Usai Timnas Indonesia vs Burundi, Ini Harapan Shin Tae-yong untuk FIFA Matchday Mendatang

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berharap anak-anak asuhnya dapat menghadapi negara-negara peringkat 100 ke atas, agar bisa memperkuat taktik dan organisasi permainan, di FIFA Matchday Juni mendatang.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 29 Mar 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 29 Mar 2023, 12:00 WIB
Foto: Momen Jenaka Shin Tae-yong saat Latihan Timnas Indonesia, Bandingkan Tinggi Badan Riko dan Jeje hingga Bingung Bedakan Duo Sayuri
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berharap Skuad Garuda bisa menghadapi lawan dengan peringkat 100 FIFA atau lebih tinggi saat melakoni FIFA Matchday pada Juni mendatang. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong meletakkan ekspektasi besar untuk FIFA Matchday Timnas Indonesia pada Juni mendatang.

Juru taktik asal Korea Selatan berharap anak-anak asuhnya dapat menghadapi negara-negara peringkat 100 ke atas, agar bisa memperkuat taktik dan organisasi permainan.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia baru saja beres meladeni perlawanan Burundi dalam FIFA Matchday Maret. Skuad racikan Shin Tae-yong melakoni dua laga dengan tim asal Afrika di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Sabtu (25/3/2023) serta Selasa (28/3/2023).

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan meraih hasil dominan dalam pertandingan pertama kontra Burundi. Skuad Garuda unggul 3-1 berkat gol yang dilesakkan oleh Yance Sayuri, Dendy Sulistyawan, dan Rizky Ridho. Sementara itu, satu angka hiburan milik Burundi bersumber dari akis Pacifique Niyongabire.

Sayangnya, Timnas Indonesia gagal mendulang kesuksesan serupa di laga kedua. Pasukan Merah Putih harus puas dengan catatan seri lantaran hanya mampu bermain 2-2 dengan Burundi hingga pengujung duel.

Walau begitu, juru taktik Skuad Garuda tetap mengapresiasi performa anak-anak asuhnya. Shin Tae-yong menilai Jordi Amat bersama kolega punya mentalitas dan semangat pantang menyerah, kendati nampak kelelahan saat melakoni duel.

“Para pemain bekerja keras. Secara keseluruhan, banyak pemain yang berpuasa, jadi terlihat lelah juga,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers selepas laga di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/3/2023).

“Harusnya kita bisa menampilkan (pola) permainan kita lebih banyak, tetapi (nyatanya) belum seperti itu. Namun secara mental kita lebih baik, sampai akhir tidak menyerah. Itu menjadi pujian tersendiri, hari ini (performa timnas) sangat baik,” sambungnya.


Ambisi Shin Tae-yong

Jordi Amat Cetak Gol, Timnas Indonesia Bermain Imbang 2-2 Atas Burundi
Dalam laga kedua FIFA Matchday melawan Burundi pada Selasa (28/3/2023), Indonesia unggul terlebih dahulu lewat gelandang Witan Sulaeman pada menit 61' setelah memanfaatkan umpan cantik Dendy Sulistyawan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Shin Tae-yong pun tak ingin puas hanya sampai meladeni Burundi. Pelatih Timnas Indonesia berambisi menghadapi lawan dengan peringkat lebih tinggi saat FIFA Matchday mendatang.

Hal tersebut dipandang sebagai faktor krusial demi mengembangkan kualitas Skuad Garuda. Menurutnya, berhadapan dengan tim kuat bakal membantu ia dan anak-anak asuhnya memperbaiki taktik serta organisasi.

“Pak Erick (Thohir) sudah bicara ada beberapa tim yang bisa menjadi calon lawan kita. Saya berharap tim lawan mungkin ranking FIFA-nya 100-an, supaya kita bisa memperkuat taktik dan organisasi dulu, setelah itu baru lawan yang lain,” tutur Shin Tae-yong.


Hadapi Palestina

Timnas Indonesia Tekuk Burundi
Pada laga FIFA Matchday melawan Burundi, Pelatih Shin Tae Yong menurunkan dua pilar andalannnya, Elkan Baggot dan Jordi Amat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebagai informasi, PSSI sebelumnya dikabarkan sudah menemukan calon lawan bagi Timnas Indonesia di FIFA Matchday pertengahan tahun ini. Palestina dipastikan bersedia menjajal kekuatan Merah Putih pada 14 Juni 2023 mendatang. 

Negara tersebut pun cukup sesuai dengan kriteria Shin Tae-yong. Berdasarkan informasi di situs resmi FIFA per Rabu (29/3/2023) pagi WIB, Palestina tengah menghuni peringkat 93.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengonfirmasi konfirmasi langsung potensi kedatangan Timnas Palestian di FIFA Matchday selanjutnya. Sosok menjabat sebagai Menteri BUMN itu mengeklaim telah mendapat lampu hijau dari Presiden Federasi Sepak Bola Palestina.

“Mereka juga sudah mengirim surat resmi ke PSSI tentang kesediaan untuk melakukan satu pertandingan laga,” ujar Erick pada pertengahan bulan ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya