Prestasi Taekwondo Indonesia Merosot, Peraih Perak Olimpiade 1992 Siap Turun Gunung

Dirc Richard yakin taekwondo Indonesia bisa bangkit dan kembali disegani di dunia seperti ketika merebut perak Olimpiade 1992.

oleh Thomas diperbarui 15 Feb 2023, 13:46 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2023, 18:53 WIB
Atlet taekwondo peraih medali perak Olimpiade 1992 Dirc Richard Talumewo
Atlet taekwondo peraih medali perak Olimpiade 1992 Dirc Richard Talumewo

Liputan6.com, Jakarta- Bermodal pengalaman segudang sebagai pemain maupun pengurus taekwondo, perak medali perak Olimpiade 1992 Dirc Richard Talumewo siap turun gunung membantu mengembalikan kejayaan olahraga yang sudah membesarkan namanya itu.

Dirc Richard bakal maju menjadi calon ketua umum Taekwondo Indonesia (PBTI). Pemilihan ketum baru PBTI sendiri baru berlangsung Mei nanti. Dirk Richard mengaku sudah mendapat dukungan beberapa daerah untuk menjadi caketum.

"Keinginan saya untuk menjadi ketua umum PBTI lebih didasarkan rasa cinta dan panggilan nurani kepada olahraga taekwondo Indonesia. Taekwondo sudah menjadi darah daging saya sejak masih jadi atlet, meskipun tak masuk kepengurusan saat ini, semangat dan kecintaan saya masih di taekwondo," kata Dirc Richard kepada wartawan, Selasa (14/2/2023).

Dirc Richard yakin taekwondo Indonesia bisa bangkit dan kembali disegani di dunia. Dia ingin kesuksesan dirinya meraih medali perak di Barcelona tahun 1992 bisa terulang lagi.

"Pengalaman ketika menjadi atlet dan puncaknya tampil di Olimpiade Barcelona 1992 saya kira menjadi bukti bahwa taekwondo Indonesia bisa menggapai prestasi internasional," ujar Dirc Richard.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jadi Pengurus

Atlet taekwondo peraih medali perak Olimpiade 1992 Dirc Richard Talumewo
Atlet taekwondo peraih medali perak Olimpiade 1992 Dirc Richard Talumewo

Bagi peraih medali perak Olimpiade Barcelona ini, mengelola organisasi bukan hal baru. Ia merupakan orang Indonesia pertama yang menjadi Council Member Asian Taekwondo Union (ATU), sebuah organisasi dunia yang merupakan salah satu dari lima kontinental taekwondo dunia dan badan resmi dari semua kegiatan taekwondo di benua Asia.

Ada 43 negara Asia yang berafiliasi dengan ATU. Dirc Richard bersama 11 orang lainnya yang terpilih dari 43 negara tersebut, dipilih pada saat rapat umum Dewan ATU, yang punya latar belakang dan kredibilitas di dunia taekwondo negaranya masing-masing. "Tugas saya adalah mempromosikan dan mengembangkan taekwondo di benua Asia, khususnya Indonesia." jelasnya.

Dirc Richard juga pernah menjadi sekjen dan binpres PBTI beberapa periode lalu. Bermodal pengalaman tersebut, Dirk Richard siap mengulangi kejayaan taekwondo Indonesia. Dia bertekad akan menggelar lebih banyak turnamen internasional di Indonesia sehingga pamor taekwondo bisa naik lagi dan digemari masyarakat.


Jadi Sejarah Baru

"Saya ingin membawa taekwondo Indonesia disegani di kawasan regional dan internasional. Juara itu tak dilahirkan tapi harus dicetak. Lewat serangkaian program yang nanti disusun tentu prestasi itu bisa didapat."

"Buat apa mengeluarkan uang banyak untuk kirim atlet ke luar negeri. Lebih baik bikin turnamen internasionalnya di Indonesia. Itu juga bisa ditonton masyarakat luas sehingga menaikkan pamor taekwondo," pungkas Dirc Richard.

Jika terpilih memimpin PBTI maka sejarah baru akan tercipta. Selama ini belum pernah ada mantan atlet yang menjadi ketua umum persatuan Taekwondo Indonesia.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya