Profil Uruguay di Piala Dunia U-20 2023: Ada Calon Bintang Real Madrid

Uruguay akan mengandalkan wonderkid Real Madrid di Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Indonesia.

oleh Thomas diperbarui 18 Mar 2023, 18:09 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2023, 18:00 WIB
Skuad Uruguay U-20 salah satu peserta Piala Dunia U-20 2023
Skuad Uruguay U-20 salah satu peserta Piala Dunia U-20 2023 (AFP)

Liputan6.com, Jakarta- Uruguay menjadi salah satu wakil Amerika Selatan di putaran final Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia pada Mei hingga Juni mendatang. Mereka menjadi salah satu kuda hitam yang siap membuat kejutan.

Meski cuma menjadi runner-up di Copa America U-20 2023, Uruguay mampu masuk pot pertama pada undian Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Bali akhir Maret nanti. Mereka punya rekam jejak bagus selama Piala Dunia U-20.

Uruguay pada empat edisi Piala Dunia U-20 terakhir selalu bisa melewati babak grup. Bahkan pada edisi 2013 mereka menjadi runner-up. Pada edisi 2019, Uruguay juga sukses menembus babak 16 besar. Sedangkan di 2017, mereka menjadi semifinalis.

Di zona Amerika Selatan, Uruguay U-20 juga berjaya. Mereka juara di tahun 2017, kemudian menjadi peringkat tiga dan dua pada edisi 2019 dan 2023.

Mayoritas skuad asuhan Marcelo Broli bermain di liga lokal. Hanya dua pemain yang saat ini sudah merantau ke Spanyol yakini penyerang Alvaro Rodriguez di Real Madrid dan pemain bertahan Facundo Gonzalez yang merumput bersama Valencia.

Pada Copa Amerika U-20 2023, Uruguay cuma kalah satu poin dari Brasil di klasemen akhir. Alvaro Gonzalez dan kawan-kawan kalah 0-2 ketika berjumpa Brasil pada laga penentuan.

Penampilan Uruguay selama ajang tersebut sangat ciamik. Tiga pemainnya masuk dalam perburuan top skor yakni Alvaro Rodriguez, Fabricio Diaz dan Luciano Rodríguez. Ketiga pemain ini bakal jadi andalan Uruguay saat bertarung di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alvaro Rodriguez Main di Real Madrid

Bintang Uruguay U-20 Alvaro Rodriguez saat mencetak gol di Real Madrid
Bintang Uruguay U-20 Alvaro Rodriguez saat mencetak gol di Real Madrid (AFP)

Alvaro Rodriguez akan jadi andalan utama Uruguay. Pemuda 18 tahun itu punya catatan ciamik bersama Uruguay U-20. Dia mencetak lima gol dari delapan pertandingan. Kelima golnya dibuat saat turnamen U-20 Amerika Selatan 2023.

Nama Alvaro Rodriguez sudah mulai dikenal para pecinta bola setelah mampu menembus tim utama Real Madrid di usia yang baru 18 tahun. Alvaro debut di La Liga pada 19 Februari 2023.

Alvaro sudah mampu membuat gol bersama tim senior Real Madrid. Gol yang dibuatnya menyelamatkan Los Blancos dari kekalahan saat menghadapi rival sekota Atletico Madrid. Alvaro membuat pertandingan berakhir imbang 1-1.

Agennya Joyce Moreno memberi tahu Cadena SER bahwa masih banyak lagi kejutan yang akan datang dari pemain berusia 18 tahun itu.

“Dia masih memiliki banyak ruang untuk perbaikan, itu yang paling mengejutkan saya ketika saya melihatnya. Pengembangan potensi yang dimilikinya itu penting untuk dikelola dengan baik. Dia berada di klub terbaik dan di tangan terbaik, milik Raul dan Carlo Ancelotti,” katanya.


Skuad Uruguay U-20

Skuad Uruguay U-20

Penjaga Gawang: Facundo Machado, Randall Rodriguez, Jose Arbio

Pemain Bertahan: Sebastian Boselli, Mateo Antoni, Mateo Ponte, Mathias De Ritis, Facundo Gonzalez, Valentin Guathier, Rodrigo Cabrera

Pemain Tengah: Fabrizio Diaz, Rodrigo Chagas, Franco Gonzalez, Damian Garcia, Ignacio Sosa

Pemain Depan: Renzo Sanchez, Alvaro Rodriguez, Juan Cruz de los Santos, Emiliano Rodriguez, Matias Abaldo, Luciano Rodriguez, Nicolas Siri, Anderson Duarte

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya