Cegah Covid-19 Mengganas, IBL Tunda Pertandingan 3-5 Februari 2022

IBL menunda sisa pertandingan Seri II Bandung akibat Covid-19 yang menimpa pemain dan wasit.

oleh Thomas diperbarui 21 Feb 2022, 18:03 WIB
Diterbitkan 03 Feb 2022, 08:30 WIB
Foto: Indonesia Patriots Kantongi Kemenangan Perdana usai Menangkan Laga Sengit Kontra Evos Thunder Bogor di IBL 2022
Indonesia Patriots berhasil memetik kemenangan perdana pada laga kedua di Seri 1 IBL 2022 saat menghadapi Evos Thunder yang berlangsung di Hall Basket GBK, Senayan, Jakarta. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta- Semakin banyaknya pemain yang terpapar Covid-19 membuat kompetisi bola basket IBL Tokopedia 2022 memutuskan kembali menunda pertandingan. Tak tanggung-tanggung, IBL langsung menunda seluruh laga Seri II dari 3 hingga 5 Februari 2022.

IBL 2022 sebelumnya sudah menunda beberapa pertandingan sejak dimulainya Seri II di Bandung. Pasalnya mulai ditemukan pemain yang terkena Covid-19.

Awalnya kasus Covid-19 hanya ditemukan di tim Satria Muda Pertamina Jakarta dan Indonesia Patriots. Namun kemudian kasus Covid-19 mulai ditemukan di tim-tim lain.

IBL sudah menunda seluruh laga kemarin. Kini setelah melakukan beberapa pertimbangan, IBL kembali mengumumkan menunda seluruh laga yang berlangsung 3, 4 dan 5 Februari 2022.

Keputusan IBL menunda pertandingan lebih banyak lagi sebagai upaya mitigasi mencegah penyebaran virus Covid-19 semakin parah lagi.

"Kami putuskan untuk tidak mempertandingkan game sebagai upaya menghentikan penyebaran virus Covid-19," kata Junas Miradiarsyah, Direktur Utama IBL.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kondisi

Kasus Covid-19 tak cuma menimpa pemain, wasit yang memimpin IBL 2022 juga banyak yang positif. Total sudah ada enam wasit yang terpapar Covid-19.

"Meskipun terdapat kasus positif, personil yang sehat sejauh ini lebih banyak dan terdapat juga personil yang awalnya positif telah sembuh dengan hasil negatif. Mengingat musim kompetisi masih panjang, sementara ini demi mencegah dan menghentikan penyebaran, sisa pertandingan seri kedua kami istirahatkan," tegas Junas.


Mitigasi

"Langkah mitigasi seperti ini memang harus dilakukan. Kita juga telah melakukan karantina, isolasi dan pengawasan kepada mereka yang memperoleh hasil positif," kata Dr. Panudju dari RS Royal Premier, sebagai tim dokter pendamping penyelenggara.

Selain mitigasi ini, IBL juga membuat rencana untuk memperpanjang seri Bandung untuk kembali melanjutkan sisa pertandingan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya