Masih Geram, Luka Modric Sebut Wasit Argentina vs Kroasia Terburuk di Piala Dunia 2022

Luka Modric kesal karena wasit Italia yang memipin duel semifinal Argentina vs Kroasia bisa dengan mudah berikan penalti di Piala Dunia 2022.

oleh Defri Saefullah diperbarui 15 Des 2022, 13:00 WIB
Diterbitkan 15 Des 2022, 13:00 WIB
Timnas Argentina Vs Timnas Kroasia Semifinal Piala Dunia 2022
Reaksi kecewa pemain Kroasia, Luka Modric setelah timnya kebobolan untuk yang kedua kalinya oleh Argentina saat laga semifinal Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Lusail Stadium, Qatar, Selasa (13/12/2022). (AP Photo/Manu Fernandez)

Liputan6.com, Doha- Luka Modric belum sepenuhnya bisa melupakan kekalahan 0-3 Kroasia dari Argentina pada laga semifinal Piala Dunia 2022 yang berlangsung di stadion Al Bayt, Al Khor, Rabu (14/12/2022). Kroasia terjungkal lebih awal dari yang diprediksi.

Luka Modric masih geram karena kekalahan telak Kroasia dipicu penalti Argentina yang dinilianya salah. Lionel Messi berhasil eksekusi penalti yang diberikan karena Julian Alvarez dinilai sudah dilanggar kiper Kroasia, Dominik Livakovic.

"Saya tak pernah bicara soal wasit (Daniel Orsato), tapi saat ini mustahil tidak bicara. Dia wasit terburuk yang pernah saya tahu," katanya seperti dikutip Marca.

"Tak hanya untuk duel hari ini. Dia sudah banyak menjadi wasit di pertandingan saya dan saya tak pernah punya memori yang bagus dengan dia. Dia bencana," kata Modric, menambahkan.

Dia mengaku tak percaya Daniel Orsato akan memberikan penalti untuk Argentina di semifinal Piala Dunia 2022. Dia menilai itu menjadi momen kunci di pertandingan Argentina vs Kroasia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Adil

Aksi Lionel Messi Antar Argentina ke Final Piala Dunia 2022
Penyerang Argentina, Lionel Messi membawa bola dari kawalan gelandang Kroasia, Luka Modric selama pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Rabu (14/12/2022). Messi sukses menorehkan sederet rekor fantastis di laga kontra Kroasia ini. Dengan sumbangan satu gol ke gawang Kroasia, Messi sah menjadi pemain tersubur sepanjang masa Argentina di putaran final Piala Dunia. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

 

Modric menilai Daniel Orsato tidak adil dengan Kroasia. Soalnya, dia tak memberi tendangan sudut yang harusnya didapatkan Kroasia.

"Itu momen kunci di pertandingan. Dia tak memberi kami tendangan sudut dan memberi Argentina penalti, yang saya pikir itu bukan. Soalnya Julian Alvarez menembak dan bertabrakan dengan kiper kami," kata Modric.

Komentar Modric juga diamini media di Kroasia. Vecernji misalnya menulis,"Timnas Kroasia kalah 0-3 dari Argentina, tapi siapa yang tahu apa yang terjadi kalau Orsatu tak melakukan kesalahan."

 


Pensiun

Raut Kecewa Luka Modric Gagal Bawa Kroasia Juara Piala Dunia 2022
Gelandang Kroasia #10 Luka Modric (Tengah) bereaksi setelah timnya kalah dari Argentina pada babak semifinal Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB. Meskipun tersingkir, Luka Modric dkk. akan menghadapi tim yang kalah dalam duel Prancis Vs Maroko pada perebutan tempat ketiga. (Anne-Christine POUJOULAT / AFP)

 

Luka Modric belum memberi keputusan apakah akan pensiun dari timnas Kroasia atau tidak. Dengan usia 37 tahun, Modric sudah jalani Piala Dunia terakhirnya dengan Kroasia.

"Laga terakhir dengan Kroasia? Saya tak tahu, kita lihat saja. Ini bukan waktu yang tepat untuk bicarakan ini," katanya.

"Lagipula, kami masih mengejar posisi ketiga dan kami harus siap untuk itu."


Dihibur Pemain Argentina

Raut Kecewa Luka Modric Gagal Bawa Kroasia Juara Piala Dunia 2022
Pemain Kroasia Luka Modric, Andrej Kramaric dan Dejan Lovren, bereaksi pada akhir pertandingan babak semifinal Piala Dunia 2022 kontra Argentina di Stadion Lusail, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB. Meskipun tersingkir, Luka Modric dkk. akan menghadapi tim yang kalah dalam duel Prancis Vs Maroko pada perebutan tempat ketiga. (AP Photo/Frank Augstein)

Meski gagal ke final, penampilan Modric tetap mendapat sambutan hangat dari berbagai pihak. Seperti dilansir Sprotbible, tidak hanya para pendukung Kroasia, Modric juga menuai pujian dari suporter lawan. 

Saat meninggalkan lapangan pertandingan, Modric mendapat tepuk tangan meriah dari penonton. Bahkan beberapa pendukung Argentina tampak memberikan standing ovation untuknya. 

Para pemain Argentina juga satu per satu menyalami Modric. Bahkan Angel Di Maria yang jadi penghangat bangku cadangan Argentina dalam laga itu, memeluk hangat Modric. Pemain yang sempat memperkuat Real Madrid itu datang untuk menghibur mantan rekan setimnya itu. 


Hibur Rodrygo

Argentina Lolos ke Final Piala Dunia 2022 Usai Taklukkan Kroasia
Gelandang Kroasia, Luka Modric berebut bola udara dengan penyerang Argentina, Julian Alvarez selama pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Rabu (14/12/2022). Argentina berhasil lolos ke final setelah menang telak atas Kroasia dengan skor 3-0. (AP Photo/Hassan Ammar)

Sikap yang sama sebelumnya ditunjukkan Modric kepada rekan setimnya di Real Madrid, Rodrygo. Dia menunda selebrasinya usai mengalahkan Tim Samba di babak perempat final demi menyemangati pemain berusia 21 tahun itu. Saat itu, Rodrygo memang sangat terpukul karena menjadi salah satu algojo penalti Brasil yang gagal mencetak gol ke gawang Kroasia. 

"Ayolah. Yang kuat. Ok? Semua baik-baik saja. Anda lebih kuat dari kekalahan ini. Semua orang membuat kesalahan. Setiap orang. Ok? Kamu akan kembali lebih kuat. Aku menyayangimu. Aku menyangimu nak. Yang kuat ya," ujar Modric membesarkan hati Rodrygo saat itu. 

Kroasia memang berhasil memupus ambisi Brasil untuk menjuara Piala Dunia 2022. Di babak perempat final, Tim Samba dipulangkan lewat drama adu penalti dengan dengan skor 2-4. 

Sebelumnya, Brasil sempat memimpin lewat gol Neymar Jr di menit ke-105+1. Namun Kroasia yang memiliki mental tangguh berhasil membalasnya melalui Bruno Petkovic menit ke-117.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya