3 Kiper Paling Tangguh di Shopee Liga 1 2019

Kehebatan penjaga gawang banyak berkontribusi terhadap pencapaian sebuah klub di Shopee Liga 1 2019.

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 12 Agu 2019, 13:00 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2019, 13:00 WIB
Kiper Keren di Awal Liga 1 2019
Kiper Keren di Shopee Liga 1 2019 (Bola.com/Dody Iryawan)

Jakarta Kehebatan kiper berkontribusi besar terhadap pencapaian sebuah klub di Shopee Liga 1 2019. Tim yang sulit dibobol karena tangguhnya sang kiper, akan lebih mudah memetik kemenangan.

Persija Jakarta pada Liga 1 musim lalu adalah contoh paling nyata kehebatan penjaga gawang mengantar mereka menuju tangga juara. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu punya dua kiper tangguh dalam diri Andritany Ardhiyasa dan Shahar Ginanjar.

Setelah membawa Persija menjadi kampiun, Andritany bahkan didaulat sebagai kapten Timnas Indonesia.

Namun, penampilan Andritany di Shopee Liga 1 mulai menurun. Begitu pula Shahar. Akibatnya, Persija terpuruk di zona degradasi untuk sementara waktu.

Nama-nama kiper tangguh pada dua musim belakangan adalah Muhammad Ridho Djazulie dan Adhitya Harlan. Keduanya kerap memimpin daftar penyelamatan terbanyak dalam satu musim.

Sayang, sosok Ridho, Harlan, dan Andritany bahkan tak masuk dalam lima besar kiper dengan penyelamatan tertinggi musim ini. Lantas, siapa saja kiper tangguh di Shopee Liga 1 berdasarkan jumlah penyelamatan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Angga Saputro (Tira Persikabo)

Gelandang Persib Bandung, Srdan Lopicic, duel udara dengan kiper TIRA Persikabo, Angga Saputro, pada laga Piala Presiden 2019. (Bola.com/Yoppy Renato)
Gelandang Persib Bandung, Srdan Lopicic, duel udara dengan kiper TIRA Persikabo, Angga Saputro, pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (2/3). (Bola.com/Yoppy Renato)

Angga Saputro adalah kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak keempat di musim ini. Penjaga gawang Tira Persikabo itu mampu mengemas 36 saves dari 11 pertandingan.

Penamlilan heroik Angga membuat Tira Persikabo kini nyaman di puncak klasemen sementara. Tim berjulukan Laskar Pajajaran itu membukukan 29 poin dari 13 pertandingan.


Ega Rizky Pramana (PSS Sleman)

PSS Sleman Vs Arema FC
Kiper PSS Sleman, Ega Rizky (Bola.com/Yoppy Renato)

Dari sembilan pertandingan bersama PSS Sleman, catatan individual Ega Rizky Pramana sungguh memesona. Kiper berusia 26 tahun ini mengoleksi 33 penyelematan.

Jumlah tersebut mengantar Ega Rizki masuk ke dalam lima besar kiper dengan penyelamatan tersering. Berkat penampilan heroiknya, PSS mampu bertengger di peringkat keempat klasemen sementara.


Teja Paku Alam (Semen Padang)

Piala Presiden 2019 : Bhayangkara FC Vs Semen Padang
Kiper Semen Padang, Teja Paku Alam (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lemahnya lini pertahanan Semen Padang mau tak mau membuat Teja Paku Alam jatuh bangun menjaga gawangnya. Kiper berusia 25 tahun ini adalah penjaga gawang dengan total saves terbanyak yang mencapai 45 penyelamatan.

Teja membukukan 45 saves dari 11 pertandingannya di Liga 1 2019. Karena kejeniusan Teja, Semen Padang hanya kebobolan 18 gol dari 11 laga meski berstatus sebagai tim juru kunci.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya