Enzo Fernandez Sarankan Chelsea Rekrut Sosok Ini Sebagai Manajer Baru

Chelsea saat ini tengah berburu manajer baru. Pemain mudanya Enzo Fernandez merekomendasikan Marcelo Gallardo sebagai suksesor Graham Potter, yang baru saja dipecat dari kursi kepelatihan Stamford Bridge.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 12 Apr 2023, 11:30 WIB
Diterbitkan 12 Apr 2023, 11:30 WIB
FOTO Enzo Fernandez
Pemain baru Chelse, Enzo Fernandez, menyarankan pihak klub untuk merekrut mantan pelatih River Plate Marcelo Gallardo sebagai manajer permanen baru, menggantikan Graham Potter yang dipecat belum lama ini. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Liputan6.com, Jakarta Chelsea tengah serius berburu sosok pengganti untuk menjadi manajer anyar di Stamford Bridge. Graham Potter yang baru bertugas selama tujuh bulan dipecat The Blues lantaran gagal mencetak hasil memuaskan selama berkarier di London Barat.

Rekrutan muda Chelsea dalam bursa transfer Januari, Enzo Fernandez, merekomendasikan Marcelo Gallardo sebagai suksesor Potter. Pria asal Argentina itu diketahui punya pengalaman melatih klub Uruguay, Nacional, serta tim Argentina River Plate.

The Blues masih punya waktu untuk mempertimbangkan saran sang pemain. Pasalnya, melansir pemberitaan Metro, Chelsea saat ini sudah menunjuk Frank Lampard sebagai manajer interim untuk menukangi Fernandez dan kolega hingga akhir musim.

Terdapat pula sejumlah nama besar yang sempat digadang-gadang masuk dalam radar pantauan Chelsea. Dua di antaranya ialah Julian Nagelsmann dan Luis Enrique yang belum lama ini berpisah dengan Bayern Munchen serta Timnas Spanyol.

Walau demikian, kabar di Argentina menyebut Marcelo Gallardo justru menjadi sosok yang berpotensi mendapatkan pekerjaan di Stamford Bridge. Laporan UOL bahkan mengeklaim juru taktik berusia 47 tahun itu sudah nyaris diangkat oleh The Blues.

Situasi ini tak lain dipengaruhi oleh keberadaan Fernandez. Rekan setim Lionel Messi di Albiceleste itu memainkan peran penting dalam proses pendekatan Gallardo dengan Chelsea.

Fernandez kabarnya telah memberi lampu hijau kepada hierarki klub untuk segera mendaratkan Gallardo di Stamford Bridge.


Punya Sejarah dengan Marcelo Gallardo

Marcelo Gallardo
Para pemain River Plate menyapa pelatih mereka, Marcelo Gallardo dari Argentina, setelah pertandingan terakhirnya sebagai juru taktik River Plate melawan Real Betis di Stadion Malvinas Argentinas, Mendoza, Argentina, pada 13 November 2022. (Andres Larrovere / AFP)

Tak heran jika Fernandez mendukung potensi perekrutan Gallardo di Chelsea. Pesepak bola berusia 22 tahun tersebut memang punya sejarah dengan sang pelatih.

Fernandez memang menandatangani kontrak dengan nilai transfer mencapai 107 juta poundsterling, yang mengantarnya hijrah dari Benfica ke Chelsea. Namun jauh sebelumnya, ia merupakan bagian dari akademi River Plate.

Penggawa Timnas Argentina pernah ditangani oleh Gallardo saat masih berkarier di tanah kelahirannya. Juru taktik kelahiran 1976 bahkan memainkan peran penting dalam perkembangan Fernandez di kancah sepak bola profesional.

Gallardo merupakan sosok yang memberi kesempatan bagi Fernandez untuk debut di tim utama pada 2019 lalu. Alhasil, sang pemain hingga kini memandangnya sebagai sosok ‘ayah’ dan ingin bereuni dengan dia di London Barat.


Gallardo Sedang Menganggur

Marcelo Gallardo
Mantan Pelatih River Plate Marcelo Gallardo memberi isyarat saat berbicara setelah pertandingan terakhirnya sebagai juru taktik River Plate di Stadion Malvinas Argentinas, Mendoza, Argentina, pada 13 November 2022. (Andres Larrovere / AFP)

Adapun Gallardo saat ini tengah menganggur. Pria berusia 47 tahun itu absen menduduki jabatan manajer sejak meninggalkan River Plate pada November lalu.

Kendati demikian, kabar menyebut Gallardo telah memberi tahu staf pelatihnya bahwa ia siap kembali dari istirahatnya pada musim panas ini. Pria berusia 47 tahun itu pun disebut tertarik dengan prospek mengelola tim Liga Inggris.

Dari segi prestasi, track record Gallardo memang cukup menjanjikan. Ia pernah mengantar skuad racikannya memenangkan Copa Libertadores dua kali.

Eks pelatih Nacional pun sudah belajar bahasa Inggris sejak meninggalkan River demi membuka peluang bersaing dengan manajer-manajer sepak bola terbaik dunia.


Bersaing dengan Luis Enrique

Foto Piala Eropa: Spanyol Lolos ke 16 Besar Euro 2020 usai Pesta Gol ke gawang Slovakia
Eks pelatih Spanyol, Luis Enrique tampak puas timnya mampu menutup babak pertama dengan skor 2-0. (Foto: AP/Pool/Jose Manuel Vidal)

Meski disebut sudah sangat dekat dengan jabatan di Chelsea, Marcelo Gallardo nampaknya masih harus menghadapi persaingan dengan Luis Enrique. Eks manajer Barcelona dan Spanyol itu berpotensi menjadi rival berat Gallardo dalam perburuan kursi panas Stamford Bridge.

Laporan beberapa waktu lalu mengeklaim Enrique sudah menggelar pembicaraan tatap muka dengan petinggi Chelsea di London. Hierarki klub konon terkesan dengan visi yang diusung sang pelatih, hingga tertarik menjajaki potensi penandatanganan Enrique di London Barat.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya