5 Assist Terbaik di Piala Dunia 2022

Pemain yang menciptakan peluang sama pentingnya dengan pencetak gol untuk tim. Berikut 5 assist terbaik di Piala Dunia 2022 seperti dikutip dari Sportskeeda:

oleh Bogi Triyadi diperbarui 19 Des 2022, 13:00 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 13:00 WIB
Timnas Argentina Vs Timnas Kroasia Semifinal Piala Dunia 2022
Pemain Argentina, Julian Alvarez (kanan) melakukan selebrasi bersama Lionel Messi setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Kroasia saat laga semifinal Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Lusail Stadium, Qatar, Selasa (13/12/2022) waktu setempat. (AP Photo/Martin Meissner)

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 bisa dibilang sebagai ajang festival gol. Sebanyak 172 gol tercipta dalam 64 pertandingan pada pesta sepak bola akbar empat tahunan itu.

Itu menjadi jumlah gol terbanyak dalam satu edisi Piala Dunia. Jumlahnya mengalahkan edisi Prancis 1998 dan Brasil 2014 yang mengasilkan 171 gol.

Tidak perlu dikatakan bahwa dalam sepak bola permainan sama pentingnya dengan mencetak gol. Tetapi, para pencetak gol yang sering mendapat pujian.

Padahal, pemain yang menciptakan peluang sama pentingnya untuk tim. Mereka menciptakan atau mengatur peluang agar rekannya mencetak gol.

Kadang-kadang, pemberi bantuan akan melakukan sebagian besar pekerjaan dan yang perlu dilakukan striker hanyalah memasukkan bola ke gawang.

Tanpa basa-basi, berikut 5 assist terbaik di Piala Dunia 2022 seperti dikutip dari Sportskeeda sebelum laga final Argentina melawan Prancis, Minggu, 18 Desember:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


5. Son Heung-min ke Hwang Hee-chan (Korea Selatan vs Portugal)

Son Heung-min - Korea Selatan - Piala Dunia 2022
Pemain Korea Selatan Son Heung-min dikepung bek Portugal pada pertandingan Grup H Piala Dunia di Education City Stadium di Al Rayyan, Qatar, Jumat, 2 Desember 2022. (JUNG Yeon-je / AFP)

Korea Selatan melakukan comeback brilian dalam pertandingan terakhir penyisihan grup H Piala Dunia 2022 melawan Portugal untuk menyegel tempat di babak 16 besar. Dalam laga itu, Portugal unggul terlebih dahulu lewat Ricardo Horta di menit ke-5.

Gol Kim Young-gwon pada menit ke-27 membuat Korea Selatan menyamakan skor 1-1. Tetapi, Negeri Ginseng sangat membutuhkan tiga poin dan kemenangan baru dipastikan di menit ke-91.

Son Heung-min berlari hampir 70 yard sambil menggiring bola. Begitu berada di dekat kotak penalti lawan, ia lalu mengangkat kepalanya dan melihat Hwang Hee-chan berlari.

Son menunggu sepersekian detik untuk mnarik tiga bek Portugal kepadanya. Dia lantas menyodorkan umpan terobosan ke kotak penalti yang dituntaskan Hee-chan dengan tendangan kaki kanan.

Pemain Tottenham Hotspur tersebut menghasilan penyelesaikan yang rapi untuk memenangkan pertandingan bagi Korea Selatan. Pasukan Paulo Bento membuat momen besar di penyisihan grup. Tetapi, tiu semua berkat usaha dan pikiran Son Heung-min.

 


4. Daley Blind ke Denzel Dumfries (Belanda vs Amerika Serikat)

Belanda Melaju ke Perempat Final Piala Dunia 2022 Usai Taklukkan Amerika Serikat
Pemain Belanda Daley Blind mencetak gol melewati pemain Amerika Serikat Sergino Dest (kanan) pada pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, 3 Desember 2022. Belanda melaju ke perempat final Piala Dunia 2022 usai menaklukkan Amerika Serikat dengan skor 3-1. (AP Photo/Luca Bruno)

Belanda mendominasi Amerika Serikat pada pertemuan di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Full-back mereka tampil maksimal dan Denzel Dumfries menjadi bintang pertunjukan dengan dua assist dan satu gol.

Namun, Daley Blind juga melakukannya dengan cukup baik untuk dirinya sendiri, mencetak gol, dan membuat assist yang bagus.

Setelah unggul 2-0, Belanda memberi Amerika Serikat secercah harapan dengan gol Haji Wright di menit ke-76.Tapi, pasukan Louis van Gaal dengan cepat mengatasi kebangkitan Christian Pulisic cs.

Hanya beberapa menit setelah AS mencetak gol, Blind menerima bola di sayap kiri. Saat itu, ada empat pemain AS yang menjaga area penalti.

Blind kemudian melepaskan umpan ke kotak penalti. Dumfries yang tak terkawal para pemain AS menyambut umpan Blind dengan tendangan voli kaki kiri. Gol!

 


3. Lionel Messi ke Nahuel Molina (Argentina vs Belanda)

Foto: Ragam Selebrasi Lionel Messi saat Tendang Belanda dari Piala Dunia 2022, dari Sindir van Gaal hingga Peluk Emiliano Martinez
Pemain Argentina, Nahuel Molina (kiri) merayakan gol pertama timnya yang berasal dari assist Lionel Messi saat perempat final Piala Dunia 2022 melawan Belanda yang berlangsung di Stadion Lusail, Jumat (09/12/2022) waktu setempat. Laga yang awalnya imbang 2-2 hingga extratime 2x15 menit, dimenangkan oleh Argentina pada babak adu penalti dengan skor 4-3. (AP/Ricardo Mazalan)

Argentina diperkirakan mengalami kesulitan untuk mencoba mendobrak pertahanan Belanda yang kukuh pada pertandingan perempat final Piala Dunia 2022. Argentina merasa sulit untuk menemukan terobosan, namun itu sampai Messi memutuskan untuk mengambil tindakan sendiri.

Menerima bola, Messi kemudian memasuki pertahanan Belanda dengan menarik Nathan Ake. Saat dia melesat ke dalam, bek kanan Argentina Nahuel Molina berlari ke tepi kotak penalti Belanda. Bahkan, Messi tidak perlu mengangkat kepalanya untuk melihat rekannya itu.

Dengan acuh tak acuh, Messi melepaskan umpan tanpa melihat melalui kaki Nathan Ake ke jalur Molina. Bek sayap itu tidak membuat kesalahan saat memasukkan bola ke gawang Belanda. Messi mearik enam pemain Belanda dengan satu operan itu.

 


2. Vinicius Junior ke Lucas Paqueta (Brasil vs Korea Selatan)

Timnas Brasil vs Timnas Korea Selatan 16 Besar Piala Dunia 2022
Pemain Brasil, Lucas Paqueta merayakan gol keempat timnya ke gawang Korea Selatan saat laga 16 besar Piala Dunia 2022 yang berlangsung di 974 Stadium, Selasa (06/12/2022). (AP/Manu Fernandez)

Brasil benar-benar menghancurkan Korea Selatan pada paruh pertama di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Selecao memasukkan bola ke gawang Korea sebanyak empat kali dan gol keempat pada menit ke-36 adalah yang paling indah.

Brasil melakukan serangan balik dengan situasi tiga lawan empat saat Neymar memberikan bola ke Vinicius di sayap kiri. Pemain sayap Real Madrid tersebut masuk ke kotak penalti, mengambil setengah putaran, dan memperlambat segalanya.

Saat itu, Richarlison dan Raphinha dijaga pemain Korea, begitu juga Neymar yang berlari ke kotak penalti. Saat itulah, Lucas Paqueta masuk ke kotak penalti.

Paqueta berteriak meminta bola dan Vinicius memberikan umpan lob spektakuler. Paqueta menyambutnya dengan tendangan kaki kanan ke pojok gawang.

 


1. Lionel Messi ke Julian Alvarez (Argentina vs Kroasia)

Argentina Lolos ke Final Piala Dunia 2022 Usai Taklukkan Kroasia
Penyerang Argentina, Julian Alvarez berselebrasi dengan Lionel Messi usai mencetak gol ke gawang Kroasia pada pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Rabu (14/12/2022). Argentina berhasil lolos ke final setelah menang telak atas Kroasia dengan skor 3-0. (AP Photo/Martin Meissner)

Bek Kroasia Josko Gvardiol menjalani Piala Dunia 2022 yang fantastis. Pemain berusia 20 tahun itu secara luas dianggap sebagai salah satu bek terbaik di turnamen edisi kali ini. Bahkan dia tidak bisa lolos tanpa cedera dari pertempuran dengan Messi yang berusia 35 tahun.

Dengan Argentina unggul 2-0, Messi menerima bola di sayap kanan dekat garis tengah. Gvardiol keluar untuk menantangnya, tetapi peraih Ballon d'Or tujuh kali tersebut mengalahkannya dan melaju ke pinggir lapangan. Gvardiol terus mengejarnya dan Messi tidak bisa melepaskan umpan silang.

Tidak masalah. Messi terus memegang bola dan akhirnya mengecoh Gvardiol. Dia berhasil mendapatkan jarak satu yard dari bek tengah muda itu.

Messi kemudian menunjukkan kekuatan yang luar biasa untuk menahannya saat dia melakukan sinroads ke area penalti dan kemudian melepaskan umpan melalui kaki Gvardiol untuk menemukan Julian Alvarez. Yang perlu dilakukan oleh striker muda ini hanyalah menyapu bersih dan dia melakukannya dengan mudah.

Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022
Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya