Bos Suzuki Sebut Livio Suppo Bakal Bawa Pengaruh Positif bagi Timnya di MotoGP 2022

Project Leader Suzuki Shinichi Sahara menilai, manajer tim anyar Livio Suppo bakal membawa skuadnya menjadi makin kuat dan dikenal di MotoGP musim ini.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 19 Mar 2022, 14:30 WIB
Diterbitkan 19 Mar 2022, 14:30 WIB
Alex Rins dan Joan Mir
Alex Rins dan Joan Mir merayakan keberhasilan finis podium pada MotoGP Aragon, Minggu (18/10/2020). (JOSE JORDAN / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Suzuki Ecstar baru-baru ini resmi mendapuk Livio Suppo sebagai manajer tim anyar di MotoGP 2022. Sudah bukan rahasia umum bahwa Project Leader Suzuki Shinichi Sahara sempat mencari manajer yang bisa mendapuk performa timnya di musim 2022.

Adapun posisi tersebut sebelumnya diisi oleh Davide Brivio yang berjaya mengantarkan Suzuki merengkuh gelar juara dunia MotoGP 2020. Pasca kepergian Brivio, Sahara mau tak mau turun tangan menangani Joan Mir dan Alex Rins sebagai manajer.

Namun, pada Rabu (23/2/2022) lalu, Suzuki Ecstar akhirnya mengumumkan pihaknya telah mengangkat Livio Suppo sebagai manajer baru untuk Tim Suzuki dalam MotoGP musim ini.

Suppo bukanlah sosok asing dalam kancah MotoGP. Pria asal Italia tersebut sebelumnya pernah berkiprah bersama Ducati dan Honda Repsol. Sederet pengalaman ini disinyalir menjadi daya tarik utama yang membuat Sahara tergerak mengangkat Suppo untuk menangani timnya.

Dalam sesi jumpa pers di Mandalika, Shinichi Sahara mengaku dirinya telah mengamati Suppo sejak masih menangani Ducati dan Honda. Ia pun yakin kehadiran Livio Suppo di Suzuki dapat membawa dampak positif bagi timnya di kejuaraan MotoGP musim ini.

“Saya sudah tahu soal dirinya sejak lama, ketika (Suppo) masih di Ducati dan Honda. Saya juga tahu bahwa dia adalah sosok yang cedras, cakap, dan memiliki banyak pengalaman,” ujar Shinichi Sahara kepada awak media.

“Saat ini, tim Suzuki dikenal sebagai tim paling familiar di paddock. Setelah kami memiliki Livio, kami bahkan bisa menjadi (tim yang) lebih kuat dan lebih familiar lagi. Saya tidak ragu (akan hal itu),” sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengaruh Livio Suppo

Foto: 6 Pembalap yang bertekad Bangkit di Seri MotoGP 2022 Mandalika Indonesia usai Hasil Buruk di Qatar, Marc Marquez Incar Podium ke-100
Joan Mir. Pembalap Spanyol berusia 24 tahun yang memperkuat tim Suzuki Ecstar ini menempati peringkat ke-3 di MotoGP Musim 2021 lalu. Pada seri pertama MotoGP 2022 di Qatar ia yang start dari posisi ke-8 ini hanya finis di posisi ke-6 akibat kendala cengkeraman ban belakang. (AFP/Karim Jaafar)

Kehadiran Livio Suppo belum menunjukkan pengaruh signifikan bagi tim Suzuki di awal musim ini. Meski demikian, Joan Mir dan Alex Rins berhasil mencatatkan performa yang tak buruk-buruk amat di MotoGP Qatar, setelah finis di posisi enam dan tujuh.

Performa keduanya sedikit melorot ketika melakoni sesi latihan bebas pertama MotoGP Mandalika. Joan Mir hanya mampu mengamankan posisi ke-10, sementara Alex Rins harus puas bertengger di urutan ke-17.

Kedudukan berbalik dalam sesi free practice kedua jelang MotoGP Mandalika 2022. Alex Rins berhasil menempati posisi 10, sementara Joan Mir kembali turun ke posisi 20.

Performa rider Suzuki membaik di FP3, usai keduanya kembali ke sepuluh besar. Adapun Alex Rins diketahui finis di urutan kelima, sementara Joan Mir duduk di posisi sembilan.


Agenda Selanjutnya

FOTO: Pembalap MotoGP Jalani Sesi Latihan Bebas Pertama di Sirkuit Mandalika
Pembalap Suzuki Ecstar asal Spanyol Joan Mir mengendarai sepeda motornya dari garasi saat sesi latihan bebas pertama di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (18/3/2022). (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Joan Mir dan Alex Rins masih harus melakoni sesi latihan bebas terakhir serta babak kualifikasi pertama dan kedua di Sirkuit Mandalika hari ini, sebelum siap berlaga dalam balapan utama yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (20/3/2022).

Berikut jadwal lanjutan para pembalap di MotoGP Mandalika 2022.

Sabtu, 19 Maret 2022

13.25 – 13.55 WIB: Sesi Latihan Bebas IV

14.05 – 14.20 WIB: Kualifikasi I

14.30 – 14.45 WIB: Kualifikasi II

Minggu, 20 Maret 2022

09.40 – 10.00 WIB: Pemanasan

14.00 WIB: Balapan MotoGP


Infografis

MotoGP
Infografis Jadwal MotoGP 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya