan Balikpapan, audisi umum akan bergulir di enam kota lainnya. Keenam kota tersebut adalah Manado, Cirebon, Solo, Purwokerto, Surabaya, dan Kudus.

Para atlet yang lolos dari fase audisi umum di Balikpapan akan melaju ke babak final di GOR Djarum, Jati, Kudus, pada 7-9 September 2018. Di tahap final, mereka akan kembali berkompetisi dengan para atlet dari kota-kota lain sebelum akhirnya diumumkan siapa saja yang resmi diterima menjadi atlet PB Djarum.

Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2018 dapat diikuti atlet putra dan putri berkewarganegaraan Indonesia dengan kategori U11 (berusia 6-10), U13 (untuk peserta dengan umur 11-12 tahun), dan U15 (untuk peserta dengan umur 13-14 tahun).

Audisi akan dilakukan dalam bentuk kompetisi dengan sistem gugur. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman www.pbdjarum.org atau dengan mendaftarkan diri secara langsung sehari sebelum pelaksanaan Audisi Umum di GOR setiap kota audisi. Peserta diwajibkan melakukan daftar ulang satu hari sebelum tahap seleksi (H-1) sesuai kota audisi pilihannya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya