Qarrar Firhand Ali Rebut Trofi Pole Position dan Podium Pertama di Kejuaraan Gokart Italia

Ini menjadi podium pertama Qarrar Firhand Ali di kejuaraan gokart Italia pada 2022. Dia diyakini bakal lebih baik ke depannya.

oleh Defri Saefullah diperbarui 28 Feb 2022, 20:09 WIB
Diterbitkan 28 Feb 2022, 19:35 WIB
Qarrar Firhand Ali
Qarrar Firhand Ali tampak memimpin paling depan di South Garda Circuit, Italia pada kejuaraan gokart internasional (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Pembalap muda Qarrar Firhand Ali meraih hasil fantastis pertama di Italia. Dia berhasil meraihpole positions dan podium pertama di kejuaraan Gokart Internasional bertajuk 'Rok Winter Trophy 2022' di Sirkuit South Garda Karting, Lonato, Italia, Jumat-Minggu (25-27/2/2022).

Melawan puluhan pegokart andalan dari puluhan negara di Eropa, Amerika, Australia dan Asia, Qarrar tak canggung sama sekali. Jam terbang yang cukup membuat pembalap kelahiran 7 Januari 2011 ini tahu apa yang harus dilakukan.

Qarrar Firhand Ali sudah tampil bagus sejak kualifikasi. Dia berhasil meraih waktu laps tercepat sehingga meraih Pole position.

Di pentas karting Italia, posisi pole position pun menerima trofi khusus dari panitia. "Bikin makin percaya diri," kata Qarrar seperti rilis yang diterima media.

Dan, Qarrar Firhand bermain cemerlang di heat pertama Sabtu, ia finis pertama.Sedangkan pada heat kedua pada Sabtu sore, Qarrar Firhand finis kedua.

Pada Heat ke 3 Minggu pagi, Qarrar Firhand yang juga didukung Telkomsel, Pertamina, Bank BJB dan CRK Motorsport ini bermain cantik dan kembali finis di posisi pertama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sesi Pra Final dan Final

Qarrar Firhand Ali
Qarrar Firhand Ali saat menerima trofi pole positions (istimewa)

 

Qarrar Firhand Ali kembali melanjutkan penampilan gemilang di sesi pre final yang digelar Minggu siang. Dia kembali meraih posisi pertama.

Memasuki final yang berlangsung Minggu sore, Qarrar yang start dari posisi pertama terus memimpin lomba hingga lap 12 atau lap terakhir.

Sejak awal lomba, Qarrar hanya dikuntit dua pegokart asal Jerman, Maximillian Pilch dan pegokart wanita asal Republik Ceko, Martina Rumlenova. Pilch terus menempati posisi kedua dan Rumlenova di tempat ketiga. Keduanya terus menekan Qarrar sejak awal lomba. Tapi, Qarrar terlihat gigih mempertahankan posisinya hingga masuk lap ke-12.

Namun, Qarrar tidak beruntung saat memasuki tikungan kelima di lap terakhir. Dia justru disalip Pilch dan Rumlenova sehingga harus rela finis di posisi ketiga.

 


Waktu Terbaik

 

Meski naik podium ketiga, putra pasangan Firhand Ali dan Aimaa Fatimaa ini tetap bisa bangga. Soalnya, dia mencatatkan waktu lap terbaik di balapan ini dengan 54,941 detik dan mencatat rekor untuk waktu terbaik di event ROK winter 2022 di kelas Mini 54.669 detik.

"Qarrar melakukan peningkatan luar biasa dari waktu ke waktu. Lihat balapannya di babak Final itu benar-benar petarung sejati. Dia memang disalip di lap terakhir oleh dua pembalap, itulah persaingan ketat balapan di Eropa. Saya percaya, Qarrar akan lebih matang lagi ke depannya," tutur manajer Qarrar Firhand, Jimmy Akbar, diamini manajer teknik, Faris Lutfi.

Ini merupakan podium pertama Qarrar Firhand selama mengikuti kejuaraan gokart di Italia pada 2022. Sebelumnya Qarrar berhasil naik podium 1 di Kejuaraan Italian Championship pada 2021. Jadwal berikutnya, Qarrar akan kembali mengikuti balap seri WSK Super Master di sirkuit La Conca, Italia pada 2-6 Maret 2022 mendatang.


Infografis

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya