Kapolda Kumpulkan Panpel Klub Sepak Bola di Jawa Barat, Ada Apa?

Pasca tragedi Stadion Kanjuruhan, Suntana berharap ke depannya para suporter menghindari fanatisme yang berlebihan.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 10 Okt 2022, 17:13 WIB
Diterbitkan 10 Okt 2022, 17:13 WIB
Kapolda Jabar Pantau Arus Balik Lebaran di Cipali Via Udara, Begini Hasilnya
Kapolda Jawa Barar Irjen Pol Suntana usai meninjau kondisi terkini arus balik lebaran di Tol Cipali. Foto (Istimewa)

Liputan6.com, Bandung - Kepolisian Daerah Jawa Barat mengumpulkan panitia penyelenggara atau panpel klub-klub yang bermarkas di wilayah hukum Polda Jabar. Mereka menggelar kegiatan focus group discussion (FGD) bertajuk Transformasi Persepakbolaan Indonesia di Tengah Dinamika Fanatisme Supporter bertempat di Hotel Grand Pasundan, Kota Bandung, Senin (10/10/2022).

Kapolda Jabar Irjen Suntana mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian sepak bola di Indonesia, khususnya di Jabar.

Melalui pertemuan FGD ini, peserta berupaya menentukan seluruh aspek agar pengelolaan pertandingan sepak bola di Jabar lebih aman, lancar, nyaman, dan bermartabat.

“Perlu keterlibatan semua pihak, baik panpel, PSSI pusat, Bobotoh atau pendukung, dan pihak-pihak yang lain untuk menjamin pertandingan berjalan aman dan nyaman.serta lancar sesuai yang diharapkan,” kata Suntana.

Pasca tragedi Kanjuruhan, Suntana berharap ke depannya para suporter menghindari fanatisme yang berlebihan.

“Jadi, semua suporter darimana pun harus menjunjung jiwa sportivitas dalam setiap pertandingan," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Deklarasi Damai

Piala Presiden 2018: Persib Bandung Vs Sriwijaya FC
Suporter Persib Bandung, Bobotoh, melakukan koreografi saat melawan Sriwijaya FC pada laga Grup A Piala Presiden di Stadion GBLA, Bandung, Selasa (16/1/2018). Persib menang 1-0 atas Sriwijaya FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Suntana juga mengapresiasi adanya deklarasi damai dalam kegiatan FGD tersebut. Selanjutnya Polda Jabar akan membentuk pola pengamanan sepak bola.

“Termasuk kita tadi ada deklarasi, kita akan kirim ke tingkat pusat untuk bisa dijadikan contoh di tempat daerah lain,” ucapnya.

Suntana menuturkan, FGD serupa bisa jadi role mode dalam manajemen sepak bola di Indonesia, pasca tragedi Kanjuruhan.

“Saya berharap demikian. Agar ada pengelolaan vang lebih baik kedepannya dalam setiap pertandingan sepak bola,” cetusnya.


SOP Pengamanan Sepakbola

Foto: Nasib Malang Sepak Bola Indonesia, 127 Orang Kehilangan Nyawa di Stadion Kanjuruhan
Tetapi pihak keamanan melakukan kebijakan yang kontroversial. Mereka justru menggunakan gas air mata untuk membubarkan massa yang terus merengsek ke dalam lapangan. Langkah tersebut justru membuat kondisi di lapangan makin runyam. (AP/Yudha Prabowo)

Saat ini, Polda Jabar tengah menyusun aturan untuk standar operasional (SOP) pengamanan sepak bola. Total ada 106 pasal yang disiapkan agar pertandingan sepakbola lebih terkontrol.

SOP ini akan dibuat berdasarkan FGD yang dihadiri semua pihak. Harapannya aturan tersebut kemudian bisa menjadi landasan mulai dari panpel, kepolisian, sampai masyarakat ketika menyaksikan sebuah laga di Jabar khususnya.

"Itu rambu-rambu yang kita buat berdasarkan kesepakatan semua pihak, agar menjadi acuan bersama, SOP bersama, dalam penyelenggaraan pertandingan di wilayahnya Jawa Barat," kata Suntana.

Infografis 5 Poin Pengganti Sanksi FIFA untuk Indonesia Pasca-Tragedi Kanjuruhan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 5 Poin Pengganti Sanksi FIFA untuk Indonesia Pasca-Tragedi Kanjuruhan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya