Jadwal Piala Dunia 2022 Belgia vs Kanada, Siaran Langsung di SCTV, Moji dan NEX Parabola

Belgia sebagai tim terkuat kedua di peringkat FIFA lebih diunggulkan dari pada Kanada yang debut di Piala Dunia setelah 36 tahun.

oleh Muhammad Rizal diperbarui 23 Nov 2022, 20:30 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2022, 20:30 WIB
PIALA DUNIA 2022 Belgia vs Kanada
PIALA DUNIA 2022 Belgia vs Kanada (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta Belgia akan memulai perjalanan mereka di Piala Dunia 2022 Qatar dengan pertandingan melawan Kanada pada matchday pertama Grup F Piala Dunia di Ahmed bin Ali Stadium, Kamis (24/11/2022) dini hari pukul 02.00 WIB. 

Pertandingan tersebut akan disiarkan langsung SCTV, Moji, dan dapat pula disaksian melalui siaran streaming Vidio serta pada jaringan televisi satelit NEX Parabola.

Di atas kertas, Belgia lebih diunggulkan dari pada Kanada. Sebagai tim terkuat kedua setelah Brasil di peringkat FIFA, mungkin bukan hal sulit bagi Belgia untuk mengatasi Kanada yang akan melakoni debut Piala Dunia setelah 36 tahun.

Tapi, pelatih Timnas Belgia Roberto Martinez enggan menganggap enteng Kanada. Dia memastikan timnya sangat menghormati Kanada, terutama setelah melihat Argentina yang takluk 2-1 dari Arab Saudi kemarin.

"Kami sangat menghormati apa yang telah dicapai Kanada, karena ketika Anda finis di puncak grup (kualifikasi) di depan tim nasional seperti Amerika Serikat dan Meksiko, itu adalah sesuatu yang substansial, itu bukan kebetulan," kata Martinez jelang pertandingan, dikutip dari The Hindu, Rabu (23/11/2022).

Sisi Martinez yang finis ketiga di Piala Dunia 2018 Rusia akan menghadapi proposisi serupa pada 2018 ketika mereka mengalahkan debutan turnamen Panama 3-0 dalam pertandingan pembukaan mereka. Tapi Martinez menegaskan kewaspadaannya kepada Kanada.

"Mereka terlihat seperti sebuah tim, bukan hanya sekelompok pemain yang berkumpul untuk bermain untuk tim nasional. Itu situasi yang sangat berbahaya, ketika Anda bermain melawan tim yang nothing to lose. Kami melihat itu dengan Panama selama 50 menit, dan kami harus mengimbangi antusiasme itu," tegasnya.


Sudah Panaskan Mesin

Foto: Timnas Belgia Dipermalukan Mesir Jelang Tampil di Piala Dunia 2022
Hasil ini jelas menjadi catatan bagi pelatih Belgia Roberto Martinez jelang tampil di Piala Dunia 2022. Belgia tergabung di Grup F bersama Kanada, Maroko, dan Kroasia. (AFP/Yasser Al-Zayyat)

Belgia telah memainkan pertandingan persahabatan pemanasan melawan Mesir pekan lalu di Kuwait, mereka kalah dengan skor 2-1. "Laga persahabatan itu penting bagi kami dan kami menganggap pertandingan itu hampir sebagai sesi latihan yang kompetitif," kata Martinez.

"Saya pikir itu adalah titik awal yang sangat bagus. Ada baiknya kadang-kadang merasa seperti kita belum sampai di sana. Kami harus segera bangkit dan mungkin kekalahan itu akan mempercepat prosesnya," jelasnya.

Bek veteran Jan Vertonghen mengatakan Belgia akan siap, meskipun ini menjadi persiapan yang tidak biasa ketika Piala Dunia dimainkan di pertengahan musim klub Eropa. 

"(Biasanya) Anda dapat menutup musim dengan klub Anda dan kemudian memiliki waktu untuk bekerja dengan tim (nasional) Anda, tim yang tidak terlalu banyak bekerja dengan Anda, dan merasakan turnamen," kata Vertonghen.

"Banyak tim tidak bermain bersama sejak September dan itu tidak bagus. Semuanya benar-benar berbeda, tetapi trofi Piala Dunia tetap sama dan itu yang utama," kata dia.

 


Kanada Siap Berikan Kejutan

Tim Grup F Piala Dunia 2022 Qatar - Timnas Kanada
Ilustrasi Timnas Kanada. (AFP)

Di lain pihak, Kanada juga telah melakoni laga persahabatan melawan Jepang pekqn lalu. Pada pertandingan tersebut, Kanada menang dengan skor 2-1. Hal itu tampaknya menjadi gambaran kekuatan mereka. 

 

Les Rouges yang sempat tertinggal lebih awal, dapat menyamakan kedudukan dengan sundulan Steven Vitoria dari tendangan sudut dan membalikkan keadaan dari penalti yang diekskusi oleh Lucas Cavallini. 

Selain itu, kemenangan mengejutkan Arab Saudi atas Argentina kemarin juga telah memotivasi timnas Kanada bahwa segala sesuatu mungkin terjadi. Pelatih kepala Kanada John Herdman mengatakan timnya juga siap memberikan kejutan.

"Itulah kesempatan yang kita miliki di sini," kata pelatih jelang pertandingan. "Memasuki pertandingan seperti ini, kami tidak memiliki banyak kerugian, hanya peluang nyata untuk membuat sesuatu di putaran final piala dunia kami," ujarnya.

Selain itu, Herdman mendapatkan kabar baik tentang kebugaran Alphonso Davies. Davies telah berlatih penuh dalam dua hari terakhir dan tampaknya semua berjalan dengan baik. Ia dikabarkan telah pulih dari cedera hamstring yang dideritanya bersama Bayern Muenchen. 

"Saya tidak berpikir ada keraguan kami akan memainkannya," kata Herdman tentang produk lokal Vancouver Whitecaps FC. "(Davies) sudah fit sekarang. Dia mencapai sasarannya, dia siap untuk pergi," ujarnya.


Prediksi Susunan Pemain

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Leander Dendoncker; Yannick Carrasco, Axel Witsel, Youri Tielemans, Thomas Meunier; Kevin De Bruyne, Eden Hazard; Michy Batshuayi.

Pelatih: Roberto Martinez (Spanyol).

Info skuad: Romelu Lukaku (cedera).

 

Kanada (3-4-3): Milan Borjan; Kamal Miller, Steven Vitoria, Alistair Johnston; Alphonso Davies, Stephen Eustaquio, Atiba Hutchinson, Richie Laryea; Cyle Larin, Jonathan David, Tajon Buchanan.

Pelatih: John Herdman (Inggris).

 


Head to head

Pertemuan Terakhir

09/06/1989 Kanada 0-2 Belgia (Friendly).

 

5 Pertandingan Terakhir Belgia

12/06/2022 Wales 1-1 Belgia (UNL)

15/06/2022 Polandia 0-1 Belgia (UNL)

23/09/2022 Belgia 2-1 Wales (UNL)

26/09/2022 Belanda 1-0 Belgia (UNL)

18/11/2022 Belgia 1-2 Mesir (Friendly).

 

5 Pertandingan Terakhir Kanada

14/06/2022 Honduras 2-1 Kanada (Concacaf Nations League)

24/09/2022 Qatar 0-2 Kanada (Friendly)

27/09/2022 Kanada 0-2 Uruguay (Friendly)

11/11/2022 Bahrain 2-2 Kanada (Friendly)

17/11/2022 Jepang 1-2 Kanada (Friendly).

 

Dapatkan juga jadwal lengkap Piala Dunia 2022 pada tautan ini.

 

Infografis Grup F Piala Dunia 2022
Infografis Grup F Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya